Bulukumba sendiri merupakan sebuah provinsi yang terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di antara Gowa dan Bone. Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau daerah ini memilki keindahan alam luar biasa yang sangat potensial untuk berwisata. Jika pernah berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, sempatkan juga untuk berkunjung ke Bulukumba. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata menarik, mulai dari pantai, gua, pulau hingga tebing-tebing menjulang di pinggir pantai. Sebagai referensi, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Bulukumba yang menarik untuk kamu kunjungi.

Pantai Bira

Tempat-wisata-di-Bulukumba
Tempat wisata di Bulukumba : Tanjung BIra

Tidak hanya pantai di Bali saja yang memilki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur ke sana. Bulukumba pun memiliki beberapa tempat wisata menarik berupa pantai yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Pantai Bira. Keindahan Pantai Bira sendiri bisa kamu tengok dari kejernihan airnya dan pasir putihnya yang masih sangat asri. Inilah mengapa kegiatan paling seru yang bisa kamu lakukan di sini adalah snorkelling dan diving. Jadi saat berkunjung ke Bulukumba, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Bira yang berlokasi di Kecamatan Bontobahari!

Pantai Ujung Tiro

Tempat-wisata-di-Bulukumba
Tempat wisata di Bulukumba : Pantai Ujung Tirto

Sepertinya beberapa tempat wisata di Bulukumba memang memilki beberapa karakteristik mirip dengan Bali. Salah satu tempat wisata di Bulukumba yang mirip dengan Bali adalah Pantai Ujung Tirto yang serupa dengan Tanah Lot. Berkunjung ke sini kamu akan melihat pantai dengan air laut  yang jernih dilengkapi dengan tebing batu disekitarnya. Di sini pun para wisatawan diperbolehkan melakukan berbagai kegiatan seperti snorkelling, memancing atau sekedar berswafoto.

Tebing Appalarang

Tempat-Wisata-di-Bulukumba
Tempat Wisata di Bulukumba : Tebing Appalarang

Tidak hanya pantai berpasir putih saja yang bisa kamu lihat di Bulukumba, tetapi juga keeksotisan alam berupa jajaeran tebing-tebing curam. Salah satu lokasi yang memiliki keindahan tersebut di Bulukumba adalah Tebing Appalarang. Di sini kamu bisa melihat keindahan berupa deretan tebing tinggi yang memecah deburan ombak. Pemandangan di sini sangat spektakuler apalagi saat kamu melihatnya dari puncak tebing. Selain itu, kamu pun bisa melakukan beberapa kegiatan menarik, seperti halnya cliff jumping hingga snorkelling.

Pantai Bara

Tempat-Wisata-di-Bulukumba
Tempat Wisata di Bulukumba : Pantai Bara

Ada Pantai Tanjung Bira ada juga Pantai Bara. Berlokasi di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, Pantai Bara berada di tempat terpencil. Inilah mengapa Pantai Bara sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati keheningan dan suasana tenang. Pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang berlibur di sini. Selain itu, kondisi di Pantai Bara juga berbeda dengan pantai lainnya karena terisolasi dengan tertutup karang disekitarnya. Untuk sampai ke sana kamu bisa naik kapal nelayan.

Pantai Samboang

Tempat-wisata-di-Bulukumba
Tempat wisata di Bulukumba : Pantai Samboang

Bulukumba memang terletak di pesisir pulau sehingga tidak heran saat berkunjung kamu akan menemukan banyak sekali tempat wisata berupa pantai. Pantai berikutnya yang bisa jadi alternative tempat wisata di Bulukumba adalah Pantai Samboang. Ada pun kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Samboang , seperti halnya memancing. Tidak hanya pantainya saja yang menarik untuk kamu lihat. Keindahan bawah laut Pantai Samboang juga tidak boleh untuk kamu lewatkan. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam spesies bawah laut dan terumbu karang yang masih sangat terjaga keasriannya hingga sekarang. Masuk ke pantai ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 1500 untuk orang dewasa dan Rp 1000 untuk anak-anak.

Gua Passohara

Tempat wisata di Bulukumba
Tempat wisata di Bulukumba : Gua Passohara

Jika mungkin kamu ingin mengunjungi tempat wisata selain pantai, Gua Passohara menjadi tujuan wisata yang sangat direkomendasikan. Gua Passohara sendiri berada di sekitar Pantai Mandala, tepatnya di Desa Lembanna. Untuk sampai ke sini, medan yang harus kamu tempuh cukup terjal karena terdiri dari bebatuan licin dengan kedalaman hingga 30 meter. Di bagian ujung gua kamu akan melihat sebuah sumber mata air yang berumur ratusan tahun dan sering digunakan oleh warga sekitar sana. Saat berkunjung ke sini kamu harus membawa senter sendiri karena pencahayaan yang masih sangat minim dan belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tetapi, percayalah setelah kamu sampai ke Gua Passohara, semua perjalananmu akan terbayar.

Pantai Pusahelu

Tempat-wisata-di-Bulukumba
Tempat wisata di Bulukumba : Pantai Pusahelu

Saat kamu berkunjung Pantai Bara, jangan lupa juga untuk berkunjung juga ke Pantai Pusahelu. Hal ini karena lokasi dari Pantai Pusahelu sendiri berada tepat di belakang Pantai Bara. Hampir mirip dengan pantai lain yang ada di Bulukumba, air laut di Pantai Pusahelu pun masih sangat jernih. Tidak hanya itu, keindahan pantai pasir putih serta jajaran karang yang ada di sekitar pantai pun menjadi daya tarik Pantai Pusahelu. Kondisi pantai ini juga termasuk sepi sehingga keadaan di sekitarnya masih sangat asri dan bebas dari sampah.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Bulukumban yang menarik untuk kamu kunjugi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Bulukumba? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s