tBerlibur ke dataran tinggi memang selalu menjadi saat-saat yang menyenangkan. Selain bisa menikmati cuacanya yang sejuk, berlibur ke Dieng kamu juga bisa melihat indahnya pemandangan alam. Ada banyak spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi selama berlibur di Dieng, mulai dari lanskap dataran tingginya hingga sumber air yang cantik. Nah, untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Wisata Dieng yang menarik untuk kamu kunjungi.

Tempat Wisata Seru di Dieng

Dieng memiliki berbagai macam tempat menarik yang harus kamu kunjungi. Berikut beberapa diantarnya:

Telaga Dringo

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Telaga Dringo

Untuk kamu yang suka dengan suasana yang cenderung tenang, cobalah untuk berkunjung ke Telaga Dringo yang jauh dari kebisingan dan perkotaan yang padat. Lokasi dari tempat ini tidak jauh dari objek wisata Dieng, tepatnya berada di sebelah kawah Candradimuka. Untuk kamu yang memiliki hobi fotografi Telaga Dringo menjadi lokasi yang sangat cocok. Berada di ketingian 2.222 mdpl, Telaga Dringo merupakan salah satu telaga tertinggi yang ada di Dieng. Awal terbentuknya Telaga Dringo sendiri berasal dari letusan kawah pada tahun 1786 lalu. Dari letusan tersebut, terciptalah sebuah cekungan yang kemudian terisi air dan merupakan telaga yang cantik hingga sekarang.

Telaga Merdada

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Telaga Merdada

Telaga Mardada merupakan telaga terluas yang ada di kawasan Dieng. Ukurannya sendiri bisa mencapai hingga 25 hektar dan masih digunakan sebagai sumber air bagi masyarakat sekitar. Daya tarik dari Wisata Dieng merupakan pemandanganya yang beraneka ragam. Dulunya telaga ini merupakan sebuah gunung berapi yang terisi air. Sekarang, setelah dimanfaatkan sebagai sebuah objek wisata, lokasi Telaga Mardada pun sering juga dijadikan tempat berkemah.

Gardu Pandang Tieng

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Gardu Pandang Tieng

Bagi kamu yang hendak pergi ke dataran tinggi Dieng, harus berkunjung ke Gardu Pandang Tieng. Tempat ini merupakan lokasi favorit bagi para pengunjung Dieng. Dari sini kamu bisa melihat keindahan pemandangan lanskap Dieng. Selain itu, para pengunjung yang datang ke sini juga menjadikan Gardu Pandang Tieng tempat favorit untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Dari atas kamu bisa indahnya perbukitan yang diselimuti kabut tipis dan di bagian bawah terdapat pemandangan berupa pedesaan serta Gunung Sindoro.

Kawah Sileri

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Kawah Sileweri

Kawah Sileri juga menjadi salah satu tujuan wisata di Dieng yang harus kamu kunjungi berikutnya. Dengan luas sekitar 4 hektar, kawah ini disebut sebagai kawah terluas yang ada di kawasan Dieng. Untuk menjangkaunya, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit saja karena lokasinya yang hanya berjarak sekitar 7 km. Jangan heran selama perjalanan ke sini kamu akan melihat banyak asap karena daerah tersebut memang digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Untuk menyaksikan saat terbaik kamu bisa datang ke Kawah Sileri pada pagi hari karena pada saat tersebut uap air masih menempel di tebing dan kemudian terangkat perlahan saat menjadi uap.

Telaga Warna Pengilon

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Telaga Warna Pengilon

Lokasinya yang dikelilingi oleh perbukitan menjadikan Telaga Warna Pengilon tempat wisata yang sangat memanjakan mata. Telaga Warna Pengilon sendiri merupakan sebuah danau vulkanik yang berisi air dengan belarang. Kamu bisa menjangkau Telaga Warna Pengilon yang hanya berjarak sekitar 1 km dari kawasan wisata candi dieng. Dengan keindahan tersebut kamu pun akan menemukan cukup banyak wisatawan asing maupun domestik yang datang ke tempat ini. Untuk masuk, para pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Kegiatan Seru di Dieng

Selain banyaknya tempat wisata menarik, di Dieng kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan seru, seperti:

Melihat Matahari Terbit Di Bukit Sikunir

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Bukit Sikunir

Keindahan alam di Dieng menjadi salah satu tempat yang pas untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Salah satu favorit di sini adalah Bukit Sikunir. Untuk mendapatkan saat terbaik kamu harus datang pagi-pagi sekali yaitu sekitar pukul 04.00. Untuk sampai ke puncak bukit kamu harus melalui trekking yang cukup panjang. Tetapi, semuanya akan terbayar dengan indahnya pemandangan di atas bukit.

Bermain Flying Fox Di Telaga Warna 

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Flying Fox Telaga warna

Untuk kamu yang ingin mencoba keseruan bermain flying fox di dataran tinggi, berkunjunglah ke Telaga Warna. Di sini para pengunjung yang datang bisa menguji adrenalin dengan  naik flying fox yang memilki panjang sekitar 75 – 100 meter dan ketinggian 3-5 meter. Untuk mencoba permaian tersebut kamu hanya perlu membayar sewa peralatan sekitar Rp 35.000 untuk skeali main.

Menonton Film Dokumenter Di Dieng Plateu Theater

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Dieng Plateu Theater

jangan lewatkan kesempatan untuk menonton film dokumeNter di Dieng Plateu. Kamu bisa melihat film dokumenter mengenai dataran tinggi Dieng, budaya serta sejarahnya. Film dokumenter yang diputar di sini cukup mengedukasi dan tidak membosankan kok. Untuk durasinya sendiri satu film sepanjang 1,5 jam saja.

Tips Berkunjung Ke Dieng

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berkunjung ke Dieng, diantaranya seperti:

Bawa Baju Hangat

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Jacket

Cuaca di kawasan Dieng sangat dingin, sehingga sangat penting untuk kamu membawa baju hangat saat berlibur. Untuk menjaga tubuh kamu tetap hangat bawalah peralatan, seperti jaket, sarung tangan, topi rajut, kaus kaki hingga penutup telinga. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa krim pelembab untuk menjaga kulit kamu tidak kering di udara yang sangat dingin.

Waktu Terbaik

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : matahari terbit

Supaya liburan kamu semakin berkesan ada saat-saat terbaik yang disarankan untuk kamu mengunjungi Dieng. Saat kamu ingin ke sini berkunjunglah pada musim kemarau yaitu pada bulan Juli hingga September. Hal ini karena pada waktu tersebut kamu bisa melihat indahnya matahari terbit dari Puncak Sikunir dengan sangat jelas.

Transportasi

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Dieng Plateu

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menuju ke dataran tinggi Dieng. Mulai dari kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, para pengunjung juga bisa naik kendaraan umum. Untuk kamu yang ingin naik kendaraan umum harus memastikan terlebih dahulu rutenya untuk sampai ke sini.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Wisata-Dieng
Wisata Dieng : Bawa Uang Tunai

Saat kamu berkunjung ke Dieng cobalah untuk membawa uang tunai secukupnya. Hal ini penting karena nantinya kamu akan memerlukan untuk membayar berbagai keperluan seperti membayar tiket atau membeli makanan di sekitar objek wisata yang kamu kunjungi. Membawa uang tunai sangat penting saat liburan ke Dieng karena di kawasan ini kamu akan sulit untuk menemukan mesin ATM.

Itulah informasi lengkap mengenai wisata Dieng yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana saat berkunjung ke Dieng? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s