Kawasan Bromo selalu menjadi tempat spesial untuk dijadikan tujuan wisata. Dengan berbagai macam keindahan alam dan cuacanya yang sejuk, Bromo seolah memberikan kesan tersendiri setiap kita berlibur ke sana. Keeksotisan alam yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk terus kembali lagi ke tempat wisata ini. Untuk kamu yang kebetulan ingin berlibur ke Bromo berikut beberapa tempat wisata sekitar Gunung Bromo.

Pura Luhur Poten

Tempat-Wisata-Sekitar-Bromo
Tempat Wisata Sekitar Bromo : Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten menjadi salah satu tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi . Di sana, masyarakat Tengger yang merupakan penduduk asli Bromo menjadikan Pura ini sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Berada di tengah kawasan padang pasir membuatnya terlihat sangat eksotis. Tempat wisata di sekitar Bromo ini dibagi menjadi tiga zona yang setiap mandalanya memiliki sebuah candi. Kamu bisa datang ke Pura Luhur Poten pada saat upacara Tirta Yatra untuk melihat ritual yang dilakukan masyarakat sekitar. Menariknya, desain arsitektur pura tersebut merupakan perpaduan antara Jawa dan Bali.

Air Terjun Mandakaripura

Tempat-Wisata-Sekitar-Bromo
Tempat Wisata Sekitar Bromo : Air Terjun Mandakaripura

Di sekitar pendakian Bromo kamu juga bisa melihat keindahan alam berupa air terjun Mandakaripura. Hal yang unik dari tempat ini adalah jumlah pancurannya yang lebih dari satu dan bentuk tebingnya yang cukup tinggi. Dengan lanskap tersebut Air terjun Mandakari sangat terlihat eksotis dan megah jika kamu melihatnya dari bawah. Berada di sini, kamu pun akan merasa seperti terkurung diĀ  antara tebing-tebing tinggi dan akan melihat pantulan cahaya matahari dari celah-celah tebing. Para pengunjung yang datang pun diperbolehkan untuk berenang di kolam yang berada di bawah air terjun.

Bukit Matingen

Tempat-Wisata-di-Sekitar-Bromo
Tempat Wisata di Sekitar Bromo : Bukit Matingen

Masih berada di rute pendakian menuju puncak Gunung Bromo kamu juga akan menemukan bukit indah bernama Bukit Matingen. Tempat ini biasanya menjadi alternatif pendakian ketiga untuk melihat pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Untuk sampai ke Bukit Matingen para pengunjung hanya perlu berjalan kaki dari area cemara lawang probolinggo. Meski tidak terlalu tinggi, Bukit Matingen adalah tujuan terbaik untuk kamu yang liburan ke Bromo ala backpacker. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2 untuk sampai ke lokasi.

Padang Rumput Savana

Tempat-Wisata-Sekitar-Bromo
Tempat Wisata Sekitar Bromo : Padang Rumput Savana

Padang rumput savanna juga harus masuk ke dalam bucket list kamu saat berlibur ke Bromo. Di sini, kamu akan menyaksikan indahnya padang rumput yang luas terbentang seperti di Afrika. Inilah mengapa banyak pengunjung yang menjadikan tempat wisata tersebut sebagai tempat untuk berfoto. Tidak hanya lanskap berupa padang rumput yang luas saja. Dari padang rumput savana kamu juga bisa melihat megahnya tebing-tebing tinggi ditambah dengan pegunungan kecil di sekitarnya. Kamu bisa menjangkau padang rumput savana dengan kendaraan roda 2 dan 4.

Desa Ngadas

Tempat-wisata-sekitar-Bromo
Tempat wisata sekitar Bromo : Desa Ngadas

Kawasan Bromo juga memiliki sebuah pedesaan cantik yang menjadi tempat tinggal masyarakat Suku Tengger. Meski sekarang sudah memasuki era modern, masyarakat Tengger di Desa Ngadas ini masih menjaga tradisi mereka. Kamu bisa berkeliling dan melihat bagaimana masyarakat di sana menjalani hidup mereka sehari-hari. Menariknya, saat bertamu ke rumah para penduduk, kamu pasti akan disambut dari dapur yang merupakan bagian dari tradisi masyarakat. Pada waktu tertentu kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan, seperti bentengan, kuda lumping hingga kuda kencak.

Desa Ngadisari

Tempat-Wisata-di-Sekitar-Bromo
Tempat Wisata di Sekitar Bromo : Desa Ngadisari

Selain Desa Ngadas juga ada satu desa lainnya yang menarik untuk kamu kunjungi saat berlibur ke kawasan Bromo yaitu Desa Ngadisari. Sama sepeti Desa Ngadas, Desa Nagdisari juga menjadi tempat tinggal bagi masyarakat Suku Tengger. Di sini kamu bisa berkeliling desa dan melihat pemandangan berupa perkebunan dan bukit-bukit yang berada di kawasan Bromo. Kamu bahkan bisa menginap di rumah-rumah penduduk dan menikmati kuliner tradisional di warung-warung sekitar desa.

B 29 Agrosari

Tempat-Wisata-sekitar-Bromo
Tempat Wisata sekitar Bromo : B 29 Argosari

Kamu yang suka camping, kawasan B29 Argosari menjadi salah satu lokasi paling direkomendasikan di kawasan Bromo! Hal ini karena B 29 Argosari menjadi puncak tertinggi di antara yang lainnya. B 29 Argosari bahkan lebih tinggi dibandingan dengan penanjakan 1 Gunung Bromo. Inilah mengapa saat mencapai puncak tersebut kamu bisa melihat pemandangan indah dan merasakan udara sejuk. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menempuh rute Senduro Lumajang yang juga sering disebut sebagai jalur selatan. Serunya lagi, kontur tanah di sini juga sangat cocok untuk dijadikan track untuk motor cross loh!

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di sekitar Bromo. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana nih saat di Bromo? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s