Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam destinasi yang menakjubkan. Mulai dari wisata alam, religi, sampai budaya. Menariknya, banyak tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan di luar negeri dan tidak kalah bagusnya. Bahkan, bisa menjadi pilihan destinasi liburan kamu tanpa perlu repot ke luar negeri, lho! Berikut rekomendasinya

Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta dan Gurun Sahara di Afrika

Tempat wisata di Indonesia
Tempat Wisata di Indonesia: Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parungkusumo adalah destinasi paling hits dan Instagenic di Yogyakarta. Bagaimana tidak? Pemandangan lautan dan gundukan pasir Parungkusumo bagai versi mini dari Gurun Sahara di Afrika Utara. Gumuk pasirnya sendiri merupakan fenomena alam yang unik dan jarang ditemui di Indonesia sebagai negara beriklim tropis basah.

Sudah banyak wisatawan yang datang untuk melakukan aktivitas sandboarding atau bahkan sekadar berfoto-foto menggunakan properti yang disediakan, seperti ayunan, ornamen bersimbol hati, dan sebagainya. Sebagai tips untuk mendapat hasil gambar yang keren, kamu bisa berfoto saat pukul 4-5 sore, di mana akan muncul matahari terbenam dan langit berwarna sedikit kemerahan.

Brown Canyon di Semarang dan Grand Canyon di Amerika Serikat

Tempat wisat di Indonesia
Tempat wisata di Indonesia: Brown Canyon, Semarang

Melipir ke Negeri Paman Sam, tentunya kamu tidak asing dengan Grand Canyon, bukan? Tebing gagah yang berlokasi di wilayah bagian Arizona ini menjadi salah satu objek wisata tersohor dunia. Nah, panorama serupa bisa kita saksikan di Brown Canyon, Semarang.

Sebelumnya, Brown Canyon hanyalah perbukitan biasa hingga berbentuk tebing akibat galian para penambang selama bertahun-tahun. Sampai sekarang, aktivitas tersebut masih dilakukan di area Brown Canyon. Makanya, untuk sampai ke sini, kamu akan melalui perjalanan yang cukup menantang, seperti melewati jalan bergelombang ditambah angin yang berdebu. Jangan lupa persiapkan masker, jaket, dan kalau memungkinkan gunakan motor atau mobil offroad untuk menempuh jalan ke Brown Canyon.

Kampung Jodipan di Malang dan Kampung Favela Rio de Janeiro di Brasil

Tempat wisat di Indonesia
Tempat wisata di Indonesia: Kampung Jodipan (Kampung Warna-Warni), Malang

Terinspirasi dari kampung warna-warni Favela yang terletak di Rio De Janeiro, Brasil, Kampung Jodipan di Malang juga memiliki daya tarik terhadap perumahan yang dicat warna-warni. Berlokasi di sebelah selatan Stasiun Kotabaru Malang, kampung ini dulunya pemukiman kumuh dan kotor. Hingga muncul ide brilian dari delapan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk make-over kampung tersebut dalam rangka menjalankan tugas praktikum Public Relation. Para mahasiswa pun melibatkan para seniman untuk melukis dinding rumah warga dan 30 tukang cat untuk mewarnai rumah mereka.

Sekarang, Kampung Jodipan tidak hanya berupa kampung warna-warni saja, tapi juga kampung tridi, di mana wisatawan bisa melihat berbagai lukisan 3D menarik di dinding rumah warga. Selain itu, terdapat tambahan ornamen jembatan kaca yang melintas di atas Sungai Brantas dan menghubungkan kampung warna-warni dan kampung tridi.

Pantai Maladewa, Maldives dan Pantai Ora, Maluku

Tempat wisat di Indonesia
Tempat wisat di Indonesia: Pantai Ora, Maluku

Maldives terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik nan eksotis. Tak kalah dengan provinsi Maluku yang populer dengan pesona pantainya yang indah. Sebut saja Pantai Ora yang pemandangannya mirip dengan Pantai Maladewa di Maldives, yakni sama-sama memiliki air laut yang jernih dengan pasir putih dan resort di atas laut. Spesialnya, Pantai Ora “dihiasi” latar perbukitan raksasa yang sangat menyejukkan mata.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti snorkeling, diving, hingga berjemur santai. Jika ingin beristirahat, kamu bisa menginap di resort-nya yang berada di atas laut dan dibuat dari kayu beratap jerami. Biaya penginapan dikenakan sekitar Rp 700.000 / malam. Untuk alternatif lainnya yang lebih murah, kamu bisa menginap di rumah penduduk yang disewakan dengan harga sekitar Rp 300.000 / malam.

Monumen Simpang Lima Kediri dan Arc de Triomphe Paris

Tempat wisata di Indonesia
Tempat wisata di Indonesia: Monumen Simpang Gumul

Selain Menara Eiffel, Paris terkenal dengan monumen Arc de Triomphe sebagai ikon kotanya yang terlihat megah, estetik, dan memiliki nilai sejarah yang kuat. Arc de Triomphe dibangun untuk menghormati para pejuang yang gugur saat bertempur dalam Revolusi Perancis dan Perang Napoleon. Sementara itu, di Kediri juga memiliki Monumen Simpang Lima Gumul yang sangat mirip dengan bentuk bangunannya yang kotak, lorong melengkung di tengahnya, serta ukiran relief di sisi kanan dan kiri bangunan.

Konon, Simpang Lima Gumul dibangun atas amanat Jongko Jojoboyo, raja Kerajaan Kediri abad ke-12, yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri, yaitu Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren, dan Plosoklaten. Di sekitar area monumen yang dibangun pada tahun 2003 ini kerap dijadikan pusat kegiatan warga Kediri, seperti parade budaya dan festival kuliner.

Patung Buddha Tidur di Mojokerto dan Patung Buddha Tidur di Thailand

objek wisata di Indonesia
Tempat wisata di Indonesia: Patung Buddha Tidur, Mojokerto

Melihat patung Buddha tidur biasanya langsung teringat dengan keberadaannya di negara Thailand. Namun, sebenarnya patung dengan model serupa juga dimiliki beberapa negara lain, seperti di India, Vietnam, Myanmar, termasuk Indonesia.

Tepatnya dibangun di dalam kompleks Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto, patung yang menggambarkan Buddha Gautama ini menggunakan beton dicat kuning keemasan dengan ukuran panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Selain itu, terdapat relief-relief yang mengilustrasikan kehidupannya, hukum karmaphala, dan hukum tumimbal lahir di bagian bawah patung. Terbuka untuk umum, lokasi objek wisata tersebut berada di Desa Bejijong yang dekat dengan sawah.

Taman Tiga Menara di Boyolali dan Ikon Khas Eropa dan Amerika Serikat

Objek wisata di Indonesia
Ornamen Menara Pisa, Menara Eiffel, dan Patung Liberty di Taman Tiga Menara, Boyolali.

Di awal Desember 2018, Pemerintah Kabupaten Boyolali baru saja meresmikan Taman Tiga Menara di jalan lingkar utara Boyolali yang menawarkan duplikat ikon dunia terpopuler, yakni Menara Pisa, Menara Eiffel, dan Patung Liberty. Ketiga ornamen ini dibuat dari besi dan keramik dengan skala ukuran menyerupai aslinya. Replika Menara Eiffel dibangun setinggi 12 meter, Menara Pisa 7 meter, dan Patung Liberty 6 meter. Faktanya, pemerintah mengeluarkan anggaran yang fantastis untuk membangun Taman Tiga Menara, yakni sekitar Rp 7 miliar. Berita baiknya, para pengunjung yang ingin berkunjung tidak perlu membayar tiket masuk, hanya biaya parkir saja.

Itulah tadi informasi singkat mengenai tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan di luar negeri. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Pekanbaru, Cirebon, Banjarmasin, Balikpapan, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s