Area Jawa Tengah memang memiliki keindahan alam yang beraneka ragam tidak terkecuali kawasan Wonogiri. Daerah yang berbatasan langsung dengan kawasan Gunung Kidul ini menyimpan keindahan tempat wisata seperti pantai hingga perbukitan. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Wonogiri yang menarik, yuk simak bersama!

Pantai Sembukan

Tempat-Wisata-di-Wonogiri
Tempat Wisata di Wonogiri : Pantai Sembukan

Jika kamu berkunjung ke Wonogiri jangan sampai melewatkan kesempatan bermain ke Pantai Sembukan. Tempat wisata di Wonogiri ini menjadi salah satu objek wisata paling populer karena keindahannya yang luar biasa. Berbeda dengan pantai lainnya yang mungkin memiliki berpasir putih danĀ  memiliki kontur yang landai. Pantai Sembukan terdiri dari karang-karang besar dan pepohonan hijau yang rindang. Pantai Sembukan sendiri berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Wonogiri. Jika kamu ke sini dengan menggunakan mobil mungkin akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Pantai Nampu

Tempat-Wisata-di-Wonogiri
Tempat Wisata di Wonogiri : Pantai Nampu

Keindahan Pantai ala Bali bisa kamu temukan juga di Wonogiri dengan berkunjung ke Pantai Nampu. Pasir putih dan karang-karang cantik menjadi karakteristik yang semakin memperindah tempat wisata di Wonogiri ini. Selain itu, tidak seperti objek wisata lainnya yang mungkin sudah ramai dengan para pengunjung, Pantai Nampu cenderung masih alami. Selain itu, deburan ombaknya yang tidak terlalu besar juga untuk kamu yang ingin sekedar berenang atau bermain di pinggir pantai. Objek wisata yang satu ini memiliki 3 titik pantai yang dipisahkan dengan gundukan daratan. Kamu bisa menuju Pantai Nampu dari Kota Wonogiri dengan jarak tempuh sekitar 70 km.

Pantai Banyuwoto

tempat-wisata-di-Wonogiri
Tempat Wisata di Wonogiri : Pantai Banyuwoto

Bisa dibilang Pantai Banyuwoto cukup unik dibandingkan dengan yang lainnya karena memiliki sumber air tawar sendiri. Berlokasi di Kecamatan Paranggupito yaitu tempatnya di Gudangharjo, sumber air di Pantai Banyuwoto sendiri berasal dari sungai sungai yang ada di sekitarnya. Kamu bahkan bisa melihat sebuah air terjun yang menjadi aliran air dari sungai-sungai tersebut di pinggir pantai. Selain itu, batu-batu karang besar di sekitar pantai juga membuat Pantai Banyuwoto terlihat semakin eksotis.

Puncak Secokro Wonogiri

tempat-wisata-di-Wonogiri
tempat wisata di Wonogiri : Puncak Secokro

Tidak hanya objek wisata berupa pantai saja yang bisa kamu temukan saat ke Wonogiri, tetapi juga area perbukitannya. Salah satu area perbukitan yang menjadi tempat wisata favorit di Wonogiri adalah Puncak Secokro Wonogiri. Di sini para pengunjung bisa melihat keindahan alam berupa deretan bukit dan pepohonan hijau yang sangat cantik. Karena banyak yang ingin melihat keindahan Puncak Secokro, para warga pun membuat gardu pandang untuk dijadikan tempat selfie. Di atas bukit pun tersedia sebuah bale-bale untuk bersantai dan menikmati pemandangan dari atas bukit.

Bukit Jonambang Wonogoro

Tempat-wisata-di-Wonogiri
Tempat wisata di Wonogiri : Bukit Jonambang Wonogiri

Berikutnya ada Bukit Jonambang Wonogoro yang menjadi objek wisata populer di Wonogiri. Dari atas puncak Jonambang Wonogoro kamu bisa melihat keindahan hamparan Waduk Gajah Mungkur yang berada di bagian selatan. Selain itu, saat cuaca sedang cerah, kamu pun bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dari kejauhan. Tidak jarang tempat ini pun sering dijadikan tempat objek foto hunting matahari terbenam bagi para fotografer. Meski gardu pandang ini termasuk tempat wisata yang tergolong baru, tempat ini sudah memiliki beberapa fasilitas menarik seperti gardu pandang dan gazebo untuk kamu yang lelah mendaki.

Bukit Gantole

tempat-wisata-di-Wonogiri
tempat wisata di Wonogiri : Bukit Gantole

Untuk kamu yang suka dengan kegiatan memacu adrenalin seperti extreme sport bisa berkunjung langsung ke Bukit Gantole. Berkunjug ke sini ada dua pilihan ketinggian bukit yang bisa kamu jajal untuk naik gantole yaitu 200 meter dan 400 meter. Semua paralatan di sini disewakan untuk umum terutama bagiĀ para pengunjung yang datang. Untuk mendapatkan waktu terbaik, kamu juga bisa datang ke Bukit Gantole mulai dari dini hari hingga sore agar mendapatkan pemandangan berupa matahari terbit dan matahari terbenam.

Air Terjun Girimanik

tempat-wisata-di-Wonogiri
tempat wisata di Wonogiri : Air Terjun Girimanik

Objek wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Wonogiri adalah Air Terjun Girimanik. Menariknya, keindahan objek wisata ini memiliki tiga buah air terjun seperti, air terjun Manikmoyo, Condromoyo dan Tejomoyo. Dari ketiga air terjun tersebut salah satu yang paling tinggi adalah Air Terjun Manikmoyo dengan ketinggian 70 meter dan yang terendah yaitu dengan ketinggian 30 meter adalah Air Terjun Tejomoyo. Ketiganya berada di selatan Gunung Lawu yang berada di kawasan Girimanik, Setren. Jika kamu menjangkaunya dari pusat kota Wonogiri, jarak yang akan kamu tempuh kurang lebih sekitar 35 km.

Goa Putri Kencono

tempat-wisata-di-wonogiri
tempat wisata di wonogiri : Goa Putri Kencono

Tempat wisata di Wonogiri lainnya yang tidak kalah eksotis adalah Goa Putri Kencono! Objek wisata yang satu ini memang salah satu yang paling favorit karena sering juga dijadikan tempat untuk menjelajah para pencinta alam. Masuk ke dalam Goa Putri Kencono kamu akan melihat indahnya karakteristik menakjubkan dari deretan stalakmid dan stalatid yang ada di sepanjang goa. Selain itu, goa ini juga dikenal dengan karakteristiknya berupa batu-batu menggantung. Kamu yang ingin berkunjung ke sini dari Wonogiri hanya perlu menempuh parjalanan sekitar 40 km.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Wonogiri. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Wonogiri? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s