Wisata alam Indonesia sangat beraneka ragam dan terbentang dari sabang sampai merauke. Selain gunung dan pantai yang sering menjadi destinasi favorit, ada wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik seperti lembah. Sebagian besar lembah-lembah ini terbentuk secara alami dan telah dikembangkan menjadi sebuah objek wisata di daerah tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai lembah di Indonesia paling Indah yang menarik untuk kamu kunjungi.

Lembah Baliem

Lembah-Di-Indonesia
Lembah Di Indonesia : Lembah Baliem

Di ujung timur Indonesia ada satu lembah alami dengan pemandangan menakjubkan yaitu Lembah Baliem. Berlokasi di pegunungan Jayawijaya, Papua Barat, Lembah Baliem terletak di atas ketinggian 1.600 mdpl. Saat kamu ke sini, pemandangan megah indah terbentang luas lengkap dengan bukit dan sungainya menjadi daya tarik tersendiri. Selain memang memiliki pemandangan spektakuler, lembah yang dikenal juga dengan nama Grand Baliem Valley tersebut merupakan tempat tinggal dari Suku Dani, Suku Yani dan Suku Lani yang merupakan warga asli di sana. Di sini sendiri memiliki panjang 80 kilometer dan lebar hingga 20 kilometer. Menariknya, berkunjung ke tempat wisata tersebut kamu juga bisa melihat acara menarik seperti Festival Lembah Baliem. Acara tersebut merupakan sebuah festival adu kekuatan antar suku yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Lembah Harau

Lembah-di-Indonesia
Lembah di Indonesia : Lembah Harau

Setelah menjelajahi Indonesia bagian timur, kita bergeser ke bagian barat yaitu Lembah Harau yang berada di Sumatera Barat. Keindahan Lembah Harau  memang sudah sangat terkenal kepopulerannya di kalangan wisatawan dalam negeri hingga mancanegara. Saking cantiknya, lembah tersebut bahkan dijuluki sebagai lembah Yosemitenya Indonesia. Di sana kamu akan melihat pemandangan berupa hamparan sawah disertai dengan aliran sungai yang berkelok-kelok. Selain itu, Lembah Harau juga memilki sebuah air terjun dengan ketinggian hingga 100 meter bernama Air Terjun Bunta. Untuk kamu yang suka mendaki ada 200 spot pendakian tersedia. Sekarang, salah satu dari lembah di Indonesia paling indah ini dikelola oleh 3 resort besar di sana

Lembah Anai

Lemba-di-Indonesia
Lembah di Indonesia : Lembah Anai

Di bagian Sumatera Barat lainnya kamu juga bisa melihat keindahan Lembah Anai. Masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Lembah Anai, daya tarik dari tempat ini terletak pada air terjunnya yang memiliki tinggi sekitar 35 meter. Uniknya, air terjun tersebut berada di jalan trans Sumatera yang padat. Ada tiga air terjun yang ada di dalam Lembah Anai. Satu di bagian luar lembah dan dua lainnya berada di dalam hutan. Setiap akhir pekan, para pengunjung yang datang bisa melintasi jembatan sembari melihat keindahan keindahan air terjunya yang deras sepanjang tahun.

Lembah Bada

Lembah-di-Indonesia
Lembah di Indonesia : Lembah Bada

Lembah Bada yang berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah menjadi lembah di Indonesia paling indah berikutnya yang patut untuk kamu kunjungi. Hal yang menarik dan berbeda di sini yaitu karena adanya puluhan patung batu megalitik berusia ribuan tahun atau kurang lebih sudah ada sudah ada sejak abad ke- 14 masehi. Batu-batuan purbakala tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1908. Karena terletak di area yang cenderung datar dan dikelilingi oleh perbukitan, maka awan-awan di sini sering tertahan di puncak bukit dan menjadikannya sebuah pemandangan menarik.

Kondisi tersebut juga membuat adanya perbedaan cuaca di dalam satu area lembah. Di saat-saat tertentu kamu bisa menemukan satu bagian Lembah Bada sedang hujan, sedangkan bagian lainnya diterangi oleh cahaya matahari di balik awan. Cantiknya lagi, di Lembah Bada kamu juga bisa melihat pemandangan berupa Sungai Lariang yang menyatu dengan Sungai Malei. Kondisi tersebut menjadikan aliran di Sungai Lariang sering digunakan sebagai tempat rafting.

Grand Canyon

Lembah-di-Indonesia
Lembah di Indonesia : Grand Canyon

Kawasan Jawa Barat juga memiliki satu lembah cantik yang dikenal dengan nama Grand Canyon. Berada di Desa Kertayasa, Kabupaten Pangandaran, objek wisata tersebut sebenarnya merupakan sebuah aliran sungai. Di sini kamu bisa menelusuri Sungai Sijulang yang menembus gua bawah lembah yang penuh dengan keindahan pesona stalakmit dan stalakmit. Grand Canyon sendiri juga diapit oleh dua bukit penuh dengan bebatuan dan pohon rimbun. Semua keindahan alam tersebut terkumpul menjadi sebuah pemandangan alam yang sangat indah.

Ngarai Sianok

Lembah-di-Indonesia
Lembah di Indonesia : Ngarai Sianok

Area Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah besar yang terbentuk dari patahan dengan kedalaaman 100 meter. Cekungan raksasa ini memiliki panjang sekitar 15 meter dan lebar sekitar 200 meter. Di dalam ngarai kamu bisa melihat banyak sekali sawah dan aliran sungai sianok yeng sangat deras. Pada masa kolonial dulu di ngarai ini para penduduk sering melepas kerbau untuk diangon di sawah sehingga penduduk setempat juga mengenalnya sebagai Ngarai Kerbau. Meski sudah memasuki era modern, keindahan alami dari Ngarai Sianok masih terjaga hingga sekarang.

Itulah beberapa informasi mengenai lembah di Indonesia yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke lembah-lembah tersebut?  Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s