Sulawesi memang memiliki cukup banyak tempat wisata populer dengan pemandangan alam luar biasa. Dari keindahan bawah lautnya seperti Taman Laut Bunaken, hingga perkotaan seperti Makassar bisa kamu temukan. Tapi tahukah kamu selain itu, Sulawesi juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalah  menarik yaitu Tana Toraja. Di sini kamu bisa melihat keunikan hingga kecantikan yang tidak bisa dibandingkan dari objek wisata lainnya di Indonesia. Nah, Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Toraja berikut beberapa rekomendasi dari RedDoorz berkaitan dengan tempat wisata di Toraja.

Museum Ne’Gandeng

Museum-Na'Gandeng
Tempat wisata di Toraja: Museum Na’Gandeng

Untuk kamu yang suka dengan wisata sejarah bisa berkunjung ke Museum Ne’Gandeng. Berlokasi di Desa Palangi, Kecamanatan Sa’dan Balusu, Toraja, museum ini masih dirawat oleh masyarakat setempat di bawah naungan Yayasan Keluarga Besar Ne’Gandeng. Nama Ne’Gandeng sendiri diambil dari nama leluhur di Tana Toraja yang telah wafat pada 3 Agustus 1994. Didirikannya Museum Ne’Gandeng sendiri merupakan upaya untuk mengenang budi luhurnya selama hidup. Seperti dulu ia pernah mengusulkan agar listrik bisa masuk desa dengan biaya hasil jual kerbau. Saat berkunjung ke sini kamu akan melihat pondokan berbentuk rumah adat Toraja. Tempat tersebut memang disediakan untuk para pengunjung yang datang untuk berziarah ke makam Ne’Ganden. Selain itu, ruangan di Museum Ne’Gandeng juga sering digunakan sebagai tempat prosesi pemakaman bagi anggota keluarga.

Pallawa

Tempat-Wisata-di-Toraja
Tempat Wisata di Toraja : Pallawa

Berkunjung ke Tana Toraja kamu juga harus melihat Tongkonan yang merupakan rumah adat tradisional di sana. Tongkongan sendiri memiliki beberapa fungsi, seperti pusat administrator, pusat budaya, pusat pembinaan keluarga, pembinaan peraturan keluarga dan kegotoroyongan serta masih banyak lagi. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat Tongkongan di Toraja adalah Pallawa. Sekarang, tempat ini bahkan menjadi sebuah salah satu tempat paling bersejarah di Toraja. Menariknya, selain melihat keindahan arsitektur Tongkongan di sana, kamu pun bisa melihat pembuatan tenun tradisional lengkap dengan hasil kainnya yang asli. Untuk sampai ke Pallawa kamu bisa menjangkaunya dari Ibu Kota Toraja Utara dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Batutumonga

Tempat-Wisata-di-Toraja
Tempat Wisata di Toraja : Batutumonga

Keindahan Toraja juga bisa kamu eksplor dengan mengunjungi Batutumonga. Kontur kawasan Toraja yang termasuk dataran tinggi bahkan menjadikannya sebagai tempat terindah di kabupaten tersebut. Berkunjung ke sini kamu akan disajikan dengan pemandangan alam selama perjalanan. Ada dua momen terbaik untuk melihat keindahan pemandangan di Batutumonga. Pertama adalah saat sunrise yaitu dimana kamu bisa melihat matahari terbit yang menyinari hijaunya hamparan sawah dan perbukitan di sana. Sedangkan, pada malam hari, kamu bisa melihat keindahan cahaya lampu dari kota Rantepao.

Kete Kesu

Tempat-Wisata-di-Toraja
Tempat Wisata di Toraja : Kete Kusu

Di Toraja, kamu juga harus berkunjung ke salah satu desa adatnya yaitu Kete Kusu. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya. Karena masih berupa desa adat, di Kete Kusu kamu pun bisa melihat rumah-rumah tradisional asli Toraja yaitu Tongkonan. Rumah tersebut masih sangat tradisonal karena dibangun dengan benda-benda seperti sabu hingga bambu untuk mendirikannya. Di bagian depan kamu bisa melihat beberapa tanduk kerbau yang diawetkan dan tertata rapi. Tanduk kerbau tersebut merupakan simbol dari kemakmuran pemilik rumah yang tinggal di sana. Karena kehidupan di tempat tersebut juga masih sangat tradisional kamu pun akan menemukan lumbung-lumbung padi.

Air Terjun Talondo Tallu

Tempat-Wisata-di-Toraja
Tempat Wisata di Toraja : Air Terjun Tolando Tallu

Berlokasi di Dusun Buttu Pali, Lembang Balipe, Kebupaten Tana Toraja, Air terjun Talondo Tallu hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Makale. Keunikan dari Air Terjun Talondo Tallu sendiri terletak dari pancuran air  bercabang tiga yang kemudian mengarah pada satu kolam  yang sangat jernih. Tiga pancuran air tersebut berasal dari dua anak sungai yaitu, Sungai Rabung dan Sungai Pekalian. Di sini wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, mulai dari bersantai di pinggir air terjun hingga berenang di kolamnya.

Wisata Ollon

Tempat-Wisata-di-Toraja
Tempat Wisata di Toraja: Wisata Ollon

Perbukitan yang berundak-undak juga bisa kamu temukan di Toraja yaitu tepatnya wisata Ollon. Tempat wisata di Toraja ini merupakan sebuah lembah hijau dan perbukitan yang berjajar sehingga menjadi sebuah pemandangan yang sangat spektakuler. Lembah hijau ini hanya berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Makale. Keindahan wisata Ollon pun semakin populer setelah banyak wisatawan  yang memposting keindahannya di media sosial. Dengan konturnya yang berliku-liku wisata Ollon memiliki banyak bukit dan padang rumput hijau. Selain itu, di wisata Ollon juga terdapat banyak peternakan kuda. Kuda-kuda tersebut pun dilepas di padang rumput sekitar sana. Di sini belum ada fasilitas modern, bahkan untuk minum dan makan kamu harus membawa perbekalan sendiri dari kota.

Londa

Tempat-Wisata-di-Toraja
Tempat Wisata di Toraja : Lando

Satu lagi yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi di Toraja adalah Londa. Tempat tersebut merupakan sebuah makam yang berada di tebing batu Toraja. Londa sendiri bisa diakses dari Rantepao yang berjarak sekitar 7 kilometer. Di sana kamu akan melihat banyak goa dan lubang dalam tebing yang dipahat untuk tempat peti mati. Peletakan dari peti mati tersebut juga tidak boleh sembarangan, melainkan harus dilakukan berdasarkan aturan adat sesuai dengan garis keturunan mereka.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Toraja yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Toraja? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s