Di Indonesia, Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember untuk menghormati jasa dan pengorbanan para ibu dalam keluarga. Momen ini biasanya dirayakan dengan berbagai cara. Salah satu yang paling umum adalah dengan memberikan hadiah.

Nah, berhubung Hari Ibu 2018 jatuh pada hari Sabtu, kamu bisa mengajaknya travelling sebagai “kado spesial”-nya. Setiap kota di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak kegiatan seru yang dapat kamu lakukan saat liburan bersama Ibu. Berikut ide seru dan rekomendasi destinasi wisata untuk hari ibu

Kulineran di Bandung

Bandung, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu
Bandung, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu

Ingin liburan bersama ibu sambil berburu kuliner? Bandung adalah surganya! Kamu dan ibu bisa memilih beragam makanan “ringan” sampai “berat”, seperti batagor, seblak, siomay, cireng, karedok, dan lainnya. Menariknya, tempat wisata kuliner di Kota Kembang ini tak hanya menyajikan makanan lezat, tapi juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

Coba saja berkunjung ke tempat kuliner populernya. Contohnya, Floating Market Lembang, yang menyajikan pasar apung dengan berbagai pilihan kuliner di atas perahu di tepi danau. Kampung Daun, restoran yang menawarkan jajanan khas Bandung dengan nuansa pedesaan. Lereng Anteng, tempat wisata kuliner yang berlokasi di bukit dengan pemandangan asri dan suasana sejuk. Karena banyaknya pilihan tempat makan, pastikan kamu sudah tahu makanan kesukaan ibu agar tidak bingung ketika sampai di sana.

Berkunjung ke Museum Bale Indung Rahayu di Purwakarta

Purwakarta, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu
Purwakarta, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu

Alasan wajib kamu dan ibu harus mampir ke Purwakarta karena di sini terdapat Museum Bale Indung Rahayu. Berlokasi di Jl. Martadinata No.10, Nagri Tengah, museum ini menyuguhkan konten tentang proses kelahiran manusia dan peran seorang ibu merawat anaknya dalam sentuhan budaya Sunda. Kamu akan melihat  pola pengasuhan, permainan anak, makanan, pola hidup, bertani sampai soal kematian. Tanpa bayar tiket masuk, kamu langsung bisa menyaksikan proses tersebut melalui seni relief, lukisan, pahat dan bangunan. Usai mengunjungi museum, niscaya kamu akan lebih menghargai perjuangan ibu dan momen kebersamaan kamu semakin erat.

Selain itu, menghabiskan waktu liburan di Purwakarta sangat menyenangkan jika kamu dan ibu menyukai kota yang sejuk dan penuh pemandangan hijau. Beberapa tempat wisata populer di Purwakarta yang family-friendly adalah Sri Baduga Situ Buleud (taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara), The Colorville (taman bermain), Waduk Jati Luhur,  dan Giri Tirta Kehidupan (skypool).

Relaksasi di Bali 

Bali, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu
Bali, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu

Bali merupakan destinasi yang tepat untuk mengajak ibu refreshing, apalagi dengan banyaknya pantai-pantai cantik, serta resort dan spa kelas dunia. Selain bisa menikmati pemandangan pantai dan suara deru ombak, kamu dan ibu juga bisa relaksasi melalui fasilitas spa tradisional khas Bali.

Rekomendasi resort dan spa bintang lima rata-rata berlokasi di Nusa Penida, Seminyak, Jimbaran, Sawangan, dan Tanjung Benoa. Harga resort tersebut memang cukup menguras kantong, sekitar Rp 4-7 juta untuk dua orang per malam. Tapi, semahal apapun harganya, asal buat kebahagiaan sang ibu sepertinya tidak bakal rugi deh.

Belanja di Jakarta

jakarta_senayan_city_shopping_mall_2
Jakarta, destinasi wisata Indonesia untuk liburan bersama ibu

Belanja biasanya tak luput dari daftar kegiatan favorit kaum wanita. Pasti seru jika mengajak ibu membeli barang kesukannya di Jakarta, salah satu pusat wisata belanja di Indonesia. Dengan menawarkan beragam kebutuhan lengkap, kamu bisa menemukan banyak barang dari harga murah sampai mahal sekalipun. Beberapa rekomendasi tempat belanja dengan harga terjangkau di Jakata adalah Pasar Senen, Pasar Baru, Pasar Tanah Abang, ITC Mangga Dua, Thamrin City Mall. Mulai dari barang kualitas ori, KW, second (barang bekas) pun dijual di beberapa tempat tersebut. Perlu diingat jika mampir ke pasar di Jakarta, bawalah tas kecil dan tenteng di depan badan. Usahakan jangan terlalu banyak membawa barang dan tetap berhati-hati dari incaran copet di lingkungan sekitar.

Nah, kalau kamu lebih tertarik dengan suasana mall yang mewah dan berkelas, kamu bisa datang ke Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, Pacific Place, dan Central Park Jakarta. Terdapat berbagai produk dari merek high-end dunia yang bisa kamu beli untuk hadiah ibu.

Keliling Pulau di Nusa Tenggara Timur

NTT, destinasi Wisata Indonesia untuk liburan bersama Ibu 2018
NTT, destinasi Wisata Indonesia untuk liburan bersama Ibu 2018

Nusa Tenggara Timur adalah surga di mana pulau-pulau dengan pemandangan yang menakjubkan berada, seperti yang ada di Taman Nasional Komodo. Selain “rumah” bagi hewan langka Komodo, Situs Warisan Dunia UNESCO ini terkenal dengan pesona laut dan biotanya yang indah.

Untuk pengalaman liburan semakin berkesan, ajak ibu jalan-jalan mengitari pulau dengan kapal sambil sesekali snorkeling. Kapal yang disediakan pun sangat beragam, seperti kapal AC, kapal fan, kapal phinisi, kapal Opendeck hingga speed boat. Kamu wajib membawa ibu menyusuri Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pink Beach. Jika ingin biaya liburan yang lebih hemat, kamu dan ibu bisa mengikuti open trip, di mana kamu akan berkeliling Taman Nasional Komodo dengan wisatawan lain di kapal.

Itulah beberapa informasi mengenai destinasi wisata di Indonesia untuk liburan bersama ibu. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung ke Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s