Kuliner di Bandung memang sangat beraneka ragam, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti jajanannya. Di Bandung sendiri kamu bisa menemukan dengan mudah jajanan khas Bandung dimana pun, mulai dari kaki lima hingga hingga restoran. Harga dari jajanan-jajanan tersebut juga sangat beragam dan kebanyakan dari jajanan tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahas mengenai jajanan khas Bandung.

Basreng

Jajanan Khas Bandung
Jajanan Khas Bandung : Basreng

Nama Basreng sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari bakso goreng. Inilah mengapa kudapan yang satu ini bentuknya mirip dengan keripik kering. Selain itu, bumbu yang disajikan dalam basreng juga bermacam-macam mulai dari yang gurih saja, asin, hingga pedas. Biasanya basreng dimakan secara langsung sebagai camilan. Tetapi, tidak jarang juga kudapan yang satu ini menjadi pendamping makanan berat sebagai pengganti kerupuk. Kamu pun bisa menemukan basreng di banyak toko makanan mulai dari warung hingga pasar swalayan.

Cilor

Jajanan khas Bandung
Jajanan khas Bandung : Cilor

Makanan dengan bahan dasar aci atau sagu memang banyak sekali di Bandung, salah satunya cilor. Sesuai dengan namanya, cilor merupakan kepanjangan dari aci telor yaitu aci yang dicampur dengan telor. Cilor bisa disajikan dengan beragai bentuk mulai dari  sate, hingga yang mirip nasi atau pilus. Biasanya untuk menambah rasa, cilor diolah dengan bumbu gurih, keju hingga bubuk cabai. Kamu bisa menemukan cilor di banyak pedagang kaki lima di sekitar Bandung.

Seblak

Jajanan Khas Bandung
Jajanan Khas Bandung : Seblak

Kudapan aci lainnya yang bisa dibilang cukup mengenyangkan adalah seblak. Makanan yang satu ini merupakan olahan yang terdiri dari kerupuk, bakso, ceker, sosis dan juga campuran daun bawang. Untuk rasanya sendiri biasanya seblak disajikan dengan bumbu yang sangat pedas. Tetapi tenang saja, semua bisa kamu pesan sesuai dengan selera. Biasanya kedai makanan yang menjual seblak menyajikan menu ini dengan level tertentu dari yang sedikit pedas hingga yang paling pedas.

Cimol

Jajanan Khas Bandung
Jajanan Khas Bandung : Cimol

Berikutnya, kamu bisa mencoba Cimol sebagai salah satu jajanan khas Bandung yang menarik untuk kamu coba. Kudapan yang satu ini berbentuk bulat-bulat dan dimasak dengan cara digoreng. Setelahnya, ditambah bumbu cabe atau gurih keju untuk menambah cita rasa. Kamu bisa menemukan dengan mudah cimol di banyak pedagang kaki lima.

Bandros

Jajanan khas Bandung
Jajanan khas Bandung : Bandros

 

Mungkin kamu suka keliru antara bandros dengan kue pancong. Tetapi kedua kue tersebut merupakan makanan dengan bahan yang berbeda. Jika kue pancong berbahan dasar tepung terigu dan tepung beras. Bandros merupakan makanan yang berbahan dasar kelapa  dan tepung beras. Untuk jenis kue bandros klasik biasanya hanya disajikan dengan gula pasir. Tetapi, sekarang ini seiring berjalannya waktu bandros juga disajikan dengan berbagai macam topping  mulai dari bandros manis dan bandros asin. Topping bandros asin biasanya disajikan dengan kornet, telur, oncom, ayam dan masih banyak lagi. Sedangkan, untuk bandros manis di sajikan dengan rasa cokelat, keju, hingga pisang susu.

Colenak

Jajanan Khas Bandung
Jajanan Khas Bandung : Colenak

Kudapan yang satu ini mungkin menjadi salah satu yang paling klasik. Berbahan dasar peyeum atau tape Bandung, nama colenak sendiri berasal dari kata dicocol enak. Tape atau peyeum colenak ini sebenarnya diolah dengan cara dibakar untuk kemudian disajikan dengan gula jawa dan ditambahkan dengan parutan kelapa. Menarik sekali bukan, rasa dari makanan ini memang sangat gurih dan enak. Kamu bisa menemukan colenak dibanyak tempat tempat di Bandung saat kamu jalan-jalan di sana.

Batagor

Jajanan khas Bandung
Jajanan khas Bandung : Batagor

Batagor sendiri mungkin menjadi makanan yang sangat dicari oleh banyak orang saat ke Bandung. Kudapan yang satu ini merupakan merupakan olahan sagu yang digoreng dengan kulit pangsit. Batagor sendiri biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan saus. Berbeda dengan olahan aci lainnya, batagor dicampurkan dengan bahan ikan tenggiri sehingga menjadikannya tersa gurih.

Tahu Susu Lembang

Jajanan khas Bandung
Jajanan khas Bandung : Tahu Susu

Ada lagi kuliner lezat lainnya yang bisa kamu coba saat ke Bandung yaitu tahu susu Lembang. Berbeda dengan tahu kebanyakan, tahu susu terasa lebih gurih, lembut dan isinya lebih padat dibandingkan dengan tahu pada umumnya. Hal ini karena pada olahan tahu tersebut dicampurkan juga susu di dalamnya. Untuk harganya juga sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja untuk 10 tahu. Harga tersebut juga tergantung dari tempat atau toko di mana kamu membelinya.

Bakso Aci

Jajanan Khas Bandung
Jajanan Khas Bandung : Bakso Aci

Kuilner aci berikutnya yang sedang naik daun adalah bakso aci. Jajanan khas Bandung ini merupakan bakso yang tidak memiliki campuran daging di dalamnya seperti bakso kebanyakan. Tidak jarang bakso aci tersebut disajikan dengan bumbu kacang, tetapi juga dengan kuah pedas seperti layaknya bakso pada umumnya. Kamu bisa menemukan bakso aci dengan mudah dibanyak tempat di Bandung. Tidak hanya itu, sekarang ini juga banyak orang yang menjual bakso aci instan sehingga kamu bisa membuatnya dengan cara yang lebih praktis.

Itulah beberapa Informasi mengenai jajanan khas Bandung yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka jajan apa nih kalau ke Bandung? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s