Punya hobi traveling memang menyenangkan! Kamu bisa berkeliling banyak tempat dan melihat banyak tempat dan melihat hal-hal baru. Tetapi, saat liburan kondisi fisik harus bugar agar kamu bisa menikmati perjalanan tentunya. Bagaimana nih kalau kebetulan kamu sedang hamil? Apakah hal ini menjadi hambatan? Jangan dong yah. Nah, agar liburan kamu tetap terasa menyenangkan meski sedang berbadan dua, ada hal-hal yang tetap harus kamu perhatikan nih. Berikut RedDoorz akan bahas mengenai tips liburan saat hamil untuk kamu calon ibu yang hobi jalan-jalan!

Konsultasi ke Dokter

Tips-Liburan-saat-Hamil
Tips Liburan saat Hamil: Konsultasi dengan dokter

Sebelum melakukan perjalanan terutama dalam waktu yang cukup lama sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.  Jika memang dokter menyatakan kondisi kandungan kamu sehat dan aman untuk bepergian, kamu dan pasangan pun bisa liburan dengan tenang. Jangan lupa juga untuk menanyakan juga resiko apa saja yang akan kamu hadapi selama perjalanan liburan nanti. Tanyakan keperluan apa saja, terutama obat-obatan yang perlu kamu bawa. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah minta surat keterangan sehat dari dokter agar nantinya bisa kamu gunakan saat check in di bandara jika kamu akan bepergian menggunakan pesawat.

Pergilah Saat Trimester Kedua

hamil2
Tips Liburan saat Hamil : Pergi pada trimester kedua

Jika kamu memang untuk berencana untuk liburan selama hamil lakukanlah pada trimester kedua. Pada waktu tersebut, kondisi janin biasanya sudah cukup kuat. Pada trimester ketiga biasanya sang ibu sudah melalui masa morning sick sehingga kondisi kehamilan pada masa ini akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, hindari waktu-waktu seperti saat trimester ketiga karena pada masa tersebut rawan melahirkan. Biasanya pada masa tersebut keluhan kehamilan juga cukup sering terjadi sehingga bisa saja liburan kamu tidak menjadi tidak nyaman.

Pilih Tempat Menginap yang Bersih dan Nyaman

Tips Liburan saat Hamil
Tips Liburan saat Hamil : RedDoorz Premium

Saat hamil juga sangat penting untuk terus menjaga kebersihan. Hal tersebut tentunya dilakukan agar sang ibu dan janin tidak terkena penyakit. Karena itulah sangat penting juga untuk memilih penginapan yang bersih dan juga nyaman bagi ibu hamil selama liburan. Salah satu akomodasi yang menawarkan tempat menginap yang nyaman dan bersih adalah RedDoorz. Dengan enam garansi servis yang ditawarkan, seperti linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, air mineral, wifi gratis, perlengkapan mandi dan televisi satelit kamu bisa liburan dengan nyaman dan pastinya aman bagi ibu hamil.

Tujuan Bebas dari Penyakit Endemik

Tips liburan saat hamil
Tips liburan saat hamil : tujuan wisata

Hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan saat babymoon adalah tujuan wisatanya! Pastikan kalau destinasi yang kamu pilih adalah daerah yang aman dari segala macam penyakit endemik. Kondisi ibu hamil sangat rawan untuk terinfeksi oleh penyakit karena itu lebih selektiflah untuk memilih tujuan wisata. Sebagai tindakan pencegahan agar tidak terinfeksi penyakit selama liburan, kamu juga bisa meminta vaksin tertentu kepada dokter. Cara preventif  tersebut akan menjaga kondisi ibu dan janin tetap sehat selama di perjalanan nantinya.

Pilih Destinasi Domestik

Tips liburan saat hamil
Tips liburan saat hamil : domestik

Kondisi Ibu yang sedang hamil tentunya akan berbeda dengan orang kebanyakan. Cepat lelah dan harus lebih banyak beristirahat menjadi pertimbangan untuk memilih destinasi berlibur yang lebih mudah dijangkau, seperti halnya dalam negeri atau dosmetik. Waktu perjalanan yang cenderung lebih singkat juga bisa membuat tenaga kamu tidak terkuras diperjalanan. Kamu pun bisa lebih banyak menghabiskan waktu di tempat wisata dengan kondisi yang fit pastinya!

Pilih Jaur Darat

Tips-Liburan-saat-Hamil
Tips Liburan saat Hamil: Menggunakan Jalur Darat

Pemilihan moda transportasi apa yang akan kamu gunakan saat liburan juga perlu dipertimbangkan. Selama hamil sebaiknya kamu menghindari moda transportasi, seperti kapal laut dan pesawat terbang. Meski dengan pesawat terbang, misalnya waktu kepergian akan relatif lebih cepat, namun cukup beresiko untuk kandunganmu. Kemudian jika kamu menggunakan kapal laut, waktu perjalanannya akan menjadi sangat lama dan cukup  melelahkan untuk kondisi ibu hamil. Bepergian dengan moda transportasi darat memberikanmu banyak waktu selama diperjalanan untuk beristirahat. Jika kamu mual atau ingin buang air kecil akan lebih mudah untuk berhenti sejenak mencari tempat peristirahatan.

Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

tips liburan saat hamil
tips liburan saat hamil : gunakan sepatu lah raga

Selama liburan nanti pastinya kamu akan berjalan lebih banyak untuk ke beberapa tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Inilah mengapa sangat penting untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Jangan menggunakan sepatu yang hanya akan membuat kaki kamu bertambah pegal selama berkeliling, seperti sepatu hak tinggi. Pilihlah sepatu-sepatu yang tidak terlalu tinggi atau pun flat shoes. Agar lebih nyaman, kamu bahkan bisa sekali untuk menggunakan sepatu olah raga yang memiliki kontur kaki.

Bawa Perbekalan yang Cukup

Tips liburan saat hamil
Tips liburan saat hamil : membawa snack sehat

Selama perjalanan pergi maupun pulang, bawalah camilan yang cukup! kamu bisa membawa makanan sehat seperti halnya buah-buahan seperti pisang, apel, biskut, susu atau lainnya. Jangan lupa juga untuk membawa air mineral yang cukup. Bawalah botol kemana pun kamu pergi agar terhindar dari dehidrasi.

Itulah beberapa tips liburan saat hamil yang bisa  jadi panduan untuk kamu. Kalau kamu sendiri apa pernah melakukan Babymoon saat hamil? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s