Bila berlibur ke Semarang, kamu tidak hanya akan menemukan banyak tempat wisata menarik, tetapi juga wisata kulinernya yang tidak kalah lezat. Dari sekian banyak kuliner di Semarang, soto menjadi salah satu makanan yang harus kamu coba. Ada berbagai tempat makan soto di Semarang, mulai dari kedai hingga rumah makan. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat makan soto di Semarang.

Soto Bangkong

Tempat Makan Soto di Semarang
Tempat Makan Soto di Semarang : Soto Bangkong

Meski namanya Soto Bangkong, bahan utama dari soto ini merupakan ayam. Dirintis sejak tahun 1950, tempat makan yang satu ini menjadi tempat makan favorit bagi mereka yang berkunjung ke Semarang. Penyajian dari Soto Bangkong juga agak berbeda dengan soto lainnya, karena disajikan dalam wadah berupa mangkok kecil. Untuk isiannya sendiri, Soto Bangkong terdiri dari beraneka ragam bahan-bahan, seperti mie soun, tauge, irisan tomat, nasi, suwiran daging ayam hingga campuran daun seledri dan tambahan bawang goreng. Meski sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu, cita rasa dari Soto Bangkong masih terjaga hingga sekarang.

Soto Ayam Dargo Pak Wito

 

Tempat Makan Soto di Semarang
Tempat Makan Soto di Semarang : Soto Pak Dargo

Soto Ayam Dargo Pak Wito memiliki kuah bening yang diolah dengan rempah-rempah khusus sehingga menghasilkan aroma yang khas. Dalam satu porsi Soto Ayam Dargo Pak Wito terdapat berbagai macam bahan, mulai dari kecambah, tauge, daun bawang, potongan ayam, hingga taburan bawang merah dan bawang putih goreng. Satu porsi sajian Soto Ayam Dargo Pak Wito tidak sebanyak soto pada umumnya, tetapi satu porsinya cukup mengenyangkan. Tambahan menu lain untuk disantap bersama soto adalah sate-satean, seperti sate telur puyuh, sate kerang, telur ayam, tempe, bakwan jagung dan masih banyak lagi. Untuk mencicipi satu porsi soto Ayam Dargo Pak Wito kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 sedangkan, untuk tambahan menu lainnya seperti sate-satean hanya sekitar Rp 1.000 saja.

Soto Ayam Pak Muri

Tempat Makan Soto di Semarang
Tempat Makan Soto di Semarang : Soto Bokor

Meski Soto Ayam Pak Muri masih berupa warung kaki lima, soto ayam ini sudah cukup legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1986 di Stadion Diponegoro. Ada berbagai macam isian dari Soto Ayam Pak Muri ini, diantaranya seperti suwiran ayam, nasi dan kemudian disiram dengan kuah soto. Rasa dari Soto Ayam Pak Muri semakin terasa lezat dengan tambahan bawang goreng. Biasanya nanti di atas meja saji kamu juga akan disuguhi berbagai macam sate-satean lainnya, seperti sate telur puyuh, sate tempe, sate kerang hingga sate kerang. Satu tusuk sate di sini dihargai dengan Rp 2.500. Kamu juga bisa menambah perkedel kentang dan tempe gorengnya yang dijual dengan harga Rp 500. Kamu bisa datang ke kedai Soto Ayam Pak Muri yang buka dari pukul 06.00 hingga 15.00.

Soto Pak Bambang Semawis

Tempat Makan Soto Di Semarang
Tempat Makan Soto Di Semarang : Soto Ayam Pak Bambang Semawis

Berlokasi di kawasan pecinan, Kedai Soto Pak Bambang Semawis selalu terlihat ramai oleh para pengunjung dalam dan luar kota Semarang. Ciri khas dari Soto Pak Bambang sendiri yaitu kuahnya yang tidak bening seperti kuah soto pada umumnya melainkan agak sedikit keruh dengan banyak minyak. Warnanya yang agak keruh tersebut diperoleh dari kaldu ayam yang dicampur dengan rempah. Selain itu, tambahan kunyit juga menjadikan Soto Pak Bambang Semawis semakin terasa gurih. Satu porsi Soto Pak Bambang Semawis dibanderol dengan harga Rp 8000 saja. Tetapi, jika kamu ingin menambah lauk seperti sate kerang, sate telur puyuh, ati ampela hingga tempe bacem, kamu hanya perlu menambah sekitar Rp 4.000. Kamu bisa datang ke kedainya langsung yang buka dari pukul 18.00 hingga 22.00.

Soto Bokor

Tempat Makan Soto di Semarang
Tempat Makan Soto di Semarang : Soto Bokor

Berikutnya, ada Soto Bokoran yang lokasinya tidak jauh dari Simpang Lima. Meski tempat makan dari Soto Bokoran ini masih sangat sederhana hingga sekarang, kedai Soto Bokoran sangat ramai. Lauknya sendiri juga sangat beraneka ragam, mulai dari perkedel, sate ayam, bakwan yang dijual dengan harga Rp 3.000. Sedangkan, untuk satu porsi sotonya dibanderol dengan harga Rp 13.000.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat makan soto di Semarang yang menarik untuk dicoba. Kalau kamu sendiri paling suka makan soto yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s