Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Bogor, mulai dari tempat rekreasi hingga wisata alamnya. Selain itu, kamu bahkan juga bisa menemukan banyak sekali makanan khas Bogor yang lezat dari kaki lima hingga restoran. Jadi, untuk kamu yang ingin liburan, tetapi tidak begitu jauh dari Jakarta, berikut panduan wisata ke Bogor dari RedDoorz yang bisa kamu coba.

Tempat Wisata di Bogor

Bogor memiliki banyak tempat wisata menarik mulai dari tempat rekreasi hingga wisata alam yang memanjakan mata. Berikut, beberapa diantaranya:

Kebun Raya Bogor

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor: Kebun Raya Bogor

Kalau berkunjung ke Bogor, Kebun Raya adalah salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi. Dibangun sejak tahun 1817, Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani terbesar di Indonesia yang memiliki beraneka ragam flora dan fauna. Untuk masuk, kamu akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 14.000 saja. Dengan harga tersebut, kamu bisa berkeliling ke seluruh area dan semua fasilitas yang ada seperti Museum Zoologi, Laboratorium Botani, Perpustakaan Fotografi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Taman Safari Indonesia

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Taman Safari Indonesia

Bogor juga memiliki tempat wisata yang sangat populer untuk dikunjungi saat akhir pekan bersama keluarga yaitu Taman Safari Indonesia. Berlokasi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tempat rekreasi tersebut berfungsi sebagai penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Di sini kamu bisa melihat beraneka ragam satwa dari dekat. Semua satwa tersebut tidak dirawat dalam kandang melainkan para pengunjunglah yang nantinya akan berkeliling memasuki “tempat tinggal” mereka. Para pengunjung bahkan bisa datang ke sini tidak hanya pada siang hari tetapi juga malam hari.

Gunung Pancar

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor: Gunung Pancar

Tidak hanya tempat rekreasi dan kebun raya saja, saat liburan ke Bogor berkunjunglah juga ke Gunung Pancar. Tempat ini dikenal sebagai salah satu lokasi yang sering digunakan untuk camping, hiking, jogging hingga berkuda. Selama di sana, kamu bisa menikmati pemandangan alam berupa deretan hutan pinus lengkap dengan satwa-satwa yang dibiarkan hidup bebas di kawasan tersebut. Setelah camping, kamu pun bisa berkunjung ke Pemandian Air Panas Gunung Pancarnya yang berasal dari mata air alami.

The Jungle Water Adventure

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : The Jungle Land Waterpark

Liburan bersama dengan keluarga semakin menyenangkan dengan mengunjungi The Jungle Water Adventure. Dengan konsep tempat wisata air yang terbuka kamu bisa berenang sambil melihat pemandangan alam berupa Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Ada berbagai macam wahana air yang bisa kamu coba di sini, seperti slide pool, racer slide, kiddie pool, spiral slide hingga tibe slide. Tidak hanya wahana air yang menantang adrenalin saja, di sini kamu juga bisa mencoba leisure pool dimana para pengunjung bisa bersantai di kolam renang sambil makan dan minum. Harga tiket The Jungle Water Adventure dibandrol dengan harga Rp 80.000 untuk weekdays dan Rp 95.000 saat weekend.

Taman Wisata Mekarsari

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Taman Buah Mekarsari

Jika mungkin kebun raya menyajikan pemandangan alam, di Taman Wisata Mekarsari kamu bisa melihat banyak tanaman buah! Didaulat sebagai taman buah terbesar di Indonesia, Taman Wisata Mekarsari memiliki sekitar 1470 tanaman buah dan 100.000 pohon yang dibangun di atas lahan seluas 264 hektar. Tidak hanya untuk dilihat saja, kamu bahkan diperbolehkan untuk memetik dan mencicipi buah langsung dari pohonnya. Menariknya lagi, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti wahana outbound, family camp dan masih banyak lagi.

Makanan Khas Bogor

Selain jalan-jalan, kamu juga harus mencicipi berbagai makanan tradisionalnya saat ke Bogor. Ini dia beberapa diantaranya:

Toge Goreng

13-toge-goreng-bogor

Meski nama kuliner yang satu ini toge goreng, cara memasaknya tidaklah digoreng tetapi direbus. Untuk mencoba toge goreng yang enak kamu harus berkunjung ke Bogor langsung karena makanan ini agak sulit untuk ditemukan di kota lain. Tidak hanya toge saja yang menjadi bahan dasar tetapi juga beberapa campuran lain, seperti mie kuning, irisan tahu goreng hingga bumbunya yang terbuat dari campuran oncom dan tauco.

Laksa Bogor

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Laksa Bogor

Selain Jakarta dan Singapura, Bogor juga memiliki laksanya sendiri. Hal yang membedakan laksa Bogor dengan laksa lainnya  adalah campurannya yang tidak menggunakan oncom dan mie. Selain itu, campuran berupa parutan kelapa juga membuat laksa Bogor menjadi terasa gurih. Kuliner khas Bogor ini pun semakin terasa mengenyangkan dengan tahu kuning, taburan serundeng dan telur rebus.

Bapatong

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Bapatong

Nama Bapatong merupakan kepanjangan dari bakso ketupat gentong. Menyantap bapatong pasti sangat mengeyangkan, karena di dalam sajian baksonya kamu akan menemukan campuran ketupat, iga sapi plus bakso. Kamu bisa menemukan beberapa kedai yang menjual bapatong di Bogor, seperti di Jalan Pangrango nomor 1, Bogor. Rasa dari bapatong juga semakin menggiurkan dengan tambahan potongan cabe rawit untuk kamu para pecinta kuliner pedas.

Asinan Bogor

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Asinan Bogor

Setelah kenyang dengan berbagai main course, mencicipi Asinan Bogor  juga akan menjadi pencuci mulut yang lezat. Rasa kuahnya yang asam manis menjadikan asinan bogor kudapan yang cocok untuk kamu coba saat sore atau siang hari. Asinan Bogor semakin terasa sedap dengan berbagai macam campurannya seperti kerupuk kuning dan kacang tanah. Beberapa asinan Bogor yang cukup populer diantaranya, seperti asinan Ny Yenny dan Asinan Gedung Dalam.

Lumpia Basah

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Lumpia Basah

Jika biasanya lumpia digoreng kering atau berisi rebung, lain halnya dengan lumpia basah khas Bogor. Hal yang membedakan antara lumpia kering khas Semarang dengan lumpia basah khas Bogor adalah isiannya yang terdiri dari cacahan bengkuang, tahu, tauge, ebi giling dan telur. Kemudian penyajiannya pun berbeda yakni tidak digoreng tetapi dibalut oleh adonan kulit yang masih basah.

Tempat Menginap di Bogor

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : RedDoorz

Ada banyak pilihan penginapan di Bogor mulai dari yang ala backpaker hingga resort. Tetapi, untuk kamu yang ingin mendapatkan tempat menginap yang nyaman dengan harga terjangkau, RedDoorz adalah solusinya! Mulai dari harga Rp 99.000 kamu bisa menikmati sebuah penginapan dengan garansi servis seperti linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, air mineral, televisi, wifi gratis hingga peralatan mandi. Jadi, kalau berkunjung ke Bogor, jangan lupa untuk menginap di RedDoorz!

Cara Menuju ke Bogor

Panduan-Wisata-ke-Bogor
Panduan Wisata ke Bogor : Kerete ke Bogor

Ada berbagai macam cara yang bisa kamu tempuh untuk menuju kota hujan Bogor, seperti naik kereta atau bus antar kota Transjakarta. Beberapa perjalanan kereta api dari Jakarta dengan tujuan Bogor diantaranya, seperti Jatinegara, Angke hingga Jakarta Kota. Untuk jadwal keberangkatannya sendiri juga cukup banyak mulai dari pukul 06.00 hingga 23.00. Sedangkan, untuk kamu yang menggunakan feeder Transjakarta akan tiba  di Terminal Baranang Siang dengan melalui tol Jagorawi, Tol lingkar luar Bogora dan Tol Sentul Selatan.

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Bogor yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana saat ke Bogor? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s