Untuk kamu yang ingin liburan ke Jogja, ada banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di kota pelajar ini. Mulai dari tempat wisata alam, hingga tempat wisata bersejarah bisa kamu temukan hampir setiap sudut kota. Yup! Untuk kamu yang ingin lebih mengenal sejarah Indonesia bisa dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata di Yogyakarta. Sebagai referensi, berikut RedDoorz akan mengulas mengenai wisata bersejarah di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

Benteng Vredenburg

Tempat wisata bersejarah di Jogja
Tempat wisata bersejarah di Jogja : Benteng Vrendenburg

Salah satu tempat bersejarah di Jogja yang bisa kamu kunjungi adalah Benteng Vredenburg. Tidak hanya sekedar bangunan saja, Benteng Vredenburg merupakan sebuah museum yang berisikan perjuangan nasional Indonesia. Di dalam museum, kamu bisa melihat diorama-diorama yang menggambarkan perjuangan warga Indonesia sebelum proklamasi. Selain itu, di dalam sini juga terdapat banyak foto dan benda bersejarah serta lukisan. Lokasi dari Benteng Vredenburg berlokasi tidak jauh dari Keraton Yogyakarta dan Jalan Malioboro.

Benteng Vredenburg sendiri dibangun pada tahun 1765 oleh pemerintah Belanda. Dulunya, banteng tersebut digunakan sebagai tempat untuk menahan serangan Keraton Yogyakarta. Untuk jam operasionalnya sendiri Benteng Vredenburg buka mulai dari pukul 07.30 hingga 16.00 pada hari Selasa hingga Jumat. Sedangkan, pada hari senin hingga hari libur nasional museum akan ditutup untuk umum. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000 saja perorangnya.

Kota Gede

Tempat wisata bersejarah di Jogja
Tempat wisata bersejarah di Jogja : Kota Gede

Kota yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu kota penghasil kerajinan perak di Yogyakarta. Tetapi selain itu, Kota Gede juga termasuk ke dalam salah satu wisata bersejarah di Yogjakarta. Dulu Kota Gede sendiri menjadi saksi berdirinya Kerajaan Mataram Islam pada Abad ke 16. Karena itulah, di sini kamu bisa melihat kompleks pemakaman para pendiri kerajaan. Biasanya para wisatawan diperbolehkan untuk datang ke tempat ini mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Selain itu, selama di Kota Gede, kamu juga bisa berkeliling melihat bangunan-bangunan tua jaman Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. Kamu juga bisa mampir ke cagar budaya yang berlokasi di depan komplek makam kerajaan. Di sana, kamu akan melihat banyak rumah tradisional yang masih terawat dengan baik dan masih digunakan sebagai rumah tinggal.

Gedung Agung Yogjakarta

Tempat wisata bersejarah di Jogja
Tempat wisata bersejarah di Jogja : Gedung Agung

Dulu Yogyakarta pernah menjadi ibukota negara, inilah mengapa saat kamu berkunjung ke sini kamu pun bisa menemukan bangunan yang disebut sebagai Istana Negara atau yang lebih dikenal dengan Gedung Agung Yogyakarta. Di bangun pada tahun 1824, Gedung Agung merupakan hasil karya dari seorang arsitek bernama A.A.J. Payen. Orang Jogja sendiri mengenal Gedung Agung sebagai residen karena dulunya tempat tersebut merupakan kediaman dari Gubernur Jogjakarta. Saat berkunjung ke sini kamu bisa melihat berbagai ruangan yang dibangun dalam satu kompleks Gedung Agung, seperti ruang garuda, ruang diponegoro, ruang soedirman, ruang kesenian, gedung sini sono dan wisma negara.

Candi Prambanan

Tempat wisata bersejarah di Jogja
Tempat wisata bersejarah di Jogja : Candi Prambanan

Dari semua tempat wisata bersejarah di Yogjakarta, Candi Prambanan menjadi salah satu yang paling populer. Berlokasi di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo, Candi Prambanan masih berada dalam kompleks wisata prambanan yaitu sekitar 17 km dari Yogyakarta. Salah satu legenda mengenai Roro Jongrang dan Bandung Bondowoso juga menjadikan Candi Prambanan cukup populer di kalangan masyarakat.

Karena temasuk salah satu tempat wisata bersejarah yang harus dilestarikan, candi ini pun sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya. Tidak hanya pada siang hari, kamu juga bisa melihat keindahan Candi Prambanan pada malam hari dimana sering diadakan juga pementasan sendratari, lengkap dengan sorot lampunya yang berwarna-warni. Selain itu, kamu pun bisa belajar sejarah melalui Museum Arkeologi dan Audio Visual yang berada di dalam kompleks Candi Prambanan.

Keraton Jogjakarta

sultan-palace-yogyakarta

Keraton Yogyakarta bisa dibilang sebagai tujuan utama banyak wisatawan yang datang melancong ke Jogja. Dikenal juga dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, keraton yang satu ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sultan Hamengku Buwono. Di sini, kamu bisa melihat berbagai macam koleksi mulai dari lukisan, benda pusaka, hingga perangkat musik jawa tradisional jaman dahulu.

Kamu juga diperbolehkan kok untuk berfoto di dalam area keraton. Tetapi, kamu harus membayar sekitar Rp 1.000 untuk mengambil gambar di sini. Jika kamu berkunjung pada pukul 09.30, kamu bisa melihat pagelaran tari tradisional juga. Sedangkan, untuk harga tiket masuk ke Keraton Yogyakarta kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 7.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.500 untuk wisatawan asing. Di dalam area keraton pun terdapat berbagai fasilitas lengkap mulai dari, tempat makan, tempat ibadah hingga area parkit untuk pengunjung yang membawa kendaraan.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata bersejarah di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana kalau ke Jogja? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s