Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang cukup pesat kemajuannya. Dikenal sebagai kota penghasil minyak, biaya hidup di sini sendiri termasuk tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Lebih dari itu, kota ini pun memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik untuk kamu telisik. Berlokasi di kawasan pesisir, berkunjung ke kota minyak ini kamu akan menemukan banyak pantai dan objek wisata alam lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai panduan wisata ke Balikpapan yang bisa kamu coba, yuk simak apa saja!

Tempat Wisata Di Balikpapan

Di Balikpapan kamu bisa menemukan banyak tempat wisata menarik terutaman pantai dan objek wisata alam, Berikut beberapa diantaranya!

Pantai Kemala

Panduan-Wiata-ke-Balikpapan
Panduan Wiata ke Balikpapan : Pantai Kemala

Dari semua pantai yang ada di Balikpapan, Pantai Kemala mungkin memilki fasilitas paling lengkap. Berkunjung ke sini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, seperti pemandangan tepi pantai, tetapi juga berbagai kegiatan air. Di sini kamu bisa menjajal beberapa permainan jet ski yang disewakan seharga Rp 800.000 dan banana boat yang disewakan sekitar Rp 25.000 per orangnya. Biaya masuk ke Pantai Kemala juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 500 per orangnya. Sedangkan, untuk kamu yang membawa kendaraan akan dikenakan tarif sebesar Rp 1.000.

Pantai Manggar

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan: Pantai Manggar

Pantai Manggar juga menjadi tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Balikpapan. Tempat wisata tersebut termasuk salah satu yang unggulan dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Manggar sendiri sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga karena kondisi perairannya yang tidak terlalu dalam jadi aman untuk anak-anak. Meski dangkal, para pengunjung yang datang bisa melakukan banyak kegiatan menarik loh, mulai dari berenang, main jet ski, banana boat, bermain voli pantai hingga perahu ban. Untuk masuk ke sini, kamu hanya akan dipungut biaya masuk sebesar Rp 1.000 per orang untuk biaya retribusi.

Hutan Bakau Margomulyo

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan : Hutan Bakau Margomulyo

Selain pantai, ada objek wisata lainnya yang patut kamu kunjungi yaitu Hutan Bakau Margomulyo. Tempat ini merupakan habitat bagi berbagai macam fauna, mulai dari aneka burung, ikan, kera dan masih banyak lagi yang lainnya. Suasanannya yang tenang juga menjadikan Hutan Bakau Margomulyo tempat yang tepat untuk relaksasi. Untuk menelusuri Hutan Bakau Margomulyo kamu harus melalui sebuah jembatan kayu dengan panjang 800 meter. Selain melalui jembatan kayu, kamu pun bisa melihat pemandangan melalui menara intai yanga ada di tengah hutan.

Pantai Melawai

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan : Pantai Melawai

Kalau kamu ingin berkunjung ke tempat nongkrongnya muda-mudi Balikpapan datanglah ke Pantai Melawai. Saat ke sana kamu akan melihat dua pemandangan sekaligus yakni berupa laut dan sisi lain berupa gedung-gedung perkantoran. Pemandangan yang bisa kamu lihat saat berkunjung ke Pantai Melawai sendiri adalah banyaknya kapal tongkang dan kapal nelayan karena area tersebut merupakan jalur lalu lintas laut di sana. Kamu tidak perlu khawatir karena Pantai Melawai sudah lengkap dengan berbagai macam fasilitas, mulai dari tempat parkir, akomodasi, hingga tempat karoke.

Danau Cermin

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan : Danau Cermin

Selain laut, di Balikpapan juga ada objek wisata alam lainnya yaitu Danau Cermin. Sebelum menjadi seperti sekarang, Danau ini merupakan bekas penggalian tambang yang sudah tidak digunakan lagi. Tak lama setelah tempat penggalian tambang tersebut dibiarkan, berubahlah tempat penambangan tersebut menjadi sebuah danau yang berisi air. Kecantikan dari tempat wisata di Balikpapan tersebut bisa kamu lihat dari kondisi airnya yang sangat jernih. Kamu bisa berkunjung ke Danau Cermin pada sore hari. Pada waktu tersebut kamu bisa melihat pemandangan sunset yang indah lengkap dengan burung-burung yang berdatangan ke area ini.

Pulau Segajah

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan

Bisa dikatakan kalau Pulau Segajah merupakan surga bagi para pecinta olah raga snorkeling dan diving. Hal tersebut karena perairan di Pulau Segajah sangat jernih. Tetapi, perlu tetap diingat kalau di sini juga banyak terdapat bulu babi. Untuk sampai ke Pulau Segajah kamu bisa menjangkaunya dari Bandara Sepinggan untuk melanjutkannya menuju Kota Bontang. Setelah itu, kamu bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Segajah salaam 20 menit saja.

Makananan Khas Balikpapan

Tidak hanya tempat wisatanya saja yang menarik untuk kamu kunjungi. Makanan di Balikpapan juga sangat lezat, berikut beberapa diantaranya!

Roti Mantau

roti-mantau

Sarapan di Balikpapan tidak afdol kalau kamu tidak mencoba roti mantaunya. Bila mungkin roti pada umumnya akan berisi stroberi, cokelat, keju atau pun daging,  mantau merupakan roti kopong. Biasanya warga Balikpapan menyantap  mantau beserta dengan lauk seperti daging saus balado, hingga daging lada hitam. Rasa dari  mantau juga cukup gurih dan renyah diluar krearena dimasak dengan cara digoreng. Kamu bisa membeli mantau hanya dengan Rp 2.000 saja per potong.

Nasi Bakar Seafood

nasi-bakar-seafood

Karena Balikpapan didominasi dengan produksi komoditas budidaya laut jadilah kamu akan sering menemukan seafood. Salah satu kuliner seafood yang harus kamu coba saat ke Balikpapan adalah Nasi Bakar Seafoodnya. Kuliner tesebut terbuat dari nasi yang dicampurkan dengan berbagai macam bahan dan bumbu, seperti udang, ikan hingga kepiting. Diolah dengan cara dibakar membuat nasi tersebut memiliki aroma yang sangat sedap. Kamu juga bisa menjadikan Nasi Bakar Seafood sebagai sajian untuk berbagai acara atau pun untuk dibawa bepergian karena praktis.

Bingka Kentang

bingka-kentang

Selain main course, kamu juga bisa mencicipi kue khas Balikpapan dengan rasa unik yaitu Bingka Kentang. Biasanya, kamu akan sering menemukannya saat bulan puasa tetapi sekarang kue tradisional tersebut bisa kamu temukan di banyak toko oleh-oleh. Ada berbagai macam varian rasa dari Bingka Kentang, seperti rasa original, keju, hingga cokelat. Uniknya, kuliner ini dimasak dengan cara yang masih sangat tradisional yaitu menggunakan arang. Tidak heran mengapa kue tersebut memiliki aroma yang harum.

Bubur Gunting

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan : Bubur Gunting

Makanan tradisonal Balikpapan yang cukup unik untuk kamu coba berikutnya adalah bubur gunting. Kuliner ini terdiri dari beberapa bahan dasar, mulai dari tepung ketan, garam, daun suji hingga kapur sirih. Setelah semua adonan tersebut dicampur jadi satu, kemudian dipotong-potong dengan gunting. Lalu, adonan tersebut pun dicampurkan dengan rebusan gula merah, garam dan santan. Bubur Gunting semakin terasa lezat jika kamu makan dalam keadaan hangat.

Pisang Gapit

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan: Pisang Gapit

Kudapan lain yang bisa kamu cicipi di Balikpapan adalah Pisang Gapit. Makanan tradisional khas Balikpapan ini berbahan dasar pisang gepok yang kemudian dibakar dengan arang hingga setengah matang. Kemudian, pisang itu pun dibuat piiph dengan kayu dan dibakar lagi hingga matang. Rasa dari Pisang Gapit semakin lezat dengan tambahan santan, gula merah dan potongan nangka.

Cara Menuju ke Balikpapan

Pesawat terbang air asia

Ada berbagai macam transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau Balikpapan. Pertama, kamu bisa menggunakan pesawat. Untuk menuju ke sini, kamu bisa mendarat ke Bandara sepinggan Balikpapan terlebih dahulu. Setelahnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan taksi seharga Rp 300.000 atau bus antar kota Rp 50.000 ke Samarinda. Sedangkan, untuk kamu yang ingin ke Balikpapan dengan menggunakan kapal laut, bisa bertepi ke Jalan Yos Sudarso dekat dengan pelabuhan container.

Penginapan di Balikpapan

Panduan-Wisata-ke-Balikpapan
Panduan Wisata ke Balikpapan : RedDoorz Balikpapan

Di Balikpapan sendiri kamu bisa menemukan berbagai macam penginapan, mulai dari penginapan ala backpacker hingga resort. Untuk kamu yang ingin menginap dengan harga yang terjangkau lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung, RedDoorz adalah pilihan yang tepat! Mulai dari harga Rp 99.000 kamu bisa menginap dengan garansi servis, seperti linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, televisi, wifi gratis, air mineral hingga peralatan mandi. Apalagi sekarang RedDoorz sedang mengadakan promo 99 Ribu hingga tanggal 27 September loh. Yuk tunggu apa lagi, menginap di RedDoorz aja!

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Balikpapan yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Balikpapan? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s