Tidak melulu mall yang menjadi tempat wisata alternatif di Jakarta. Kamu yang ingin berlibur dengan pemandangan cantik bisa mengunjungi Kepulauan Seribu. Beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu memang sangat worth it untuk kamu kunjungi selama liburan entah itu dalam jangka waktu yang lama atau pun hanya saat akhir pekan saja. Untuk lebih jelasnya berikut RedDoorz akan bahas mengenai Pulau Bidadari. Mau tahu ada apa saja di sana? Yuk simak bersama!

Tentang Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Pulau Bidadari atau yang sering disebut juga sebagai Pulau Sakit dan Pulau Purmerend dulunya berfungsi sebagai pulau penunjang aktivitas dari Pulau Onrust. Karena itu, dibangunlah beberapa sarana di Pulau Bidadari seperti rumah sakit lepra dan kusta pada zaman Belanda dulu. Inilah mengapa pulau ini memiliki nama lain sebagai Pulau Sakit. Kemudian, pulau tersebut pun pernah dihancurkan oleh bangsa Inggirs dan dibangun kembali pada masa penjajahan Belanda. Setelahnya, Pulau Bidadari pun difungsikan sebagai tempat transit bagi calon jemaah haji dan dibangun asrama haji. Sebelum diubah menjadi sebuah tempat wisata, Pulau Bidadari sempat kosong dan tidak memiliki penghuni. Kemudian, setelah tahun 1970 sebuah perusahaan pun membangunnya menjadi sebuah tempat wisata. Kemudian, setelahnya berubah nama menjadi Pulau Bidadari.

Sekarang, tempat ini telah berkembang menjadi sebuah tempat wisata menarik dengan berbagai macam fasilitas lengkap. Peninggalan dari jaman Belanda dulu, menjadi daya tarik sendiri bagi mereka yang ingin liburan di sini. Selain itu, karena lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta banyak warga yang datang ke Pulau Bidadari hanya sehari saja. Biasanya mereka hanya melakukan one day trip, sekaligus mengunjungi pulau lain yang ada di sekitarnya.

Aktivitas Seru di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Selama kamu liburan di Pulau Bidadari ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan, seperti:

Snorkeling atau Diving 

Saat kamu liburan ke Pulau Seribu jangan sampai lewatkan kegiatan seru seperti snorkeling  atau diving. Keindahan bawah laut di Kepulauan Seribu sangat menarik untuk dilihat. Meski dekat dengan Jakarta, perairan di Pulau Seribu masih cukup terjaga dan memiliki ekosistem yang baik, seperti halnya perairan yang ada di sekitar Pulau Bidadari. Kamu yang ke sini dengan travel agent bisa meminjam peralatan snorkeling dan diving dari sana. Sedangkan, untuk kamu yang datang ke sini sendiri bisa menyewa peralatan dari para nelayan yang tinggal di sekitar pulau. Karena perairan di sini masih cenderung jernih jarak pandangnya pun cukup jelas. Kamu bisa melihat berbagai terumbu karang dan banyak biota laut di sekitar sini.

Bersepeda

Jika kamu lelah untuk berjalan kaki untuk berkeliling pulau cobalah untuk menyewa sepeda. Di dalam pulau keadaan lalu lintas tidak akan seramai di perkotaan. Jadi akan sangat aman untuk kamu yang ingin jalan-jalan keliling sambil melihat pemandangan sekitar. Selain menyenangkan kegiatan ini sangat menyehatkan.

Belajar sejarah

Seperti yang diceritakan sebelumnya, kalau Pulau Bidadari sendiri terdapat banyak sekali bangunan yang merupakan peninggalan bangsa Belanda. Inilah mengapa sangat menarik sekali jika kamu berkeliling pulau sambil melihat berbagai bangunan sebut saja seperti Benteng Martello yang dibangun pada masa VOC dulu. Kamu bisa meminta warga setempat untuk memandumu selama berkeliling di Pulau Seribu.

Tips Berkunjung ke Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari

Untuk kamu yang ingin liburan ke Pulau Bidadari ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebelum berkunjung ke sini:

Ajaklah Temanmu

Biasanya ada banyak travel agent yang membuka open trip menuju Pulau Bidadari. Kamu bisa mengajak serta temanmu sebanyak-banyaknya untuk liburan bersama. Hal ini bisa meringankan biaya trip kamu nantinya. Semakin banyak teman yang kamu ajak, maka akan semakin murah juga biaya yang bisa kamu hemat untuk liburan ke sini. Hal ini biasanya terjadi karena hitungan bahan bakar minyak yang digunakan akan dibagi ke lebih banyak orang. Selain lebih murah, liburan bersama-sama juga akan semakin seru bukan?

Gunakan Sunblock

Selama beribur ke Pulau Bidadari, jangan lupa untuk menggunakan sunblock atau tabir surya. Sengatan matahari di pulau atau pantai akan lebih terik dibandingkan dengan perkotaan. Inilah mengapa penggunaan tabir surya terutama saat berenang penting. Hal ini dilakukan untuk menghindari kulit yang terbakar oleh matahari. Dalam kasus terburuknya. Kulit kamu bahkan bisa terkelupas karena terkena sengatan matahari jika tidak menggunakan tabir surya.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Selama berlibur ke kepulauan seribu gunakanlah pakaian yang senyaman mungkin. Baju berbahan kaos dan katun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan selama di sana. Bahan-bahan seperti ini akan lebih menyerap keringat dibandingkan jika kamu menggunakan baju berbahan tebal atau pun lainnya.

Bawa Charger

Meski fasilitas di Pulau Bidadari sudah cukup lengkap, kamu juga harus membawa charger atau pun power bank. Meski sebenarnya listrik di kawasan kepulauan seribu sudah cukup bagus, namun membawa charger dan power bank tetaplah penting. Kamu juga bisa membawa rol kebel untuk berjaga-jaga jika memang sumber listrik di sana terbatas.

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Bidadari yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana nih kalau ke Pulau Seribu? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.