Jika selama ini Pulau Bali dan Lombok menjadi primadonanya tempat wisata tropis dan budaya, Pulau Sumba juga ternyata tidak kalah menarik . Kamu bisa menemukan keindahan alam lengkap dengan budaya etniknya. Salah satu objek wisata yang cukup menonjol di Sumba sendiri adalah pantainya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pantai di Sumba yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Tarimbang

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Tarimbang

Berkunjung ke Sumba jangan lampai melewatkan kesempatan untuk ke Pantai Tarimbang. Objek wisata di Sumba ini menjadi tujuan yang cocok sekali untuk kamu yang suka surfing. Hal ini karena karakteristik Pantai Tarimbang sendiri memiliki ombak yang cukup besar. Meski, cuacanya memang cukup panas dan kering, tetapi pemandangan berupa air laut berwarna biru dengan campuran hijau toska menjadikan lanskap di sini terasa sangat segar.

Pantai Tawui

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Tawui

Berlokasi di Desa Tawui, Sumba Timur, Pantai Tawui berjarak sekitar 124 km saja dari kota Waingapu. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang memiliki panjang hingga mencapai 2,5 km. Kondisi ombak di Pantai Tawui juga cenderung besar jadi untuk kamu yang ingin berenang harus berhati-hati. Jadi, terbayang bukan, kamu bisa melihat keindahan pantai di Bali dengan kondisi yang tidak terlalu ramai.

Pantai Puru Kambera

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Puru Kambera

Dari sekian banyak pantai di Sumba bisa dikatakan kalau Pantai Puru Kambera merupakan pantai yang masih sangat alami. Tidak hanya masih alami, Pantai Puru Kambera juga masih bersih. Berbeda dengan pantai lainnya di Sumba, karakteristik ombak di Puru Kambera sendiri juga cukup tenang. Jadi, untuk kamu yang ingin snorkeling atau berenang di sekitar pantai akan sangat aman! Untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan air tersebut, bisa menjajalnya pada pagi hari saat air laut sedang surut dan penjunjung sepi.

Pantai Walakiri

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Walakiri

Pernah menjadi lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas, membuat Pantai Walakiri semakin populer. Tidak heran, saat ke sini kondisinya cukup ramai dibandingkan dengan pantai lainnya. Meski begitu, pengunjung yang datang di sini tidak akan dikenakan tarif apa pun. Uniknya, Pantai Walakiri memiliki karakteristik pasir yang berbeda. Di bagian tepi pantai kamu akan melihat kondisi pasir dengan butiran halus dan berwarna putih gading. Sedangkan, di bagian air laut yang surut, teksturnya lebih mirip seperti bedak atau semen basah. Selain itu, keberadaan pohon-pohon mangrove yang ada di sekitar pantai juga menjadikan Pantai Walakiri terlihat semakin eksotis.

Pantai Kalala

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Kalala

Indahnya perbukitan hijau menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Kalala. Kondisi Pantai Kalala sendiri masih sangat sangat sepi karena masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan objek wisata di Sumba tersebut. Kamu pun bisa melakukan banyak kegiatan menarik, seperti berselancar karena kondisi ombaknya yang cukup besar.

Pantai Katundu

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Katundu

Dijuluki sebagai pantai tersembunyi di Sumba, menjadikan Pantai Katundu, objek wisata yang cocok untuk relaksasi. Daya tariknya sendiri terletak dari banyak tebing-tebing batu tinggi yang menjulang di sekitar pantai. Selain itu, kamu juga akan melihat berbagai batuan berbagai ukuran yang ada di sekitar pantai. Dengan kondisi pantai yang besar, para pengunjung terbiasa untuk berselancar di pantai tersebut. Namun, saat kondisi pantai surut kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti snorkeling atau diving.

Pantai Londa Lima

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Londa Lima

Karakteristik dari Pantai Londa Lima sendiri terdiri dari pasir putih dan pepohonan rindang yang ada di sekitar. Para pengunjung yang datang ke sini bisa melakukan banyak kegiatan seru mulai dari berenang, memancing atau sekedar berjemur. Uniknya, warna air laut dari Pantai Londa Lima cukup unik karena posisinya yang landai kemudian menukik tajam. Para pengunjung yang datang ke sini hanya akan dipungut tiket masuk seharga Rp 5000 per orangnya.

Pantai Parunu

Pantai-di-Sumba
Pantai di Sumba : Pantai Watu Parunu

Selain berpasir putih, Pantai Parunu semakin indah dengan deretan tebing putih di sekitar pantai. Tebing-tebing tersebutlah yang menjadi karakteristik indahnya Pantai Parunu. Menariknya, ketika kondisi pantai sedang surut, tebing batu bisa kamu jangkau dengan melewati batu berlubang yang ukurannya cukup besar. Lokasi dari Pantai Parunu bisa dikatakan cukup jauh untuk dijangkau dari perkotaan

Pantai Nikiwatu

Pantai-Nikiwatu
Pantai di Sumba : Pantai Nikiwatu

Keindahan Pantai Nikiwatu tidak hanya diakui secara nasional tetapi juga diakui hingga internasional! Air laut yang jernih, hingga panorama alam berupa perbukitan hijau menjadikan Pantai Nikiwatu harus masuk ke dalam list tempat wisata di Sumba yang harus kamu kunjungi. Tidak hanya menjadi tempat favorit untuk berselancar, Pantai Nikiwatu juga sangat menarik untuk kamu yang suka snorkeling atau diving.

Itulah beberapa informasi mengenai pantai di Sumba yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka untuk berkunjung ke mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s