Ada banyak moda transportasi tersedia untuk kamu yang ingin traveling, mulai dari transportasi darat, laut hingga udara. Tapi memang untuk menjangkau tempat yang jauh akan lebih efektif untuk menggunakan transportasi udara seperti pesawat. Dengan menggunakan pesawat kamu tentunya bisa lebih menghemat waktu apa lagi untuk menjangkau tempat-tempat yang cukup jauh. Nah, agar perjalanan kamu selama naik pesawat jarak jauh nyaman, berikut RedDoorz akan memberikan beberapa tips, yuk simak!

Pilih Tempat Duduk yang Paling Nyaman

Tips-nyaman-perjalanan-jarak-jauh
Tips nyaman perjalanan jarak jauh: Pilih tempat duduk paling nyaman

Salah satu hal yang paling penting untuk kamu ingat saat melakukan penerbangan jarak jauh adalah memilih tempat duduk. Ini sangat penting, karena kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam selama di pesawat dan posisi dudukmu akan mempengaruhi kenyamananmu selama di perjalanan. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan, seperti jangan duduk di kursi bagian depan. Meski kursi bagian depan memiliki ruang yang cukup luas, namun biasanya posisi kursi depan sering diisi oleh keluarga atau orang tua. Pilihnya tempat duduk yang dekat dengan sayap pesawat. Jadi, jika terjadi turbulensi kamu tidak akan merasakan getaran yang terlalu dahsyat. Selain itu, kamu juga bisa memilih kursi yang dekat dengan jendela sehingga selama perjalanan kamu akan nyaman untuk bersandar.

Bawa Bantal Leher

Tips-nyaman-perjalanan-jarak-jauh
Tips nyaman perjalanan jarak jauh : Bawa bantal leher

Selama penerbangan yang cukup panjang pastinya kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur. Karena itu, agar tidur kamu semakin nyaman, cobalah untuk membawa bantal leher sendiri. Jadi jika pun kamu duduk di bagian tengah atau tidak bisa bersandar pada sisi pesawat bantal leher bisa jadi pennyanggamu untuk tidur.

Bawa Penutup Mata dan Penyumbat Telinga

Tips-nyaman-penerbangan-jarak-jauh
Tips nyaman penerbangan jarak jauh : penutup mata untuk tidur

Suasana pesawat memang tidak bisa kita prediksi tergantung dari siapa saja yang akan satu pesawat denganmu. Karena itu untuk antisipasi, bawalah penutup mata dan penyumbat telinga. Kedua benda tersebut akan membantu kamu selama kamu beristirahat di pesawat. Lampu pesawat yang terang dan suasana yang berisik pun bisa kamu redam dengan kedua benda ini.

Gunakan Pakaian Paling Nyaman

tips-nyaman-penerbangan-jarak-jauh
tips nyaman penerbangan jarak jauh : Pakai baju casual

Untuk kamu yang mungkin akan melakukan penerbangan hingga belasan jam mungkin tidak akan bisa berganti baju berkali-kali. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian paling nyaman seperti baju-baju kasual seperti kaos dan celana bahan. Beberapa pilihan pakaian lain yang bisa kamu gunakan selama perjalanan jauh diantaranya, seperti celana jeans, legging hingga sweater.

Bawa Jaket atau Pakaian Hangat

Tips-Nyaman-Penerbangan-Jarak-Jauh
Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh : Pakai Jaket

Kondisi di dalam pesawat biasanya akan terasa lebih dingin. Untuk kamu yang melakukan perjalanan hanya sekitar satu jam saja hal ini mungkin tidak terlalu masalah. Tetapi, suhu di dalam pesawat yang terlalu dingin selama belasan jam bisa saja mempengaruhi kesehatan. Itulah mengapa sangat penting untuk kamu membawa jaket atau pakaian hangat. Dengan menggunakan pakaian hangat tentunya ini akan lebih praktis daripada kamu harus membawa selimut atau scarf yang bisa mengganggu penumpang sebelahmu.

Minum Air Putih yang Banyak

Tips-Nyaman-Penerbangan-Jarak-Jauh
Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh : Minum air putih

Jangan biarkan tubuhmu dehidrasi selama penerbangan berjam-jam. Inilah mengapa sangat penting untuk membawa botol kosong dan merefilnya dengan air putih. JanganĀ  sampai kamu kehausan hingga menunggu pramugari datang membawa minuman. pastikan juga untuk minum air putih atau jus saja selama penerbanganmu ya.

Bawa Power Bank

Tips-Nyaman-Penerbangan-Jarak-Jauh
Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh : Bawa Power Bank

Selama perjalanan pastinya kamu membawa peralatan elektronik seperti hp, tablet atau laptop untuk sekedar hiburan atau mungkin pekerjaan. Jadi, bawalah power bank dalam keadaan penuh. Pastikan juga power bank yang kamu bawa berdaya tinggi sehingga bisa untuk mengecas peralatan elekrtonik berulang kali untuk berbagai jenis perangkat. Pastikan juga peralatan elektronik yang kamu bawa sudah dalam keadaan baterai penuh.

Lakukan Gerakan Ringan

Tips-Nyaman-Penerbangan-Jarak-Jauh
Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh : Stretching

Selama penerbangan berjam-jam pasti tubuh kamu akan merasakan kaku atau pun keram karena posisi duduk yang sama. Agar badanmu tidak keram-keram selama perjalanan lakukanlah gerakan-gerakan ringan untuk stretching. Kamu bisa mengangkat kaki kamu beberapa sentimeter ke atas untuk nantinya melakukan kegiatan memutar. Kamu juga bisa meluruskan kaki untuk nantinya menggerakan kaki kamu ke atas dan ke bawah. Selain itu, lakukan juga gerakan memutar bahu ke depan dan ke belakang untuk peregangan badan.

Bawa Lip Balm, Hand Lotion Adan Face Mist

Tips-Nyaman-Perjalanan-Jauh
Tips Nyaman Perjalanan Jauh : bawa Face mist

Kondisi pesawat yang lebih dingin biasanya akan membuat kulit kamu menjadi kering. Karena itu, bawalah beberapa skin care untuk menjaga kelembaban kulitmu selama perjalanan. Beberapa skin care yang bisa kamu bawa diantaranya face mist, hand lotion dan lip balm. Oleskan lip balm selama beberapa jam sekali agar bibir kamu tidak pecah-pecah. Selain itu, juga penting untuk menyemprotkan face mist dan menggunakan hand body lotion agar tangan dan lengan kamu tidak dingin.

Hindari Minuman Beralkohol Dan Kopi

Tips-nyaman-penerbangan-jara-jauh
Tips nyaman penerbangan jarak jauh : Hindari kopi

Selain penting untuk banyak minum air selama di pesawat ada beberapa jenis minuman yang harus kamu hindari seperti minuman beralkohol dan kopi. Kadar kafein yang tinggi pada kopi mungkin bisa membuat kamu terus terjaga selama perjalanan jika kamu membutuhkannya. TetapiĀ  perlu diingat kalau kopi juga bisa mempercepat detak jantung. Sedangkan, untuk kamu yang baru bisa tidur setelah minum alkohol, pastikan kamu minum dalam jumlah yang tidak terlalu banyak sehingga bisa tidur dengan nyenyak.

Itulah beberapa informasi mengenai tips nyaman penerbangan jarak jauh yang bisa kamu coba. Kalau kamu apa punya tips sendiri saat naik pesawat? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s