Dengan beragam tempat wisata yang sangat menarik, Eropa merupakan destinasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kamu berencana pergi ke Eropa untuk pertama kalinya? Panduan di bawah ini tidak hanya akan membantu kamu dalam menyiapkan rencana perjalanan tapi juga membuat kegiatan wisata kamu menjadi semakin menarik. yuk simak ulasan RedDoorz selengkapnya!

Tentukan Destinasi

tips liburan ke eropa 1
Tips Liburan ke Eropa : Belgium

Bepergian sendirian membuat kamu bebas menentukan negara atau kota mana saja yang akan kamu tuju. Jika ini pengalaman pertama kamu bepergian ke Eropa tapa tur, bukan hal yang aneh jika ingin mengunjungi sebanyak-banyaknya destinasi disana. Faktanya, Eropa bukan tempat yang kecil. Semakin banyak destinasi yang ingin dikunjungi akan berpengaruh terhadap waktu dan biaya yang dibutuhkan. Sekedar catatan, periode libur sekolah di bulan Juni-Juli dan libur akhir tahun pada bulan Desember – Januari menjadi musim termahal di Eropa. Jika berencana menghemat budget, pergilah di luar kedua periode itu. Tentukan waktu, tentukan destinasi dan tentukan prioritas.

Tentukan Transportasi yang Efektif

tips liburan ke eropa 2
Tips Liburan ke Eropa : RyanAir

Setelah memilih destinasi, kini saatnya menentukan transportasi untuk mencapai negara atau kota yang akan kamu tuju. Untuk menjelajahi Eropa, kamu dapat menggunakan pesawat, kereta atau bus. Selain biaya, efektivitas waktu menjadi hal yang patut diperhitungkan. Jika kamu berencana menggunakan pesawat, EasyJet, Ryanair, Germanwings atau Wizz Air menjadi low-coast airline yang banyak dipilih wisatawan. Selain itu, berpindah negara menggunakan kereta dengan Eurail Pass yang menjangkau 28 negara di Eropa menjadi salah satu opsi menarik. Untuk menghindari situasi yang tidak nyaman karena kehabisan tiket, sebaiknya pesan tiket kamu sebelum hari keberangkatan.

Tentukan Transportasi Harian

tips liburan ke eropa 3
Tips Liburan ke Eropa : Tram, transportasi kota

Selain menentukan transportasi untuk berpindah kota atau negara, kamu juga perlu memperhatikan jenis transportasi yang akan digunakan sebagai daily transport selagi berada di suatu tempat. Metro, tram dan bus menjadi tiga alat transportasi yang kerap dijadikan pilihan. Di luar itu, menggunakan taksi, menyewa mobil atau ridesharing dapat dijadikan alternatif. Jika kamu memilih menggunakan metro, tram atau bus, pilihan tiket yang kamu beli (apakah tiket sekali jalan atau membeli Day Pass) dapat disesuaikan dengan banyaknya destinasi yang akan kamu tuju, durasi waktu yang kamu habiskan selagi berada di tempat itu, dan budget yang kamu siapkan.

Tentukan Penginapan

tips liburan ke eropa 4
Tips Liburan ke Eropa : Hostel dorm

Hotel, hostel atau apartemen menjadi tiga tempat yang bisa kamu pilih untuk beristirahat. Jika kamu ingin terlelap di tempat nyaman yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, hotel menjadi pilihan terbaik. Jika kamu ingin bertemu dan berinteraksi dengan wisatawan dari penjuru dunia lain, dorm room di hostel merupakan pilihan yang tepat. Apabila kamu memilih untuk menginap di hostel, jangan lupa untuk membawa handuk (karena tidak semua hostel menyediakannya)  dan gembok serta kuncinya (atau mengunci loker). Apapun pilihannya, sebaiknya pilih penginapan di dekat stasiun kereta. Penginapan yang berlokasi di dekat stasiun akan menghemat waktu dan memudahkan kamu untuk pergi ke lebih banyak tempat lagi.

Manfaatkan City Card

iamsterdam
Tips Liburan ke Eropa : Iamsterdam City Card

Dalam upaya membuat kegiatan wisata menjadi lebih nyaman, beberapa kota di Eropa menyediakan kartu khusus yang bisa dimanfaatkan para turis. Dengan membeli iamsterdam City Card, The Paris Pass, Barcelona Card, Berlin Welcome Card dan city card di kota lain, kamu mendapat akses untuk memanfaatkan segala moda transportasi (bis, metro, kereta), tiket gratis ke museum/galeri seni/bangunan bersejarah/tempat-tempat wisata lain, terbebas dari antrian ketika berkunjung ke tempat wisata, potongan harga di beragam restoran dan pertokoan, serta peta gratis yang telah dilengkapi daftar destinasi menarik.

Lakukan Pembelian Tiket ke Tempat Wisata Secara Online

tips liburan ke eropa 6
Tips Liburan ke Eropa : Disneyland Paris

Di dunia yang serba digital seperti sekarang, pembelian apapun dapat dilakukan secara online, termasuk pembelian tiket ke tempat wisata. Banyak tempat wisata di Eropa yang sudah menerapkan pembelian tiket secara online untuk memudahkan wisatawan yang akan berkunjung. Selain membuat wisatawan lebih nyaman karena tidak perlu repot mengantri, pembelian tiket secara online memberi benefit lain yaitu harga tiket lebih murah!

Kuasai Beberapa Kalimat Dasar Dalam Bahasa Setempat

Learn French Language Online Education Concept
Tips Liburan ke Eropa : Belajar bahasa asing

Sebagai media untuk berkomunikasi, bahasa menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika kamu bepergian. Untuk memperlancar perjalanan kamu berkeliling Eropa, pastikan kamu menguasai beberapa kalimat dasar dalam bahasa setempat khususnya ketika kamu berkunjung ke Prancis yang penduduknya lebih memilih atau lebih aktif berbicara dalam bahasa Prancis dibandingkan bahasa Inggris. Kamu tidak perlu fasih berbicara Prancis, cukup kuasai kata-kata dasar seperti ‘permisi’, ‘maaf’, ‘terima kasih’, ‘dimana’, ‘berapa’ dan ‘apakah kamu bisa berbicara Bahasa Inggris?’.

Bawa Makanan Favorit

tips liburan ke eropa 8
Tips Liburan ke Eropa : Abon Sapi

Kamu tidak boleh meremehkan urusan perut. Selagi berkeliling Eropa, kamu akan menemukan makanan dengan karakter yang berbeda-beda di setiap kota/negara. Jika kamu merupakan sosok yang terbilang sulit beradaptasi dengan makanan, membawa makanan favorit menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Rendang/dendeng, abon dan makanan kering merupakan tiga makanan yang sering dibawa wisatawan Indonesia ketika liburan. Pelengkap makanan seperti sambal, saos cabai, saos tomat, atau sambal tabur juga wajib untuk dibawa.

Itulah tadi tips traveling untuk yang baru pertama kali liburan ke Eropa. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s