Berkunjung ke Jakarta tidak hanya banyak mall dan tempat wisata saja yang bisa kamu kunjungi tetapi juga makanannya. Di Jakarta kamu bisa mencoba berbagai macam makanan tradisional khas Betawi, mulai dari makanan utama hingga kudapan. Mayoritas makanan ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai penjuru kota dengan harga yang terjangkau. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas Betawi yang menarik untuk kamu coba.

Nasi Uduk

Makanan-Khas-Betawi
Makanan Khas Betawi : Nasi Uduk

Kuliner yang satu ini mungkin menjadi makanan yang akan paling banyak kamu temukan saat ke Jakarta. Berbeda dengan nasi yang lainnya, nasi uduk sendiri dimasak dengan menggunakan santan. Selain santan, nasi uduk semakin terasa sedap dengan tambahan bumbu lainnya, seperti daun jeruk, serai, salam dan laos. Biasanya nasi uduk sering disantap untuk dijadikan sarapan pagi dengan campuran beberapa lauk lainnya seperti telur, bihun hingga orek tempe.

Gado-Gado

Makanan-Khas-Betawi

Selajutnya, ada gado-gado yang bisa dibilang sebagai saladnya orang Jakarta. Hal tersebut karena gado-gado sendiri terdiri dari berbagai macam sayuran, seperti kentang, kangkung, kol, pare dan tambahan bahan, seperti tempe, tahu hingga telur. Gado-gado Betawi semakin terasa lezat dengan siraman bumbu kacang dan taburan kerupuknya. Biasanya kuliner ini biasa disantap bersama denga lontong atau nasi.

Asinan Betawi

Makanan-khas-Betawi
Makanan khas Betawi : Asinan Betawi

Jika sebelumnya kamu mencoba makanan berat, Betawi juga memiliki makanan ringan yang sangat menyehatkan bernama asinan. Makanan khas Betawi sendiri terdiri dari berbagai sayuran, mulai dari toge, ketimun, pare dan selada. Semua sayuran tersebut diolah dengan bumbu, seperti cabai dan cuka. Inilah mengapa asinan Betawi terasa sangat menyegarkan. Tidak jarang asinan Betawi juga ditambahkan dengan bahan lainnya, seperti kacang goreng hingga kerupuk.

Soto Betawi

Makanan-Khas-Betawi
Makanan Khas Betawi : Soto Betawi

Soto mungkin menjadi makanan tradisional yang ada di hampir setiap wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Jakarta. Jika mungkin soto di daerah lainnya disajikan dengan kuah bening, soto Betawi disajikan dengan kuah santan. Selain itu, isian dari soto daging juga terasa sedap dengan berbagai macam isian, seperti daging sapi, kentang hingga tomat. Agar semakin kenyang, biasanya soto daging disantap dengan menggunakan nasi putih. Hingga sekarang, kamu bisa menemukan dengan mudah kedai soto Betawi di banyak tempat di Jakarta.

Semur Jengkol

Makanan-Khas-Betawi
Makanan Khas Betawi : Semur Jengkol

Semur jengkol bisa dikatakan sebagai makanan yang banyak dihindari dan banyak juga menjadi favorit khususnya masyarakat Jakarta. Banyak yang mengatakan kalau hidangan satu ini terasa sangat sedap, meski memiliki bau yang cukup menyengat. Cara pengolahan jengkol juga susah-susah gampang karena jika tidak benar akan menjadi pahit. Untuk bumbu semurnya sendiri terdiri dari berbagai macam rempah, seperti santan dan kecap yang membuatnya semakin terasa gurih.

Nasi Ulam

Makanan-Khas-Betawi
Makanan Khas Betawi : Nasi Ulam

Selain nasi uduk ada juga menu nasi lainnya yang tidak kalah sedap yaitu nasi ulam. Makanan khas Betawi yang satu ini, sebenarnya merupakan makanan adaptasi dari budaya Tionghoa. Nasi ulam sendiri merupakan hidangan nasi pera yang dicampur dengan berbagai macam lauk, seperti semur kentang, tahu telur,cumi asin, telur dadar, perkedel kentang hingga bihun. Kamu juga bisa menambahkan taburan bawang goreng, sambal dan kacang tanah untuk membuat nasi ulam semakin terasa lezat.

Kerak Telor

Makanan-Khas-Betawi

Kalau kamu berkunjung ke Pekan Raya Jakarta, makanan khas Betawi ini akan menjadi kuliner yang paling sering kamu temukan. Bentuk dari kerak telor sendiri sebenarnya mirip dengan martabak tetapi dengan isian yang berbeda. Cara memasak dari Kerak Telor juga tergolong unik. Dengan menggunakan peralatan tradisional, kerak telor dibakar ditas tungku dengan menggunakan arang. Hal yang membedakan kerak telor dengan martabak sendiri adalah isiannya berupa ketan dan ubi.

Soto Tangkar

Makanan-Khas-Betawi
Makanan Khas Betawi : Soto Tangkar

Selain Soto Betawi ada juga soto lainnya yang tidak kalah lezat yaitu soto tangkar. Makanan khas Betawi ini merupakan soto berbahan dasar tangkar atau iga sapi. Pada jaman dahulu, soto tangkar sendiri merupakan makanan rakyat karena bahannya yang berisikan tulang iga. Tetapi, seiring berjalannya waktu isian dari soto tangkar pun ditambah menjadi jeroan, babat, kikil dan lainnya. Di Jakarta sendiri sebenarnya memang agak sulit untuk menemukan soto tangkar. Biasanya soto tangkar sendiri bisa kamu temukan di kedai kaki lima dengan harga yang terjangkau.

Laksa Betawi

Makanan-khas-Betawi
Makanan khas Betawi : Laksa Betawi

Laksa memang menjadi makanan yang cukup populer di kawasan Melayu. Panganan ini bahkan bisa kamu temukan juga di banyak negara seperti Thailand, Malaysia hingga Singapura. Indonesia juga memiliki laksanya sendiri, yaitu laksa Jakarta. Sekarang, makanan khas Betawi ini memang sudah agak sulit untuk ditemukan. Untuk cita rasanya sendiri laksa Betawi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan laksa di daerah lainnya. Kuah santan dari laksa Betawi tersebut semakin terasa spesial dengan tambahan udang rebon. Sedangkan, untuk isiannya sendiri terdiri dari berbagai macam hal, seperti toge, telur, kemangi, kucai dan tambahan potongan ketupat.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Betawi yang menarik untuk kamu coba. Kalau makanan favorit kamu apa nih?  Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s