Keindahan Indonesia memang tidak akan habis untuk dibahas. Mulai dari sabang hingga marauke, kamu bisa menemukan banyak spot cantik yang menyajikan pemandangan indah. Salah satu destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di bagian ujung Indonesia adalah Takengon Aceh. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Takengon Aceh yang menarik untuk kamu kunjugi.

Puncak Pantan Terong

Tempat-wisata-di-Tekongan
Tempat wisata di Tekongan : Puncak Patan Terong

Bisa dikatakan kalau Puncak Pantan Terong menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Takengon Aceh. Daya tarik dari Puncak Pantan Terong sendiri adalah para pengunjung bisa melihat keindahan Kota Takengon dari atas, lengkap dengan perumahan warga yang ada di sekitarnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat danau laut Tawar dari puncak gunung pantai terong yang memiliki ketinggain hingga 2000 Mdpl. Karena termasuk salah satu tempat wisata yang cukup populer, Puncak Pantan Terong ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti halnya toilet, mushola hingga jajanan. Selain itu, keselamatan dari para wisatawan juga sangat diperhatikan oleh pengelola dengan memasang pagar di sekelilingnya agar mereka bisa melihat pemandangan dari atas. Kamu bisa menjangkau Puncak Pantan Terong dari pusat kota Takengon yang berjarak sekitar 6 km yaitu sekitar 20 menit dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Danau Laut Tawar

Tempat-wisata-di-Takengon
Tempat wisata di Takengon : Danau Laut Tawar

Di kawasan Takengon Aceh kamu juga bisa melihat keindahan tempat wisata lainnya seperti Danau Laut Tawar. Di sini amu bisa melihat indahnya lanskap air danau yang sangat jernih lengkap dengan pepohonan rindang yang ada di sekitar danau. Dengan lebar sekitar 3219 kilometer dan panjang 17 meter, kamu pasti tidak akan bosan untuk mengeksplore keindahan alam di sini. Banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan momen indah seperti matahari terbenam.

Buntul Rintis

Tempat-wisata-di-Takengon
Tempat wisata di Takengon : Buntul Rintis

Keindahan kawasan Takengon pun bisa kamu lihat di Bantul Rintis. Berada tempat di Kampung Tanseran, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Tengah, Bantul Rintis menjadi lokasi yang sangat instagramable selain Puncak Pantan Terong. Bantul Rintis sendiri dikelola oleh masyarakat setempat sebagai tempat wisata romantis yang semakin ramai pengunjungnya hingga sekarang. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali spot menarik untuk berfoto mulai dari ayunan kayu, hammock single, sangkar burung ukuran raksasa, tulisan grafitti dan masih banyak lagi yang lainnya. Bantul Rintis sendiri dibuka untuk umum mulai dari pukul 08.00 hingga 19.00.

Air Terjun Mengaya  

Tempat-wisata-di-Takengon
Tempat wisata di Takengon : Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya berlokasi tidak jauh dari Danau Laut Tawar, tepatnya berada di Kaki Gunung Burni Kelieten. Untuk menjangkau tempat wisata ini kamu tidak perlu repot-repot karena akses ke sana sudah sangat baik sehingga bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Setelahnya, kamu harus berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer untuk mencapai air terjun Mengaya. Sepanjang jalan menuju ke Air Terjun pun kamu akan melihat pemandangan indah berupa hamparan hutan pinus serta persawahan. Para pengunjung yang datang diperbolehkan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti halnya berenang di kolam air terjun atau sekedar bersantai di pinggir air terjun.

Bur Talage Takengon

Tempat-Wisata-di-Takengon
Tempat Wisata di Takengon : Bur Talage Takengon

Bur Talage Takengon merupakan sebuah tempat wisata yang teridiri dari bongkahan batu besar. Batu tersebut dikenal juga dengan nama Atu Tingok. Posisi dari batu ini juga cukup unik yaitu berada di bagian gunung yang sangat terjal. Dengan posisi tersebut, para pengunjung dilarang untuk duduk-duduk di atasnya, mengindari kecelakaan dan bergesernnya posisi batu. Di sini kamu bisa berfoto-foto dengan latar hutn pinus yang instagramable.

Pante Menye Bintang

Tempat-wisata-di-Takengon
Tempat wisata di Takengon : Pante Manye Bintang

Berlokasi di Kampung Genuren, kecamatan Bintang Aceh Tengah, para wisatawan bisa melihat pemandangan Pante Menye Bintang. Meski namanya berupa Pante tetapi pemandangan yang akan kamu lihat di sini bukan berupa pantai pasir putih, melainkan danau air tawar.  Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan berupa Danau Lut Air Tawar dan indahnya Gunung Birah dari jauh. Selain itu, keindahannya pun dilengkapi dengan persawahan dan perbukitan indah. Kamu bahkan bisa mencicipi berbagai macam kuliner khas Aceh seperti Mie aceh, Kopi Aceh, Ikan Bakar dan Kopi Gayo.

Arung Jeram Wih Pesa

Tempat-wisata-di-Takengon
Tempat wisata di Takengon : Arum Jeram Wih Pesa

Sedangkan, untuk kamu yang suka dengan kegiatan menantang seperti olahraga ekstrem cobalah arum jeram. Untuk kamu yang belum pernah mencoba arum jeram sebelumnya, tidak perlu khawatir karena nantinya kamu akan didampingi oleh seorang pemandu professional. Selama kamu berarum jeram pun kamu bisa melihat pemandangan indah berupa sawah dan pepohonan hijau.

Masjid Ruhama Takengon

Tempat-wisata-di-Takengon
Tempat wisata di Takengon : Masjid Agung Ruhama Takengon

Di Takengon kamu juga bisa melihat sebuah masjid megah yang indah bernama Masjid Ruhama Takengon. Tempat wisata di Takengon Aceh ini bisa menampung hingga sekitar 2000 jemaah. Salah satu daya tarik dari Mesjid Ruhama Takengon sendiri adalah kubah emasnya dan ornament lukisan khas Gayo. Tidak heran mengapa masjid Ruhama Takengon menjadi salah satu tempat ibadah kebanggaan masyarakat Takengon. Suasananya yang cenderung tenang pun menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk beribadah.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Takengon yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke sini? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s