Beberapa waktu lalu sebuah mahakarya anak bangsa baru saja rampung diselesaikan di Bali yaitu Patung Garuda Wisnu Kencana. Karya seni tersebut sangat fenomenal karena pembangunannya pun memakan waktu yang tidak sebentar yakni hingga bertahun-tahun lamanya. Dengan ukuran yang tidak biasa, patung GWK pun menjadi sebuah lanskap ikonik di Bali. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Garuda Wisnu Kencana.

Tentang Garuda Wisnu Kencana

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Patung GWK yang telah rampung

Garuda Wisnu Kencana baru saja selesai pada bulan September lalu. Dirancang oleh seorang seniman Nyoman Nuarta, pembangunan patung GWK sendiri telah memakan waktu hingga 28 tahun lamanya sejak awal pencetusan. Tidak heran mengapa selesainya pembangunan tempat ikonik tersebut menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Patung GWK juga memiliki ukuran yang sangat spektakuler yaitu mencapai 121 meter dan lebar 64 meter. Dengan ukuran tersebut, Garuda Wisnu Kencana pun didaulat sebagai patung tertinggi ketiga di dunia. Patung ikonik GWK dibangun dari beberapa bahan seperti campuran tembaga dan kuningan. Secara keseluruhan patung ini memiliki berat sekitar 900 ton yang terdiri dari berat baja 2.000 ton dan menggunakan sebanyak 21.000 batang baja.

Arti dari Garuda Wisnu Kencana

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Patung kepala Garuda

Bentuk dari patung Garuda Wisnu Kencana memang sangat unik yaitu berupa Dewa Wisnu yang menunggangi seekor burung Garuda. Dalam ajaran Hindu sendiri Wisnu merupakan lambang dari kekuatan yang menjadi pemelihara alam semesta. Kemudian burung Garuda sendiri merupakan lambang dari kebebasan dan pengabdian. Inilah mengapa Garuda Wisnu Kencana merupakan perwujudan dari simbol penyelamatan lingkungan dan dunia. Dengan ukuran yang luar biasa tersebut, patung GWK memiliki tujuan untuk melingkupi tata ruang dan jarak pandang hingga 29 km. Kamu bahkan bisa melihat patung GWK dari berbagai kawasan mulai dari Sanur, Nusa Dua, Tanah Lot hingga Kuta.

Wisnu Plaza

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Patung Wisnu

Bisa dibilang Wisnu Plaza merupakan bagian paling penting di Garuda Wisnu Kencana. Karena lokasinya yang cukup tinggi, dari sini kamu bisa melihat panorama sekitar dari atas. Posisi patung Wisnu sendiri yang menjadi pusat dari Wisnu Plaza pun dikelilingi oleh air mancur dan air sumur yang tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau. Tempat tersebut pun sekarang dipercaya sebagai tempat sakral oleh masyarakat di daerah sana. Masyarakat percaya kalau air di sana memiliki kekuatan untuk menyembuhakn berbagai macam penyakit karena airnya berasal dari air hujan yang turun dari langit.

Acara di Garuda Wisnu Kencana

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Pertunjukan

Patung Garuda Wisnu Kencana dibangun tidak hanya sebagai tujuan simbolis saja. Tetapi, di dalam area tersebut terdapat berbagai macam fasilitas seperti halnya aula untuk pertunjukan yang biasa diselenggarakan setiap minggu. Mulai dari pertunjukan seperti teater hingga tarian kecak bisa kamu saksikan di sini. Untuk mengetahui jadwal yang tepat untuk setiap acara, para pengunjung bisa mengeceknya langsung di website Garuda Wisnu Kencana yang resmi. Selain di area amphitheater, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana juga memiliki area outdoor bernama Lotus Pond. Tempat tersebut biasanya sering digunakan untuk penyelenggara berbagai event besar mulai dari skala nasional hingga internasional.

Tempat Belanja di Garuda Wisnu Kencana

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Toko Sovenir

Berkeliling ke area Garuda Wisnu Kencana kamu bisa membawa pulang oleh-oleh di pusat perbelanjaan souvenir yang tersedia di sini. Area Garuda Wisnu Kencana sendiri memiliki luas area sekitar 700 meter persegi yang terletak di dalam kawasan GWK. Di toko souvenir tersebut kamu bisa menemukan hingga 5000 macam kerajinan mulai dari patung, perlengkapan pantai, hingga perhiasan yang terbuat dari silver. Kamu yang ingin berbelanja di sini bisa berkunjung mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00.

Kuliner di Garuda Wisnu Kencana

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Jendela Resto

Setelah melihat berbagai keindahan arsitektur dan pemandangan di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, kamu bisa menikmati kelezatan kuliner khas Bali di Jendela Bali Panoramic Resto. Restoran tersebut dibangun dengan konsep café lengkap dengan pemandangan Bali. Jendela Bali Panoramic Resto juga menjadi lokasi yang sangat tepat untuk menikmati matahari terbenam. Menyenangkan sekali bukan? kamu bisa menikmati makanan lezat sambil melihat pemandangan cantik di sekitar resto. Untuk kamu yang kebetulan ingin membuat acara, Jendela Bali Panoramic Resto juga menyediakan fasilitas bagi corporate gathering, hingga private event. Kamu bisa mencicipi kelezatan menu-menu di sini mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WITA.

Fasilitas di Garuda Wisnu Kencana

Garuda-Wisnu-Kencana
Garuda Wisnu Kencana : Segway di GWK

Tidak hanya itu, Garuda Wisnu Kencana juga memilki berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan untuk para pengunjung yang datang ke sini seperti Segway Fun Ride dan GWK Photo Studio. Di area terbuka Taman Budaya GWK kamu bisa seru-seruan dengan menaiki Segway Fun Ride bersama dengan teman atau pun keluarga. Para pengunjung yang datang pun bisa menjajal fasilitas Segway Fun Ride dari pukul 10.00 hingga 22.00 WITA. Kemudian untuk kamu yang ke sini bersama dengan keluarga bisa mencoba foto studio dengan menggunakan pakaian adat Bali. Untuk faslitas foto studio, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 per orang, Rp 300.000 untuk dua orang dan Rp 600.000 untuk 5 orang dalam satu frame. Foto studio tersebut dari pukul 10.00  hingga 19.00 WITA.

Itulah beberapa informasi mengenai Garuda Wisnu Kencana yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa sudah berkunjung ke GWK yang baru rampung pembangunannya ini? yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s