Bagi kamu yang ingin mencoba sensasi lain saat liburan cobalah untuk bercamping. Sekarang ini, sudah banyak sekali tempat wisata yang menyediakan area khusus bercamping. Mulai dari yang bertema glamour camping atau yang sering disebut sebagai glamping hingga camping biasa yang kamu temukan di banyak tempat. Apalagi untuk kamu yang memiliki hobi mendaki gunung atau baru ingin mencoba mendaki gunung, berikut beberapa hal yang penting untuk kamu bawa selama bercamping, yuk simak apa saja?

Makanan Instan

Peralatan camping
Peralatan camping : Makanan kaleng

Saat kamu bercamping tentu saja kamu harus makan. Bahan makanan yang kamu bawa tersebut harus disesuaikan dengan lama kamu menginap dan pastikan juga mudah untuk diolah. Agak sulit nantinya jika kamu harus membawa beraneka ragam bahan makanan yang harus kamu masak dalam jangka waktu tertentu dan memerlukan banyak tahapan. Pilihlah masakan instan agar kamu bisa lebih mudah untuk mengolahnya dan pastinya hanya memerlukan beberapa bumbu saja.

Botol Minum

Peralatan Camping
Peralatan Camping : Botol Camping

Sesudah makan jangan lupa untuk minum! Meski udara di tempat berkemah kamu mugkin dingin bawalah botol minum yang mencukupi kebutuhan minum. Kamu bisa membawa botol minum ukuran satu liter atau dua liter sekaligus untuk persediaan satu malam. Jangan sampai kamu dehidrasi untuk kemudian hipotermia karena kedinginan ya. Selain itu, material botol yang dianjurkan untuk kamu bawa adalah botol yang terbuat dari kaleng karena akan lebih ringan dan tidak akan bocor jika ditumpuk dengan barang-barang yang lainnya.

Obat-obatan

obat-obatan
Peralatan Camping : obat-obatan

Tentu saja selama liburan kita tidak ingin ada hal buruk terjadi. Tetapi, sebagai bentuk antisipasi cobalah untuk membawa obat-obatan yang mungkin saja akan kamu perlukan. Beberapa obat-obatan yang mungkin bisa kamu bawa selama camping nanti diantaranya, seperti obat merah, perban, antiseptik, alkohol, kapas, obat penahan rasa sakit, obat sakit kepala, obat panas, minyak kayu putih hingga plester. Bawalah obat-obat tersebut secukupnya untuk persediaan selama kamu camping.

Tenda

Peralatan Camping
Peralatan Camping : Tenda

Tentu saja kamu tidak akan bisa camping jika tidak membawa tenda. Apalagi jika kondisinya kamu sedang mendaki gunung atau berada di area perkemahan yang tidak menyediakan tenda sewa. Jadi sebelum berangkat, pastikan terlebih dulu apakah area pekemahanmu menyediakan tenda dan peralatan camping atau tidak. Tentunya, jika tempat tersebut sudah menyediakan jasa sewa tenda hal ini bisa mengurangi beban yang kamu bawa saat berangkat dan pulang nantinya dan akan lebih praktis pastinya.

Senter

Peralatan Camping
Peralatan Camping : Senter

Salah satu penerangan yang penting untuk kamu bawa saat camping adalah senter. Sekarang ini sudah banyak sekali jenis senter yang dijual dipasaran dari yang standar hingga yang LED. Tentunya semua itu dibedakan dari tingkat keterangannya masing-masing. Bawalah penerangan yang menggunakan baterai selain akan lebih praktis membawa lampu portable kamu tidak perlu repot mencari sumber listrik lagi.

Jaket

Peralatan Camping
Peralatan Camping : Jaket

Biasanya area perkemahan akan cenderung dingin kerena berlokasi di dataran tinggi. Inilah mengapa penting untuk kamu membawa jaket atau pakaian hangat selama camping. Jenis jaket yang kamu bawa tentunya bisa kamu sesuaikan dari kondisi lingkungan kamu berkemah dan kondisi badan. Jika memang tempat berkemahmu sangat dingin, kamu bisa membawa jaket tebal. Tetapi, jika mungkin tingkat kedinginnya masih ringan kamu bisa membawa baju hangat saja. Jaket anti air juga sangat direkomendasikan untuk kamu bawa selama berkemah karena bisa melindungimu saat hujan.

Baju Ganti

Peralatan Camping
Peralatan Camping : Baju Ganti

Tentu saja saat camping, penting sekali untuk kamu membawa baju ganti secukupnya. Misalnya saja kamu bisa menghitung keperluanmu selama sehari harus ganti baju selama berapa kali dikalikan dengan jumlah hari kamu bercamping. Penting juga untuk tidak terlalu banyak membawa baju ganti agar bawaan kamu tidak berlebihan nantinya. Pilihlah juga baju-baju dengan bahan senyaman mungkin seperti katun atau flannel agar tidak tetap bisa menunjang kegiatan kamu selama di sana.

Jas Hujan

Peralatan Camping
Peralatan Camping : Jas Hujan

Jika sebelumnya kamu direkomendasikan untuk membawa jaket anti air, kamu juga perlu untuk membawa jas hujan. Hal ini penting jika kamu mungkin camping di gunung atau daerah yang sering terjadi hujan. Jangan sampai jika tiba-tiba terjadi hujan kamu kebasahan dan jatuh sakit karena tidak membawa pelindung atau jas hujan.

Alat Masak Portable

peralatan masak

Untuk memenuhi kebutuhan asupan atau makan kamu selama berkemah pasti kamu akan memerlukan peralatan masak. Bawalah peralatan masak praktis yang ringan dan tidak berat untuk kamu angkut bersama dengan barang-barangmu yang lainnya. Beberapa peralatan masak yang bisa kamu bawa saat camping diantaranya seperti panci sendok, garpu, pisau dan piring. Ingat kamu sedang tidak ingin kelebihan beban saat naik gunung atau bercamping nantinya. Jadi, bawalah alat masak yang multifungsi dan bisa kamu gunakan untuk memasak berbagai jenis masakan.

Itulah beberapa informasi mengenai peralatan yang harus kamu bawa saat camping. Kalau kamu sendiri apa pernah camping sebelumnya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s