Asia Tenggara memang kayak akan tempat wisata, mulai dari pantai-pantai yang indah menakjubkan sampai gunung-gunung tinggi menjulang yang seakan menjadi latar belakang setiap pemandangan kemanapun kita berada. Dengan banyaknya tempat yang bisa jelajahi tentu kamu akan bingung memilih harus mulai darimana. Cobalah untuk memulai sesuatu yang berbeda dengan mengunjungi 7 gunung paling indah di Asia Tenggara. Kira-kira apa saja rekomendasi RedDoorz ? yuk simak selengkapnya!

Gunung Fansipan, Vietnam

gunung di Asia Tenggara 1
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Fansipan

Memiliki ketinggian sekitar 3.243 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung dengan trek yang sangat curam ini adalah puncak tertinggi dari negara Vietnam dan dijuluki sebagai “Atapnya Indocina”. Dengan treknya yang sangat sulit, kamu hanya diperbolehkan untuk mendakinya apabila kamu dalam kondisi yang sangat prima. Umumnya, pendaki membutuhkan waktu 3 hari untuk sampai ke puncaknya dan kembali lagi ke bawah.

Gunung Kinabalu, Malaysia

gunung di Asia Tenggara 2
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Kinabalu

Gunung yang juga merupakan sebuah taman nasional dan menjadi salah satu UNESCO World Heritage Site ini memiliki ketinggian sekitar 4.095 mdpl. Setiap tahunnya, tidak kurang dari 40.000 orang dari berbagai belahan dunia mengunjungi salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara ini. Siapkan waktu setidaknya 2 hari jika kamu ingin mencapai puncaknya.

Gunung Rinjani, Indonesia

gunung di Asia Tenggara 3
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Rinjani

Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 3.727 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pada ketinggian sekitar 2.000 m, terdapat kaldera yang berbentuk danau Segara Anak di mana di tengah-tengahnya kamu akan bisa melihat Gunung Barujari yang masih aktif. Jika kamu mendaki Gunung Rinjani via jalur Torean, kamu dapat menjumpai Air Terjun Kokok Putih yang sangat indah.

Doi Chiang Dao, Thailand

gunung di Asia Tenggara 4
Gunung di Asia Tenggara : Doi Chiang Dao

Dikenal juga dengan Doi Luang Chiang Dao, gunung batu kapur ini adalah puncak tertinggi ketiga di Thailand. Terletak di provinsi Chiang Mai, gunung setinggi 2.175 meter ini adalah salah satu tempat untuk birdwatching di Thailand karena memiliki lebih dari 300 spesies burung, termasuk spesies langka seperti burung nuthatch raksasa.

Gunung Apo, Filipina

gunung di Asia Tenggara 5
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Apo

Berada tak jauh dari Davao City, gunung setinggi 2.954 meter ini adalah gunung tertinggi di Filipina dan dianggap sebagai kakek buyut dari semua gunung yang ada di negara ini. Trek gunung ini sangat beragam, mulai dari bebatuan tajam, rawa berlumut dengan struktur vulkanik, hingga hutan lebat yang masih sangat alami. Di area ini juga suku adat Filipina tinggal sehari-hari.

Gunung Popa, Myanmar

gunung di Asia Tenggara 6
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Popa

Gunung berapi ini memiliki tinggi sekitar 1.518 mdpl dan terletak di daerah Bagan, Myanmar. Daerah Bagan merupakan sebuah daerah wisata yang terkenal sebagai daerah 1.000 candi dan oleh atraksi balon udaranya. Lokasi puncak gunung ini sangat tepat bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan indah khas Bagan tanpa harus membayar mahal untuk naik balon udara.

Gunung Doi Inthanon, Thailand

gunung di Asia Tenggara 7
Gunung di Asia Tenggara : Doi Inthanon

Doi Inthanon adalah puncak tertinggi dataran Thailand dengan ketinggian 2.576 mdpl yang membentang ke selatan mulai dari Daen Lao Range. Jika kamu ingin melihat pemandangan indah alami maka jangan lewatkan kesempatan melihat suasana hutan ditemani air terjun segar saat berkunjung ke Thailand.

Gunung Phou Bia, Laos

gunung di Asia Tenggara 8
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Phou Bia

Gunung yang berada di Provinsi Xiangkhouang ini memiliki ketinggian 2.817 mdpl dan hampir seluruh puncaknya selalu tertutupi kabut karena cuaca yang dingin. Gunung ini merupakan dataran tertinggi di Laos dan menjadi salah satu kebanggaan masyarakat. Meski tak pernah bersaljunamun menurut sejarak, puncak Gunung Phou Bia ini sempat terjadi hujan salju.

Gunung Ramelau, Timor Leste

gunung di Asia Tenggara 9
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Ramelau

Gunung yang disebut tertinggi di Timor Leste ini memiliki ketinggian 2.986 meter diatas permukaan laut (mdpl). Terletak di selatan ibukota Dili, Gunung Ramelau ini merupakan situs budaya dan sejarah yang sangat berarti bagi masyarakat Timor. Tak jarang kamu akan menyaksikan beragam ritual agama dan budaya yang berkaitan dengan gunung ini. Gunung Ramelau ini juga sering disebut Tatamailau oleh penduduk setempat.

Gunung Bromo, Indonesia

gunung di Asia Tenggara 10
Gunung di Asia Tenggara : Gunung Bromo

Gunung Bromo dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Tentu saja hal ini sangat beralasan mengingat Gunung Bromo memiliki pemandangan yang sangat memukau. Berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini adalah tempat melihat sunrise cantik karena dihias dengan awan dan gunung-gunung di sekitarnya. Selain itu, kawasan di sekelilingnya juga terkenal karena gumul yang pasirnya luas. Jangan lupa untuk mengunjungi kawah yang berada di puncak 2.329 mdpl ini.

Itulah tadi informasi singkat mengenai wisata gunung di Asia Tenggara Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s