Apa kamu pernah mengunjungi Bangka Belitung? Selain terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang cantik, Bangka juga memiliki banyak kuliner lezat yang sangat terkenal. Sebut saja, makanan seperti mie ayam Bangka dan martabak merupakan makanan tradisional yang sudah sering kamu temui di banyak kota besar. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahas lebih banyak mengenai makanan khas Bangka yang menarik untuk kamu coba.

Pantiauw

Makanan khas Bangka
Makanan khas Bangka : Pantiaw

Olahan mie yang satu ini memang mirip dengan kwetiaw tetapi sebenarnya kedua makanan tersebut terbuat dari bahan yang berbeda. Pantiaw sendiri terbuat dari tepung beras tetapi ada juga yang terbuat dari tepung gandum. Inilah yang menjadikan pantiaw terasa seperti kwetiaw. Pantiaw disajikan dengan ikan sebagai toppingnya. Tidak jarang pantiaw juga disajikan dengan seafood atau daging ayam. Untuk citarasanya sendiri pantiaw lebih terasa manis dan pedas. Sedangkan, untuk kuahnya bening serupa dengan garang asam. Untuk ikan yang digunakan biasanya adalah ikan tenggiri atau ikan parang.

Mie Bangka

Makanan Khas Bangka
Makanan Khas Bangka : Mie Ayam Bangka

Anda pecinta mie ayam pasti tahu olahan mie Bangka. Di Jakarta sendiri sebenarnya makanan yang satu ini mudah sekali untuk kamu temui di banyak tempat. Mie Bangka sendiri sebenarnya merupakan makanan khas Tiongkok atau yang dikenal juga dengan nama Hakka atau Khek. Tidak jarang di tempat asalanya Mie Bangka juga disebut sebagai mien. Di Bangka Mie Bangka tidak hanya disajikan dengan ayam saja tetapi juga dengan daging babi, seafood dan bakso ikan. Tidak jarang Mie Bangka juga dicampurkan dengan tahu kok. Sedangkan untuk sayurannya sendiri, Mie Bangka sering ditambahkan tauge, daun bawang dan sawi.

Berego

Makanan khas Bangka
Makanan khas Bangka : Berego

Jika kamu ingin menikmati makanan unik khas Bangka lainnya bisa mencicipi Berego. Makanan yang satu ini memiliki tampilan mirip dengan lontong yang disiram dengan kuah sayur. Bahan dari Berego sendiri terdiri dari tepung yang dicampur dengan sagu. Kamu bisa menemukan dengan mudah Berego di banyak tempat terutama di pinggir-pinggir jalan di daerah  Bangka Belitung. Berego lebih terasa gurih serta manis dilengkapi dengan siraman kuah ikan. Makanan khas Bangka ini juga cukup special sehingga sering disajikan pada saat acara-acara besar.

Lakse

lakse 2
Makanan khas Bangka : Lakse

Makanan khas Bangka berikutnya memang terinspirasi dari spaghetti. Inilah mengapa bentuk dari Lakse mirip dengan spaghetti. Namun, sebenarnya lakse lebih mirip dengan putu mayang. Bahan dasar dari lakse sendiri terdiri dari santan, sagu dan tepung beras. Untuk kuahnya, bahan yang digunakan terbuat dari ikan tenggiri sama dengan Berego. Seiring berajalan waktu sayangnya lakse mengalami perubahan rasa dan bumbu sehingga agak sedikit berbeda dengan lakse yang dibuat oleh orang-orang terdahulu.

Lempah

Makanan khas Bangka
Makanan khas Bangka : Lempah

Kuliner khas Bangka memang identik dengan seafood terutama ikan, seperti salah satunya Lempah. Untuk bahan utamanya sendiri lempah biasanya dibuat dari berbagai macam bahan utama mulai dari ikan tenggiri, kembung dan ikan bawal. Sedangkan, untuk bumbunya sendiri, lempah biasanya terdiri dari cabai rawit, gula, garam bawang, kunyit, asam, hingga terasi. Inilah mengapa lempah lebih terasa pedas asam. Kamu bisa menikmati makanan khas Bangka dengan nasi putih hangat. Tidak hanya di buat oleh banyak keluarga di Bangka. Lempah juga menjadi menu favorit di banyak restoran di sana. Satu porsi lempah biasanya dihargai dengan Rp 15.000. Tidak jarang, sebagai pelengkap, lempah juga disajikan dengan kembang kunyit, kecipir, terong ungu dan timun.

Kericu

kericu

Kuliner yang satu ini memang cukup unik yakni lebih berupa kudapan atau camilan. Kepanjangan dari nama kericu sendiri merupakan keripik cumi telur. Ini jugalah yang menjadi bahan-bahan untuk membuat kericu sendiri, diantaranya, seperti tepung sagu, telur dan cumi-cumi. Kuricu biasanya dijadikan kudapan. Meski begitu, makanan ini tetap sehat karena menggunakan bahan seafood. Kericu juga sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Bangka.

Martabak 

Makanan khas Bangka
Makanan khas Bangka : Martabak

Siapa yang tidak kenal dan tau rasa Martabak? Yup! Makanan yang satu ini memang berasal dari Bangka. Inilah mengapa kamu akan sering  melihat nama Martabak asli Bangka di banyak gerobak atau kedai yang menjual makanan yang satu ini. Adonan Martabak juga sebenarnya sangat mudah yaitu hanya tepung terigu, telur dan gula pasir. Sedangkan, untuk isiannya sendiri martabak sudah terdiri dari berbagai macam varian mulai dari durian, Nutella, ovomaltine, oreo, jagung dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan, untuk varian rasa klasiknya terdiri dari cokelat keju dan kacang.

Tahu Kok

Makanan khas Bangka
Makanan khas Bangka : Tahu kok

Untuk kamu yang ingin mencoba kuliner segar di tengah cuaca yang dingin seperti sekarang ini, cobalah tahu kok. Makanan khas Bangka ini sebenarnya merupakan sup panas yang terdiri dari bakso ikan rebus yang dicampur juga dengan bakso ikan goreng, bakso ikan kukus dan fukian. Setelahnya, campuran tersebut pun ditambahkan juga dengan tahu yang dipotong-potong dan disiram dengan kuah kaldu. Taburan bawang goreng dan daun bawang juga membuat sajian tahu kok semakin terasa nikmat.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Bangka yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa saat berkunjung ke Bangka. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s