Liburan adalah kesempatan kita untuk melakukan berbagai hal seru dan menyenangkan. Demi liburan yang berkesan, kita pun rela menyisihkan uang untuk beberapa hal. Namun, jika anggaran tidak dikelola dengan baik, liburan dapat mendatangkan bencana “kantong kering” buat kita nih, RedTraveler. Supaya  tidak stres melihat sisa tabungan usai berlibur, berikut tips hemat saat liburan yang wajib dicatat

Rencanakan Budget Liburan

Tips hemat saat liburan: Rencanakan budget liburan
Tips hemat saat liburan: Rencanakan budget liburan

Penting untuk merencanakan seluruh pengeluaran kamu dengan detil sebelum liburan. Mulai dari biaya makanan sehari-hari, transportasi, akomodasi, tiket objek wisata, dan lainnya. Tujuannya adalah agar kamu mampu mengelola keuangan dengan baik dan mampu mengatur prioritas. Bahkan, kamu juga akan lebih mudah memperkirakan biaya pengeluaran tak terduga. Tapi, pastikan agar anggaran tak terduga tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan-kebutuhan penting, sehingga jika tidak terpakai masih bisa ditabung. Semasa liburan, catat setiap rupiah yang kamu keluarkan agar kamu tidak kaget dengan kemana “lari”-nya duit kamu dan bisa mengontrol pengeluaran selanjutnya.

Buat Kesepakatan

Tips hemat saat liburan: Buat kesepakatan
Tips hemat saat liburan: Buat kesepakatan

Jika pergi bersama dengan teman atau keluarga, kamu harus bisa terbuka dengan mereka soal keterbatasan budget yang kamu punya. Cobalah mengadakan pertemuan kecil untuk membicarakan anggaran liburan supaya tidak terjadi miss communication. Contohnya, dalam menentukan jumlah destinasi wisata yang dikunjungi, pilihan transportasi, tempat makan, dan lainnya. Pastikan seluruh anggota juga sepakat agar liburan tetap berjalan menyenangkan dan sesuai estimasi budget yang telah ditentukan.

Bawa Peralatan Penting dari Rumah

Tips hemat saat liburan: Bawa peralatan penting dari rumah
Tips hemat saat liburan: Bawa peralatan penting dari rumah

Ketika pergi ke luar kota, biasanya kita tergoda membeli barang “printilan” yang sebenarnya bisa kita bawa sendiri. Contohnya, botol minum, sandal, topi, payung, jaket, dan lainnya. Untuk itu, persiapkan peralatan yang dirasa perlu dan sesuai dengan konsep travelling kamu. Jangan sampai membeli ulang benda yang sudah kamu punya di rumah, sehingga membuang-buang uang yang bisa dipakai untuk hal lain.

Siapkan Uang Tunai

Tips hemat saat liburan: siapkan uang cash
Tips hemat saat liburan: siapkan uang tunai

Bertransaksi menggunakan uang tunai lebih memungkinkan untuk hemat daripada kartu non-tunai, seperti kredit atau debit. Apalagi jika kamu telah merencanakan anggaran dengan tepat. Hal ini membuat kamu bisa lebih memikirkan jumlah uang yang dikeluarkan dan tetap patuh terhadap perencanaan budget. Selain itu, biasanya penggunaan kartu non-tunai memiliki minimum pembelanjaan, sehingga kerap kali kamu terpaksa belanja lebih dari budget yang sudah ditentukan. Simpan kartu non-tunai kamu untuk tawaran promo menarik yang memang menguntungkan.

Pilih Tempat Makan dengan Harga Menu Terjangkau

Tips hemat saat liburan ke luar kota: Pilih tempat makanan dengan harga terjangkau

 

Pilihan tempat makanan sehari-hari sangat menentukan pengeluaran keuangan kamu. Jika ingin tetap hemat, kamu tidak perlu makan di restoran fancy melulu atau hindari kuliner di area dekat tempat wisata yang cenderung mahal. Kamu bisa mampir ke warteg atau mencicipi kuliner kaki lima yang menawarkan masakan lokal dengan harga murah meriah. Nah, yang perlu diperhatikan adalah kebersihan tempat makan dan harga menu yang tertera. Pastikan sebelum memesan makanan, kamu harus konfirmasi kepada pelayan kalau harga menunya masih update atau tidak.

Pilih Hotel Murah dekat Tempat Wisata

Tips hemat saat liburan: Pilih hotel murah dekat tempat wisata
Tips hemat saat liburan: Pilih hotel murah dekat tempat wisata

Kalau kamu ingin eksplorasi ke berbagai tempat wisata, lebih baik kamu tidak menginap di tempat penginapan mewah. Pilihlah hotel dengan harga penginapan yang terjangkau, tapi tetap nyaman dan aman. Pastikan lokasi hotel dekat dengan tempat wisata, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi.  Soal penginapan di hotel murah dan nyaman, plus dekat dengan tempat wisata, hotel RedDoorz bisa diandalkan. Tersebar di berbagai kota Indonesia, RedDoorz menawarkan penginapan dengan fasilitas dan pelayanan yang memadai.

Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Tips hemat saat liburan: Kunjungi tempat wisata gratis
Tips hemat saat liburan: Kunjungi tempat wisata gratis

Seluruh daftar kegiatan liburan sudah dilakukan, tapi masih punya waktu luang? Kunjungi saja tempat wisata gratis terdekat di sekitar kamu, seperti galeri seni, museum bersejarah, atau sekadar berjalan-jalan dekat tempat penginapan. Lakukan riset di internet atau tanyakan pada warga sekitar mengenai acara menarik dan gratis di tempat wisata terdekat. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang di luar budget destinasi wisata yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Hindari Kebiasaan “Latah” Belanja

Tips hemat saat liburan: Hindari kebiasaan “latah” belanja
Tips hemat saat liburan: Hindari kebiasaan “latah” belanja

“Mumpung lagi di luar kota” kerap menjadi alasan kita membeli banyak oleh-oleh, apalagi ketika melihat teman atau saudara melakukan hal yang sama. Padahal, sebelumnya kamu sudah membuat daftar belanja dan menetapkan anggaran, namun jadi sia-sia karena “latah” membeli ini-itu.  Ingatlah untuk tidak boros dan belanja seperlunya supaya tidak menyesal kemudian.

Cerdas Ketika Belanja Oleh-Oleh

Tips hemat saat liburan: Cerdas ketika belanja oleh-oleh
Tips hemat saat liburan: Cerdas ketika belanja oleh-oleh

Jika berniat membeli oleh-oleh dengan cara yang hemat, kamu bisa membeli satu jenis barang dengan isi yang banyak. Misalnya, gantungan kunci dan aksesoris. Selain itu, usahakan untuk tidak belanja di tempat wisata, karena jatuhnya akan lebih mahal. Kamu bisa datangi pasar yang populer di kota dan lakukan tawar-menawar. Jika berbelanja di pasar, coba berpenampilan sederhana dan pelajari sedikit bahasa setempat, minimal untuk negosiasi. Ini adalah trik agar kamu tidak dikira turis sehingga para penjual menetapkan harga yang mahal.

Itulah Cara Jitu Tetap Hemat Saat Liburan di Luar Kota. Yang mana yang paling berkesan buat kamu? Nah, untuk kamu yang akan berlibur ke luar negeri, terutama di Filipina, Singapura, Vietnam atau di dalam negeri seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s