Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan menarik saja. Indonesia, juga memiliki kenakeragaman budaya yang unik di setiap daerahnya. Keunikan budaya di setiap daerah tersebut pun juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Tidak jarang tradisi kebudayaan tersebut pun dibalut menjadi sebuah festival yang digelar dengan semarak di berbagai daerah. Sebagai rekomendasi, untuk kamu yang ingin liburan di Indonesia akhir tahun ini,  berikut RedDoorz akan bahas mengenai festival budaya bulan November di Indonesia yang menarik untuk kamu kunjungi.

Ya’ahowu Nias Festival

Festival-Budaya-bulan-November-di-Indonesia
Festival Budaya bulan November di Indonesia : Ya’ahowu Nias Festival

Jika kamu ingin melihat keunikan budaya serta atraksi di Sumatera Utara, Ya’ahowu Nias Festival menjadi acara yang tepat untuk kamu lihat. Diselenggarakan dari tanggal 16 hingga 20 November 2018, Ya’ahowu Nias Festival merupakan sebuah acara yang berisikan atraksi budaya langka dan berbagai tradisi yang ada di Kepulauan Nias. Sebut saja salah satu atraksi menarik seperti lompat batu yang disebut Fahombo dan permainan rakyat seperti tari perang dan rago Ue. Biasanya Ya’ahowu Nias Festival diselenggarakan di Telukdalam, Nias Selatan. Selain itu, karena bulan ini di Nias sedang musim durian kamu pun bisa dengan bebas menikmati lezatnya durian khas Nias.

Borobudur Writer and Culture Festival

Festival-budaya-pada-bulan-November-di-Indonesia
Festival budaya pada bulan November di Indonesia : Borobudur Writer and Culture Festival

Sedangkan, untuk kamu yang berencana untuk liburan ke Magelang pada akhir November, ada satu acara menarik yang bisa kamu kunjungi bernama Borobudur Writer and Culture Festival. Diselenggarakan pada tanggal 23 hingga 25 November 2018, acara tersebut merupakan sebuah ajang pertemuan bagai banyak penulis, budayawan, seniman peneliti hingga para wisatawan dari berbagai macam negara. Borobudur Writer and Culture Festival sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2010 lalu. Pada tahun tersebut, tema yang diangkat merupakan mahakarya Borobudur dan masyarakat yang ada di sekitarnya. Tidak hanya ajang untuk networking saja, pada festival budaya ini juga diselenggarakan sebuah penganugerahan Sang Hyang Kamahayanikan Award bagi para peneliti nasional dan Internasional. Selain itu, pada Borobudur Writer and Culture Festival juga diselenggarakan sebuah lokakarya kreatif bagi para pengrajin dan perhelatan seni kontemporer.

Festival Pagaruyung

Festival-budaya-pada-Bulan-November-di-Indonesia
Festival budaya pada Bulan November di Indonesia : Festival Pagaruyung

Akhir November juga dihiasi dengan penyelenggaraan Festival Pagaruyung yang berlangsung pada tanggal 29 November hingga 2 Desember mendatang. Berlokasi di Istana Pagaruyung, Sumatera Barat, Festival Pagaruyung sendiri merupakan sebuah acara yang terdiri dari berbagai macam pameran matrilineal, pacu jawi, paco kudo, karnaval, tari kolosal, pemutaran film Minangkabau, hingga pertunjunkan tari kolosal. Selain itu, di sini juga diselenggarakan Festival Randai yang berisikan tradisi makan bajamba, debus, keroncong minang, seminar budaya, pertunjunkan silat hingga dialog interaktif tentang adat budaya.

Festival Budaya Cirebon

Festival-Budaya-pada-Bulan-November-di-Indonesia
Festival Budaya pada Bulan November di Indonesia : Festibal Cirebon

Sedangkan, untuk kamu yang berkunjung ke Cirebon pada akhir November nanti yaitu antara tanggal 21 hingga 28 November 2018 bisa melihat Festival Budaya Cirebon. Pada tahun 2018 ini, FBC akan mengangkat tema mengenai Kerata Pakasi Naga Lima yang mejadi simbol jayanya kerajaan Cirebon. Munculnya gagasan untuk mengangkat tema ini pada Festival Budaya Cirebona 2018 adalah perpaduan tiga jenis hewan yaitu, Paksi berupa burung yang menjadi simbol budaya islam, Naga yang merupakan wakil budaya Cina serta Liman yang mejadi ciri khas budaya India. Pada acara tersebut kamu tidak hanya akan melihat pagelaran adat budaya serta tradisi keraton saja, tetapi juga fashion yang bertema budaya lokal.

Jogja International Haritage Walk

Festival-budaya-pada-bulan-November-di-Indonesia
Festival budaya pada bulan November di Indonesia : Jogja International Haritage Walk

Jalan-jalan ke Jogja kamu juga bisa melakukan napak tilas kebudayaan dengan ikut Jogja International Heritage Walk yang berlangsung pada 17 hingga 18 November 2018. Acara ini nantinya akan diselenggarakan di Candi Imogiri dan Candi Prambanan. Adapun konsep dari Jogja International Heritage Walk adalah menggabungkan Antara kesehatan kesadaran lingkungan, pendidikan dan ekonomi. Tidak hanya sekedar jalan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Jogja saja, pada acara tersebut juga akan diselengggarakan acara seru lainnya seperti umbrella painting, coloring, family fun walk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Festival Tanjung Kelayang

festival-budaya-pada-bulan-November-di-Indonesia
festival budaya pada bulan November di Indonesia : Festival Tanjung Kelayang

Bangka Belitung juga memilki festival sendiri bertajuk Festival Tanjung Kelayang. Acara ini akan diselenggarkan pada tanggal 15 hingga 19 November 2018. Pada festival tersebut juga terdapat berbagai macam acara, seperti kuliner, lomba foto, vlog, layang-layang dan masih banyak lagi lainnya. Adapun tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk mempopulerkan Tajun Kelayang sebagai ikon pariwisata di Bangka Belitung.

Itulah beberapa informasi mengenai festival budaya bulan November di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri pernah ikut festival yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s