Malang kini telah berkembang menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik dan inovatif. Mulai dari tempat wisata asri bertema alam hingga tempat rekreasi berteknologi tinggi bisa kamu temukan di sini. Udaranya yang cenderung dingin juga menjadikan kota Malang sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan kamu berikutnya. Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke Malang berikut RedDoorz akan memberikan sedikit panduan yang bisa kamu coba, yuk simak apa saja!

Tempat Wisata di Malang

Ada beberapa tempat wisata yang cukup direkomendasikan untuk kamu kunjungi selama di Malang. Berikut beberapa diantaranya:

Museum Angkut

Penduan-Wisata-ke-Malang
Penduan Wisata ke Malang : Museum Angkut

Museum Angkut mungkin menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di Malang. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis mobil yang sering muncul di film-film. Sebut saja beberapa alat transportasi jaman dulu, seperti becak, sepeda ontel, mobil-mobil klasik, hingga kapal-kapal bisa kamu temukan di sini. Museum Angkut sendiri dibagi dalam beberapa zona yang memiliki tema masing-masing, seperti zona edukasi, zona Inggris, zona Italia, zona Prancis, zona Batavia dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk menikmati semua fasilitas dan beberapa wahana di sini kamu bisa membeli tiket masuknya yang dijual dengan harga Rp 100.000. Kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk berkunjung ke sini mulai dari pukul 12.00 hingga 20.00

Jatim Park 1

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Jatim Park 1

Ada satu tempat rekreasi menarik yang wajib untuk kamu kunjungi saat ke Malang yaitu Jatim Park 1. Di sini kamu bisa mencoba banyak sekali wahana permainan dan hiburan menarik. Para pengunjung bisa menjajal kurang lebih sekitar 36 wahana permainan, seperti halnya Pendulum, Air Borne Shot, Sky Winger hingga Volcano Coaster. Tidak hanya wahana permainan saja, di Jatim Park 1 kamu juga bisa menemukan sebuah wahana permainan air seperti waterboom, bioskop 3D hingga galeri nusantara yang mirip dengan taman mini Indonesia indah. Tempat rekreasi ini semakin menyenangkan karena dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas menarik, seperti pasar wisata, pasar buah, pasar sayur, galeri bunga hingga tempat makan dan minum. Jatim Park 1 buka mulai dari pukul 08.30 hingga 16.30. Sedangkan, untuk harga tiket masuknya dibandrol dengan harga Rp 80.000 untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu dan Rp 60.000 untuk hari Senin sampai Kamis.

Jatim Park 2

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Jatim Park 2

Ada Jatim Park 1 ada pula Jatim Park 2 yang masih menjadi satu rangkaian tempat wisata di Malang. Agak berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 lebih mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi dan pengetahuan mengenai satwa. Inilah mengapa di sini kamu akan menemukan sebuah kebun binatang dengan nama Batu Secret Zoo dengan bangunannya yang unik mirip dengan Istana Negara. Di dalamnya kamu bisa melihat 50 macam wahana edukatif dan 21 macam area yang di peruntukan bagi anak-anak. Menariknya lagi, anak-anak yang berkunjung ke sini juga bisa melihat kurang lebih sekitar 5000 jenis serangga dari berbagai negara, lengkap dengan 80 diorama satwa dari berbagai negara.

Pantai Balekambang

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Pantai Balekambang

Keindahan alam berupa pantai juga bisa kamu temukan di Malang dengan berkunjung ke Pantai Balekambang. Banyak yang mengatakan kalau Pantai Balekambang ini memiliki keindahan yang tidak kalah dibandingkan dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Hal yang membuat Pantai Balekambang serupa dengan Pantai Kuta adalah karena adanya pura di tengah laut. Selain itu, para pengunjung juga bisa menjajal permainan flying fox yang terbentang disepanjang garis pantai. Untuk masuk ke Pantai Balekambang kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per-orang.

Pantai Teluk Asmoro

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Pantai Teluk Asmoro

Pantai lainnya yang menarik untuk kamu kunjungi saat ke Malang adalah Pantai Teluk Asmoro. Pantai ini sendiri berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Uniknya, saat dilihat dari atas, Pantai Teluk Asmoro memiliki bentuk menyerupai hati. Kondisi ombak di sini cenderung tenang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin berenang hingga snorkeling. Menariknya, di sini kamu bisa melihat sebuah gua yang bisa kamu jadikan tempat berlindung dari panasnya sengatan matahari. Para pengunjung yang datang juga bisa bersantai menikmati pemandangan dengan duduk-duduk di gazebo yang tersedia di pinggir Pantai Teluk Asmoro.

Mata Air Sumber Sirah

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Sumber Mata Air Sirah

Tidak hanya pantai yang menjadi tempat wisata alam di Malang tetapi juga sumber mata airnya seperti sumber mata air sirah. Tempat wisata alam ini sekarang telah menjadi tempat wisata kekinian yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sumber Mata Air Sirah berbentuk sebuah telaga yang dibatasi dengan beton. Selain itu, di sekeliling telaga kamu juga bisa melihat tanaman hijau berupa ganggang laut yang sering dijadikan tempat berfoto para wisatawan. Dengan kedalaman sekitar 0,8 meter hingga 1,5 meter sumber mata air ini menjadi tempat yang cukup aman untuk berenang atau snorkeling. Di sekitar tempat wisata tersebut kamu juga bisa melihat keindahan berupa sawah hingga perkebunan tebu.

Makanan Khas Malang

Tidak hanya tempat wisatanya saja, berkunjung ke Malang kamu juga harus mencicipi berbagai kuliner khasnya. Berikut beberapa diantaranya:

Cwie Mie Malang

Panduan Wisata ke Malang
Panduan Wisata ke Malang : Cwie Mie Malang

Dari bentuknya, cwie mie Malang memang mirip dengan mie ayam pada umumnya. Hal yang membedakan antara cwie mie dengan mie ayam adalah adanya daging ayam yang disajikan dengan tekstur yang lebih halus mirip dengan abon. Jika mungkin biasanya mie ayam disajikan dengan sawi hijau, cwi mie Malang disajikan dengan pangsit goreng dan selada. Uniknya lagi, cwie mie Malang juga disajikan dengan mangkuk yang terbuat dari pangsit. Kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan hingga gerobak kaki lima yang menjual cwie mie Malang.

Bakso Malang

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Bakso Malang

Kuliner khas Malang satu ini mungkin sudah sangat populer bahkan dikota lain. Di Jakarta kamu bahkan bisa menemukan kedai Bakso Malang dimana-mana. Meski begitu, rasa dari Bakso Malang yang kamu beli di kotanya langsung tentunya akan terasa berbeda dengan bakso Malang yang ada di Jakarta. Berbeda dengan bakso pada umumnya, Bakso Malang sendiri tidak hanya terdiri dari bakso dan mie saja, tetapi siomay, pangsit goreng, bakwan, tahu hingga kikil.

Orem-orem

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : orem-orem

Orem-orem sendiri merupakan sebuah kuliner khas Malang yang berbahan dasar tempe yang disiram dengan kuah santan. Makanan khas Malang ini semakin spesial dengan campuran lain berupa tempe, tauge hingga siraman kuah yang gurih. Jika dibandingkan dengan kuliner tradisional lainnya, orem-orem memiliki cita rasa yang lebih mirip dengan rasa dari opor dan sayur lodeh tetapi dengan rasa yang lebih kental. Biasanya orem-orem disantap dengan gorengan yang terbuat dari tempe yang telah dihaluskan dan kemudian digoreng. Kamu bisa menemukan orem-orem di Malang dengan mudah mulai dari kedai kaki lima hingga restoran.

Bakso Bakar

panduan-wisata-ke-Malang
panduan wisata ke Malang : Bakso Malang

Makanan yang banyak digemari oleh banyak wisatawan berikutnya ada Bakso Bakar. Hal yang membedakan bakso bakar dengan bakso pada umumnya adalah bumbu dan cara masaknya sendiri. Bakso bakar diramu dengan beberapa bumbu seperti saus, kecap dan rempah-rempah lainnya. Setelah dilumuri dengan bumbu tersebut, kemudian bakso yang disiapkan dibakar hingga tingkat kematangan tertentu. Bisanya bakso bakarĀ  disajikan dengan cara ditusuk-tusuk seperti layaknya sate.

Sego Goreng Mawut

NasiGorengMawut-Malang

Kuliner khas Malang yang termasuk unik berikutnya adalah Sego Goreng Mawut. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan kuliner nasi goreng. Sego Goreng Mawut sendiri terdiri dari dua bahan dasar yaitu nasi goreng dan mie goreng sehingga memiliki tekstur tertentu. Biasanya, Sego Goreng Mawut juga disajikan dengan acar dan sayur dibagian atasnya. Menarik dan lezat sekali bukan?

Tempat Menginap di Malang

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : RedDoorz

Ada banyak penginapan di Malang, mulai dari yang ala backpacker hingga penginapan berupa resort. Namun, bila kamu mencari sebuah penginapan yang nyaman dengan harga yang terjangkau, RedDoorz adalah jawabannya! Mulai dari harga Rp 99.000 kamu bisa menikmati tempat beristirahat dengan berbagai garansi servis, seperti linen yang bersih, kamar mandi bersih, air mineral, televisi, wifi gratis hingga peralatan mandi. Jadi, untuk kamu yang ingin berkunjung ke Malang jangan sampai lupa untuk menginap di RedDoorz aja!

Cara Menuju Malang

Panduan-Wisata-ke-Malang
Panduan Wisata ke Malang : Pesawat Terbang

Ada banyak transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju Malang, mulai dari pesawat terbang hingga kereta api. Biasanya, untuk menempuh perjalanan dari Jakarta ke Malang dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Misalnya saja kamu ingin berkunjung ke Malang dengan pesawat, kamu bisa mendarat di Bandara Abbul Rahman Saleh. Banyak maskapai yang sudah membuka penerbangan langsung ke Malang dari Jakarta. Harga tiket yang dibandrol pun beraneka ragam, mulai dari Rp 463.800 hingga Rp 1.640.300 tergantung dari maskapai apa yang kamu gunakan. Kemudian, untuk kamu yang ingin menuju Malang dengan menggunakan kereta api biasanya akan menempuh perjalanan hingga 14 jam. Sedangkan, untuk harga tiket kereta dari Jakarta ke Malang biasanya dibandrol dengan harga Rp 410.000 untukĀ  kelas ekonomi.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Malang yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka ke mana saat ke Malang? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s