Cirebon menjadi salah satu kota yang telah berkembang dan menjadi sebuah tujuan wisata yang menarik. Inilah mengapa di sini kamu akan menemukan banyak tempat menarik dan makanan tradisional yang lezat. Selain itu, di kota udang ini juga sudah terdapat banyak akomodasi wisata, seperti tempat penginapan hingga transportasi juga menjadikan kota ini yang menunjang kegiatanmu selama berlibur. Sebagai rekomendasi, berikut RedDoorz berikan panduan wisata ke Cirebon yang bisa kamu coba!

Tempat Wisata di Cirebon

Untuk kamu yang ingin liburan berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang bisa kamu kunjungi:

Keraton Kanoman Cirebon

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Tempat Wisata Cirebon : Keraton Kanoman Cirebon

Keraton Kanoman Cirebon sendiri memang sudah pernah dipugar sebelumnya, tetapi mereka tetap mempertahankan bentuk asli dari bangunan ini. Gaya arsitekturnya memang cukup unik karena mengandung arsitektur khas Jawa dan Tiongkok yang dibalut dengan budaya Islam. Di dalam tempat wisata ini para pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi mulai dari kerajinan keramik, lukisan, hingga kereta kencana Paksi Naga Liman yang sangat legendaris. Keraton Kanoman Cirebon sendiri buka dari pukul 09.00 – 17.00. Sedangkan, untuk harga tiket masuknya sendiri dijual dengan harga Rp 7.000 per orang.

Keraton Kasepuhan Cirebon

Panduan-Wisata-Ke-Cirebon
Panduan Wisata Ke Cirebon : Keraton Kasepuhan

Dibangun sejak tahun 1529 oleh Pangeran Mohammad Arifin, Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi tempat wisata berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi. Pada awalnya Keraton ini bernama Keraton Pakungwati dan difungsikan sebagai pusat pemerintahan Cirebon pada zaman dahulu kala. Setelah adanya pembagian wilayah keraton barulah namanya diganti oleh pangeran Mertawijaya. Ada pun koleksi bersejarah yang bisa kamu lihat di sini diantaranya adalah kereata kencana, gamelan antik, lukisan Prabu Siliwangi, Rebana Sunan Kalijaga hingga meriam mini.

Bukit Geronggong

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Bukit Garonggong

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata romantis di kawasan ini bisa berkunjung ke Bukit Geronggong. Tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang berada di jalur utama Cirebon dan Kuningan. Disarankan untuk berkunjung ke Bukit Geronggong pada malam hari karena pada waktu tersebut kamu akan melihat indahnya gemerlap kota di malam hari. Tidak heran mengapa saat kamu ke sini akan menemukan banyak muda-mudi yang menghabiskan waktu akhir pekannya.

Telaga Remis

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Telaga Remis

Belokasi di kaki Gunung Ceremai, lokasi ini menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuknya perkotaan. Dari kota Cirebon sendiri Telaga Remis hanya berjarak sekitar 20 kilometer saja. Diceritakan, terciptanya Telaga Remis sendiri berasal dari kisah Prabu Siliwangi yang biasa meminum air embun di sana. Satu waktu, Sang Prabu pun membuang sisa embun yang ia minum seraya berdoa agar tempat tersebut menjadi sebuah telaga yang bermanfaat sekitar. Tak ayal permohonan Prabu Siliwangi pun menjadi kenyataan. Telaga Remis sendiri memiliki luas sekitar 3 hektar yang terdiri dari kawasan hutan yang didiami oleh ratusan tumbuhan. Telaga Remis pun telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti kamar mandi, camping ground, gazebo, lahan parkir dan masih banyak lagi yang lainnya.

Desa Wisata Wanawisata

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Kampung Wanawisata

Selain Telaga Remis tempat wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Cirebon adalah Desa Wisata Wanawisata. Berlokasi di Desa Ciwaringin, ekosistem di tempat wisata di Cirebon ini mayoritas merupakan kayu putih. Para pengunjung yang datang ke sini pun diperbolehkan untuk memancing di dalam Danau Ciranca yang masih masuk ke dalam kawasan Desa Wisata Wanawisata. Menariknya, di dalam kawasan wisata ini juga terdapat area motor cross. Hal inilah yang menjadikan Desa Wisata Wanawisata selalu ramai dengan banyak wisatawan dari perkotaan.

Kuliner Khas Cirebon

Tidak hanya tempat wisatanya saja yang menarik untuk kamu kunjungi saat Cirebon, kota udang ini juga memiliki banyak sekali kuliner tradisional yang menarik untuk kamu cicipi.

Empal Gentong

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Empal Gentong

Kamu penggemar kuliner olahan daging? cicipilah empal gentong di Cirebon! Sekilas kuliner yang satu ini memang mirip dengan gulai daging karena kuahnya yang terbuat dari santan. Namun, sebenarnya ada dua macam empal gentong ang bisa kamu coba yaitu Empal Gentong kuah asam dan empal kuah santan. Kuliner khas Cirebon ini terdiri dari berbagai macam isian seperti daging sapi, babat hingga usus. Bisanya satu porsi Empal Gentong dibandrol dengan harga Rp 15.000 hingga Rp 30.000.

Mie Koclok

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Mie Koclok

 

Untuk kamu yang suka dengan kuliner berbahan dasar mie bisa mencoba Mie Koclok. Kuliner khas Cirebon ini terdiri dari berbagai macam isian, mulai dari irisan toge, kol, suwiran ayam, telur rebus hingga potongan daun bawang. Biasanya satu porsi Mie Koclok ini disantap dengan nasi. Adapun beberapa tempat yang cukup populer dengan olahan empal gentong adalah Mie Koclok Mas Edy dan Mie Koclok Panjunan.

Nasi Lengko

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Nasi Lengko

Nasi Lengko sendiri merupakan kuliner tradisional Cirebon yang bentuknya mirip dengan nasi pecel. Hal yang membedakan keduanya adalah isiannya, seperti tempe, timun, tahu, bawang hingga toge. Semua campuran tersebut pun kemudian disiram dengan bumbu kacang dengan rasa yang cukup pedas. Untuk menambah cita rasa kamu bisa menggunakan kecap dan cabai agar lebih pedas. Ada beberapa lokasi yang direkomendasikan untuk mencicipi Nasi Lengko yaitu seeprti Nasi Lengko Haji Barno.

Tahu Gejrot

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Tahu Gejrot

Selain makanan berat, ada kudapan tradisional yang cukup terkenal yang harus kamu coba yaitu Tahu Gejrot. Rasa dari Tahu Gejrot juga sangat khas karena kuah siramnya yang terdiri dari berbagai macam bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai. Rasa manis dan asam pun juga bisa kamu dapatkan dari campuran kecap, gula merah dan asam. Di Cirebon sendiri kamu bisa menemukan kudapan lezat ini di berbagai tempat contohnya seperti Pasar Kanoman Cirebon.

Nasi Jamblang

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Nasi Jamblang

Nasi Jamblang mungkin menjadi salah satu kuliner tradisional yang cukup ikonik di Cirebon. Penyajian dari kuliner yang satu ini pun sangat unik yaitu dengan alas daun jati. Dalam satu porsi nasi jamblang kamu akan menemukan beragam lauk, seperti tumis cumi, udang, tempe goreng, ikan asin, gulai lidah, aneka sate, paru goreng hingga limpa sapi. Untuk satu porsi Nasi Jamblang kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3.000 hingga Rp 17.500. Beberapa Nasi Jamblang terkenal yang bisa kamu coba di sini, diantaranya seperti Nasi Jamblang Mang Dul, Nasi Jamblang Pelabuhan dan Nasi Jamblang Ibu Nur.

Penginapan di Cirebon

Panduan Wisata ke Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : RedDoorz

Ada banyak akomodasi penginapan yang bisa kamu pilih di Cirebon, mulai dari penginapan ala backpacker hingga penginapan ala resort. Tetapi, untuk kamu yang ingin berlibur dengan nyaman dan harga terjangkau, RedDoorz adalah solusinya! Mulai dari harga Rp 99.000 kamu bisa menikmati penginapan lengkap degan garansi servis, seperti linen yang bersih, kamar mandi bersih, wifi gratis, televisi, air mineral hingga peralatan mandi. Jadi kalau kamu sedang jalan-jalan ke Cirebon menginap di RedDoorz aja!

Cara Menuju ke Cirebon

Panduan-Wisata-ke-Cirebon
Panduan Wisata ke Cirebon : Roadtrip

Kamu bisa menuju ke Cirebon dengan menggunakan berbagai transportasi, tetapi cara yang paling menarik untuk menjangkau Cirebon adalah dengan roadtrip dengan menyusuri Pantai Utara Jawa. Ada pun alternatif transportasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau kota ini yaitu dengan menggunakan kereta api menuju Cirebon. Harga tiket kereta api ke Cirebon juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000. Sedangkan, untuk kamu yang lebih memilih untuk menggunakan bus bisa naik dari Terminal Kampung Rambutan. Harga tiketnya dijual dengan harga Rp 50.000 hingga Rp 60.000.

Itulah beberapa informasi mengenai panduan wisata ke Cirebon yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Cirebon? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s