Berlokasi dekat dengan Gunung Merapi menjadikan daerah Kaliurang memiliki banyak wisata alam menarik. Lanskap dataran tinggi dan udaranya yang sejuk menjadikan tempat wisata di sini pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin relaksasi dari kepenatan kota. Seiring berjalannya waktu pun ada banyak tempat wisata kekinian yang bermunculan di Kaliurang sekarang ini. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Kaliurang yang menarik untuk kamu kunjungi.

Museum Gunung Merapi

Tempat wisata di kaliurang
Tempat wisata di kaliurang : Museum Gunung Merapi

Semenjak meletusnya gunung merapi, wisata di Kaliurang pun menjadi sangat populer. Inilah juga yang mencetuskan didirikannya sebuah museum bernama Museum Gunung Merapi. Bangunan dari Museum Gunung Merapi juga sangat unik yakni, seperti bangunan trapesium dengan bangunan segitiga. Saat masuk kamu akan melihat sebuah replika sebaran awan panas yang menjadi instalasi utama dari tempat wisata di Kaliurang. Bangunan tersebut juga terdiri dari dua lantai yang semuanya berisikan tentang pengarsipan, filosifi kegunungan, berbagai benda yang berkaitan dengan display hingga pemutaran film tentang pendidikan. Museum Merapi berlokasi dekat dengan Merapi Park yaitu tepatnya di Desa Hargoninangun Kecamatan Pakem.

The Lost World Castle Jogja

Tempat wisata di Kaliurang
Tempat wisata di Kaliurang : The Lost World Castle

Kaliurang juga memiliki objek wisata kekinian yang bisa kamu kunjungi yaitu The Lost World Castel. Awalnya tempat ini disebut sebagai Benteng Takeshi karena bentuknya yang mirip dengan Tembok Besar China. Keberadaan dari tempat wisata di Kaliurang ini pun semakin populer setelah fotonya banyak diunggah ke media sosial oleh para wisatawan yang datang ke sana. Hingga sekarang, The Lost World Castle sendiri masih dalam proses pembangunan. Dengan luas 1.3 hektar, tempat ini menyajikan beraneka ragam artefak erupsi merapi dan konstruksi bangunan juga menggunakan batu-batuan hasil dari erupsi.

Tlogo Putri Kaliurang

tempat wisata di Kaliurang
tempat wisata di Kaliurang : Tlogo Putri

Keindahan Kaliurang juga bisa kamu lihat di Tlogo Putri. Tempat wisata di Kaliurang ini merupakan sebuah embung atau kolam yang di dalamnya terdapat beberapa bebek air mainan. Selain itu, di Tlogo Putri terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya. Tidak hanya pemandangan dan permainannya saja yang menarik, tetapi udara di sini jugasejuk. Kamu dan keluarga pun bisa berkeliling sambil jalan santai di area tempat wisata.

Stonehenge Cangkringan

Stonehenge-Merapi-2
tempat wisata di Kaliurang : Stonehenge Merapi

Tempat wisata kekinian di Kaliurang berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Stonehenge Cangkringan. Sesuai dengan namanya, Stonehengen Cangkringan merupakan replika mini dari Stonehengen di luar negeri. Kamu akan melihat deretan batu-batu persegi berukuran 200 meter yang ditata sedemikian rupa di atas hamparan rumput. Pemandangan di sini sangat menarik sekali saat cuaca cerah. Kamu pun bisa menjadikannya latar berfoto yang unik untuk memperindah feed Instagram kamu nantinya. Stonehenge Cangkringan sendiri buka dari pukul 07.00 hingga 17.00 dari hari Senin hingga Minggu. Sedangkan, untuk harga tiket masuknya sendiri yaitu sekitar Rp 10.000.

Bukit Klangon

tempat wisata di Kaliurang
tempat wisata di Kaliurang : Bukit Klangon

Selain Gunung Merapi keindahan Kaliurang juga bisa kamu lihat dari Bukit Klangon. Dari bukit ini kamu pun bisa melihat indahnya pemandangan lereng merapi yang membentang luas. Untuk melihat semua keindahan tersebut kamu bisa pergi ke gardu pandang yang terbuat dari bambu. Kamu bisa datang ke sini pagi hari untuk melihat keindahan matahari terbit. Sebaiknya jangan datang lewat dari pukul 07.00 karena pemandangan di sini biasanya akan tertutup kabut. Selain melihat pemandangan, di sini kamu yang suka dengan olah raga bersepeda juga bisa menjajal sirkuit downhill di sini.

Museum Ullen Sentalu

Tempat wisata di Kaliurang
Tempat wisata di Kaliurang : Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu juga menjadi tempat wisata di Kaliurang yang cukup populer. Berbeda dengan tempat wisata lainnya yang mungkin bisa menjadi latar berfoto yang menarik, di Museum Ullen Sentalu kamu tidak boleh membawa alat perekam apa pun termasuk kamera HP. di Sini kamu bisa berkeliling ke berbagai ruangan, mulai dari Ruang Seni dan Gamelan yang berisi koleksi berbagai gamelan hingga Guwo Selo Giri yang berisikan lukisan tokoh-tokoh Mataram. Selain di bagian indoor, kamu juga akan berkunjung ke museum outdoornya yang bernama ruangan Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa. Bagi wisatawan yang ingin ke sini bisa berkunjung langsung ke lokasinya yang berada di Dusun Kaliurang barat, Desa Pakembinangun, kecamatan Pakem.

Jeep Merapi Lava Tour

Tempat wisata di Kaliurang
Tempat wisata di Kaliurang : Jeep Tour

Untuk kamu yang ingin berkeliling melihat pemandangan Gunung Merapi bisa mengikuti sebuah tur bernama Jeep Merapi Lava Tour. Direkomendasikan untuk kamu yang ingin mengikuti tour ini untuk menyewanya secara rombongan. Dengan begitu biaya penyewaan mobil jeep akan lebih murah. Dalam tour Merapi nanti kamu akan berkeliling ke beberapa tempat seperti ke bunker kaliadem, Tlogo Putri dan museum sisa hartaku. Kamu bisa menyiapkan biaya sekitar Rp 350.000 hingga Rp 600.000 untuk dishare ke empat orang lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Kaliurang. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana nih kalau ke Kaliurang? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.