Mungkin banyak masyarakat Indonesia yang berminat untuk berkunjung ke salah satu Negara tetangga, Vietnam. Namun beberapa juga belum mengetahui bahwa Vietnam sangat menarik untuk dikunjungi. Ada 3 wilayah Vietnam, yaitu Vietnam Utara, Vietnam Tengah dan Vietnam Selatan. Untuk Vietnam Utara sendiri pusat wisatanya ada di Hanoi, banyak dijumpai wisata sejarah, budaya, serta pusat pemerintahan. Dengan banyaknya destinasi wisata Hanoi yang bisa dieksplor, RedDoorz akan merekomendasikan 7 tempat yang harus kamu datangi. Kira-kira apa saja sih? Yuk simak selengkapnya!

Danau Ho Tay

tempat wisata di hanoi 1
Tempat Wisata di Vietnam : Danau Ho Tay

Hanoi disebut-sebut sebagai Kota Seribu Danau karena memiliki banyak danau yang tersebar dimana-mana. Salah satu yang terbesar dan terluas adalah Danau Ho Tay, luasnya mencapai 400 hektar dan bahkan banyak yang bilang lebih dari itu. Awalnya danau ini tidak bernama, mungkin karena ada banyak danau di Hanoi. Akhirnya pada abad ke 15 barulan diberi nama Hotay. Jika kamu berniat ke sini, danau ini hanya berjarak 300 meter dari Istana kepresidenan Vietnam. Cukup dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kunjungilah saat sunset karena pemandangannya akan sangat cantik.

Hanoi Military Museum

tempat wisata di hanoi 2
Tempat Wisata di Hanoi : Military Museum

Di Hanoi kamu juga perlu mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti Military Museum. Di sini kamu akan disuguhi dengan berbagai macam peralatan dan senjata perang hingga transportasi yang digunakan saat itu. Pesawat tempur dan helicopter perang terpampang rapi di museum ini. Selain itu, banyak juga ditunjukkan foto-foto aksesoris, peta dan benda bersejarah lainnya yang menjadi kenangan masa0masa memperjuana kemerdekaan. Hanoi Military Museum berada di Dien Boen Phu Street, dibangun pada 1805 hingga 1812. Tak hanya wisatawan asing saja yang sering datang, tetapi juga wisatawan lokal karena museum ini menjadi kenangan tersendiri bagi warga Vietnam.

Temple of Literature

tempat wisata di hanoi 3
Tempat Wisata di Hanoi : Temple of Literature

Bangunan ini merupakan sebuah kuil yang biasa disebut sebagai Imperial College. Dulunya, kuil ini digunakan sebagai tempat belajar oleh para putra makjota dan juga tempat ibadah. Kuil ini juga merupakan universitas pertama dan paling tua di Vietnam. Letaknya ada di Jalan Van Mieu Street, kamu bisa berkunjung dari pagi hingga sore hari. Kuil nya sangat unik, karena kamu akan menemukan nunsa karya seni dan sastra yang kental di setiap sudut. Tak janya itu saja, terdapat juga sebuah contoh literature langka dan juga kolam surgawi yang memiliki nilai sejarah.

Danau Hoan Kiem

tempat wisata di hanoi 4
Tempat Wisata Hanoi : Danau Hoan Kiem

Danau ini merupakan tempat yang asik unutk kamu bersantai dan berkeliling menikmati pemandangan danau yang indah. Kamu akan menemui masyarakat Hanoi yang sedang piknik, bersantai, bermain dan bercengkrama dengan keluarga dan sahabat. Hoan Kiem sendiri memiliki arti pedang yang dikembalikan. Konon katanya, ada kura-kura sakti yang menghuni danau tersebut dan memberikan sebuah pedang Thuan Thien kepada kaisar sebagai senjata untuk melawa penjajahan China dan mengusirnya dari Vietnam. Setelah terbebas dari China, kaisar mengembalikan pedang tersebut kepada kura-kura sakni di danau tersebut. Ceritanya memang sangat unik, tentu akan membuat kamu penasaran untuk melihat secara langsung keindahan danau ini ya!

Ho Chi Minh Mausoleum

tempat wisata di hanoi 5
Tempat Wisata Hanoi : Ho Chi Minh Mausoleum

Museum ini dibangun atas dasar penghormatan kepada presiden Ho Chi Minh yang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan Vietnam pada masa-nya. Presiden Ho Chi Minh dikenal dengan sebutan uncle atau paman, disebut demikian karena untuk menjaga suasana yang akrab. Pada masa kepemimpinanya, presiden Ho Chi Minh memang dikenal ramah. Yang paling unik, bahan dari pembangunan gedung ini berasal dari masyarakat Vietnam sebagai penghormatan untuk sang presiden. Jika ingin berkunjung, kamu bisa bisa masuk dengan gratis. Tapi ingat peraturan di sini cukup ketat, seperti kamu harus menggunakan pakaian yang sopan dan tidak boleh sembarang memfoto dan menunjuk jari.

Hanoi’s Old Quarter

tempat wisata di hanoi 6
Tempat Wisata Hanoi : Hanoi’s Old Quarter

Merupakan sebuah jalan dengan 36 ruas jalan yang bisa kamu lewati. Di sini kamu bisa berjalan-jalan memandangi indahnya kota Hanoi sambil berbelanja barang unik atau oleh-oleh khas Vietnam. Yang unik dari tempat ini adalah setiap jalan Hanoi Old Quarter ini diberi nama sesuai dengan nama toko di ujung jalan tersebut. Saking banyaknya ruas jalan, kamu bisa seharian berbelanja. Semakin malam, pemandangan Hanoi’s Old Quarter semakin cantik dengan lampu-lampu yang kerlap kerlip.

Pagoda Tran Quoc

tempat wisata hanoi
Tempat Wisata Hanoi : Pagoda Tran Quonc

Pagoda Tran Quoc (Chua Tran Quoc) merupakan kuil Budha tertua di Hanoi. Pagoda ini terletak di sebuah pulua kecil sebelah selatan Danau Ho Tay. Pertama kalinya dibangun pada masa kekuasaan Kaisar Ly Nam Dee, antara tahun 544 hingga 548. Pada saat itu, pagoda ini bernama Khai Quoc dan masih terletak di tepi Sungai Merah (Red River). Pada tahun 1615, pagoda ini kemudian dipindahkan ke sebuah pulau kecil yang bernama Kim Ngu yang berarti “golden fish”. Dengan daratan utama Hanoi, pulau ini dan Pagoda Tran Quoc dihubungkan oleh sebuah jalan kecil. Selain sebagai tempat ibadah, pagoda ini juga merupakan objek wisata favorit banyak wisatawan.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Hanoi. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorzRedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s