Sebagai sebuah kota besar Jakarta tidak hanya terdiri dari gedung perkantoran atau pemukiman warga saja. Jika mungkin alternatif tempat wisata warga Jakarta lebih banyak ke pusat perbelanjaan, seperti mall atau pun tempat makan, akhir-akhir ini Jakarta sudah memiliki cukup banyak tempat wisata alam. Sebut saja taman-taman kota hingga area konservasi alam yang memang ditujukan untuk pelestarian dan juga ruang hijau terbuka. Tidak sekedar untuk penghijauan saja, taman dan area konservasi ini juga didesain untuk memenuhi kebutuhan wisata warga kotanya. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata alam di Jakarta dan sekitarnya yang menarik untuk kamu kunjungi.

Setu Babakan

Tempat wisata alam di Jakarta
Tempat wisata alam di Jakarta : Setu Babakan

Jika kamu pernah main ke kawasan Jakarta Selatan khususnya daerah Jagakarsa, mampirlah ke Setu Babakan. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah daerah konservasi budaya Betawi yang dibuat layaknya daerah perkampungan tempo dulu. Dinamakan Setu Babakan karena daya tarik tempat ini memang danau yang berada di tengah-tengah perkampungan. Diresmikan pada tahun 2004 oleh Gubernur Jakarta pada saat itu Sutiyiso, kamu bisa menemukan banyak hal berkaitan dengan budaya Betawi mulai dari makanan hingga berbagai atraksi budaya. Sebut saja saja makanan tradisional seperti Laksa Betawi, Bir Pletok, Toge Goreng, Geplak bisa kamu temukan di sini. Untuk masuk ke area Setu Babakannya sendiri kamu tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir. Kemudian, untuk jam bukanya sendiri yaitu mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00.

Taman Wisata Alam Angke

Taman Wisata alam di Jakarta
Taman Wisata alam di Jakarta : Taman Hutan Mangrove

Tempat wisata Alam di Jakarta berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Wisata Alam Angke. Area seluas 99,82 hektar ini sangat cocok untuk kamu yang ingin relaksasi dan menikmati pemandangan hijau. Di sepanjang area tersebut kamu akan melihat tumbuhan mangrove yang memang ditanam untuk penghijauan dan berfungsi untuk menahan abrasi laut. Lebih dari sekedar area penghijauan, di taman wisata alam angke kamu juga bisa menemukan banyak fasilitas rekreasi khususnya untuk keluarga dan pasangan, seperti tempat camping, kandang satwa, perahu dayung, kantin dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa datang ke taman wisata alam angke mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00. Sedangkan, untuk harga tiketnya sendiri hanya sekitar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Taman Cattleya

Taman Wisata Alam di Jakarta
Taman Wisata Alam di Jakarta : Taman Cattleya

Taman Cattleya juga bisa masuk ke dalam daftar tempat wisata alam di Jakarta yang menarik untuk kamu kunjungi. Area hijau yang satu ini merupakan salah satu taman di daerah Jakarta Barat tepatnya di perempatan Tomang menuju Tol Kebon Jeruk. Di atas area seluas tiga hektar, kamu akan melihat banyak sekali berbagai jenis tanaman serta pohon yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Banyak orang memanfaatkan Taman Cattleya sebagai tempat untuk berolah raga atau sekedar melepas penat. Untuk masuk ke area taman pun kamu tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis!

Pulau Sepa

Tempat Wisata Alam di Jakarta
Tempat Wisata Alam di Jakarta : Pulau Sepa

Masih masuk ke dalam area Jakarta, Pulau Sepa juga jadi tempat wisata alam favorit yang cukup direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Untuk mencapai lokasi ini dari Jakarta kamu hanya perlu menempuh perjalanan sebesar 90 menit saja dari Ancol. Keindahan dari pulau yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dan ingin melihat pemandangan cantik. Pasir putih dan air laut yang bersih menjadi salah satu daya tarik dari Pulau Sepa yang bisa kamu lihat. Selama di sini, kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik, seperti snorkelling, diving hingga memancing. Suasananya yang cenderung tenang juga menjadikan Pulau Sepa untuk kamu yang ingin berisitirahat dari kepenatan ibu kota.

Telaga Biru Cisoka Tangerang

Tempat Wisata Alam di Jakarta
Tempat Wisata Alam di Jakarta : Telaga Biru Cisoka

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di Jakarta ada satu telaga cantik yang menarik untuk kamu kunjungi yaitu Telaga Biru Cisoka Tangerang. Keindahan pemandangan yang ada ini mungkin membuat kamu tidak percaya kalau telaga tersebut berada di Jakarta. Untuk menyusuri keindahan telaga para pengunjung diperbolehkan untuk berkeliling menggunakan sampan atau pun floating pod. Kamu pun bisa berfoto di spot berupa lambang love yang berada di tengah danau. Hal menarik lainnya yang bisa kamu saksikan di sini yaitu perubahan warna dari danau yang sewaktu-waktu bisa menjadi biru dan hijau. Hal tersebut terjadi karena adanya ekosistem alga ganggang di dalam danau. Kamu bisa datang ke tempat wisata ini mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00.

Pantai Festival

Taman Wisata Alam di Jakarta
Taman Wisata Alam di Jakarta : Pantai Festival

Pemandangan berupa pantai cantik juga bisa kamu temukan di Pantai Festival Ancol. Selain menyajikan pemandangan cantik, lokasi dari Pantai Festival juga cukup mudah untuk dijangkau. Di sini kamu bisa melihat keindahan pantai Jakarta dari dermaga kayunya. Tidak jarang tempat ini juga sering dijadikan tempat untuk berfoto karena desainnya yang unik. Tidak jarang, Pantai Festival juga digunakan sebagai tempat jogging atau bersepeda. Kamu juga bisa menjelajahi area sekitar pantai dengan menggunakan perahu.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata alam di Jakarta dan sekitarnya yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri lebih suka keman nih kalau keliling Jakarta? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s