Jika kamu ke Pekalongan pasti yang terpikir adalah Batiknya. Tetapi, tahukah kamu kalau daerah ini juga memiliki berbagai macam makanan daerah yang beraneka ragam. Mulai dari soto, hingga kopi ada loh di kota Pekalongan. Cita rasa masakannya yang beraneka ragam juga menjadikan makanan khas Pekalongan menarik untuk kamu coba.  Untuk kamu yang berwisata kuliner di Pekalongan berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas Pekalongan yang menarik untuk kamu coba.

Nasi Menggono

Makanan khas Pekalongan
Makanan khas Pekalongan : Nasi Menggono

Salah satu makanan yang paling identik di Pekalongan adalah Nasi Menggono. Bisa dibilang kalau sajian nasi menggono mirip dengan nasi liwet di Solo. Untuk isiannya sendiri makanan khas Pekalongan ini dicampur dengan beberapa lauk lainnya, seperti orek tempe, sayur lodeh, daging dan telur balado. Tidak jarang ada tambahan lauk lain sebagai pelengkap sajian nasi menggono yaitu seperti tempe kemul, tempe mendoan, ikan asin hingga sambal terasi. Kamu bisa menemukan dengan mudah menu Nasi Menggono di banyak tempat mulai dari kedai kaki lima hingga restoran.

Soto Tauto 

Makanan khas Pekalongan
Makanan khas Pekalongan : Soto Tauto

Untuk kamu yang suka dengan kuliner soto ada satu soto khas Pekalongan yang lezat untuk kamu coba yaitu Soto Tauto. Hal yang membedakan antara soto tauto dengan soto lainnya adalah penggunaan tauco pada sotonya sehingga menjadikan rasa dari soto ini menjadi lebih gurih dan terasa agak manis pedas. Untuk isiannya sendiri soto tauto terdiri dari berbagai bahan mulai dari telur rebus, brisket bambu, bihun, hingga telur rebus. Tambahan lainnya dari Soto Tauto diantaranya bawang goreng, seledri hingga air jeruk nipis. Untuk kamu yang ingin menambah menu lainnya bisa menambah sate usus atau pun kulit ayam.

Garang Asam

Makanan khas Pekalongan
Makanan khas Pekalongan : Garang Asem

Kuliner berkuah dengan cita rasa asam juga bisa kamu coba dengan mencicipi Garang Asam. Kuliner yang satu ini terdiri dari tetelan daging sapi yang dimasak dengan campuran tomat. Tidak jarang isian dari Garang Asam ditambah dengan bahan lainnya seperti telur dan jeroan. Biasanya Garang Asam disantap dengan nasi putih hangat sehingga bisa lebih mengenyangkan. Namun, perlu diingat kalau garang asem di pekalongan berbeda dengan garang asem di Jogja karena bentuknya penyajiannya pun berbeda.

Pindang Tetel

pindang tetel

Kuliner lainnya yang tidak kalah lezat adalah Pindang Tetel. Meski mirip dengan soto, pindang tetel ini berbeda karena soto kebanyakan karena menggunakan bumbu pucung sehingga kuahnya berwarna hitam. Untuk bumbunya sendiri, pindang tetel terdiri dari merica, garam, terasi, ketumbar, bawang merah, dan bawang putih. Selain merupakan masakan rumahan yang sering disajikan oleh banyak keluarga, kamu juga bisa menemukan dengan mudah pindang tetel di banyak penjual makanan di seluruh penjuru kota Pekalongan. Biasanya untuk satu porsi pindang tetel dijual dengan harga Rp 6000 saja, tergantung dari porsi yang kamu pesan.

Kluban Bothok

62045-botok2bkluban

Bisa dibilang kalau kuliner yang satu ini mirip dengan urap dari Sunda. Untuk bahan-bahannya sendiri kluban bothok terdiri dari kol, toge, kacang panjang, kangkung, yang dicampur dengan bumbu berupa parutan kelapa dan tambahan kencur. Di Pekalongan sendiri biasanya kluban bothok disajikan setelah maghrib atau pada saat lebaran.

Kopi Tahlil

Masakan khas Pekalongan
Masakan khas Pekalongan : Kopi Tahlil

Pekalongan juga memiliki sajian kopinya sendiri yaitu kopi tahlil. Tidak hanya sekedar kopi hitam saja, sajian kopi tahlil ini terdiri dari berbagai macam rempah, seperti kapulaga, kayu manis, pandan, pala, serai, hingga jahe. Biasanya kopi ini dinikmati dengan ketan untuk menghangatkan diri. Kamu bisa menemukan kopi tahlil di warung-warung kopi yang berlokasi di pinggir jalan Dr. Sutomo dengan alas tikar sambil duduk lesehan.

Mi So

Makanan Khas Pekalongan
Makanan Khas Pekalongan : Mi So

Sedangkan, untuk kamu yang mau kuliner segar berkuah dengan sajian mie bisa mencicipi Mi So. Makanan khas Pekalongan ini terdiri dari berbagai macam bahan seperti kerupuk pasir, kulit melinjo, mie kuning, kbaksi, keripik tempe, dengkil sapi dan tambahan daun bawang. Kamu bisa menemukan sajian Mi So ini di daerah Krapyak. Selain itu, Mi So juga sangat mudah untuk ditemukan di mana-mana karena banyak masyarakat Pekalongan sering memasak Mi So.

Longtong Lemprak

lontong lemprak

Pekalongan juga memiliki lontong khasnya sendiri yaitu lontong lemprak. Satu porsi lontong lemprak biasanya disajiakn komplit terdiri dari lontong, opor ayam telur dan tahu. Pada resep aslinya lontong lemprak biasanya menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama opornya, tetapi penggunaan jenis ayam tertentu tentunya tergantung dari selera. Dinamakan lemprak sendiri karena kebanyakan pengunjung yang makan menikmati lontong ini dengan cara ngelamprak atau lesehan.

Itulah beberapa informasi mengenai Makanan khas Pekalongan yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa kalau ke pekalongan? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s