Indonesia terkenal dengan kekayaan kuliner yang khas dan lezat. Setiap kota memiliki ciri khas terhadap cita rasa dan komposisi sajian yang mampu menggugah selera. Seiring dengan keistimewaan tersebut, Kementerian Pariwisata Indonesia menyiapkan beberapa destinasi wisata kuliner unggulan Indonesia agar semakin mendunia. Faktanya, kota kuliner tersebut memiliki kelebihan pada daya tarik makanan, kelayakan pelayanan, kelayakan lingkungan, kelayakan bisnis, serta peranan pemerintah dalam pembangunan wisata kuliner. Untuk itu, sebagai warga negara Indonesia, kamu wajib mencoba kuliner di kota-kota ini sebelum semakin go international

Bali

Bali, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia
Bali, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia

Bali memang terkenal dengan wisata pantai dan resornya yang menawan. Tapi, wisata kuliner khas Pulau Dewata ini juga tidak kalah menariknya. Ada banyak pilihan makanan autentik dan kaya akan rempah-rempah yang bisa kamu cicipi dari beberapa masakan khasnya, seperti sate lilit, sate plecing, babi guling, ayam betutu, nasi jingo, nasi tepeng, lawar, dan masih banyak lainnya. Rata-rata makanan tersebut disajikan dengan rasa pedas. Tapi, tidak usah khawatir bagi kamu yang tidak suka makanan pedas, karena beberapa tempat makan sudah menyesuaikan tingkat kepedasan pada menunya agar bisa dimakan seluruh wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain itu, kelebihan dari wisata kuliner di Bali adalah tersedianya tempat makan dengan pemandangan alam yang mewah dan indah. Namun, jika kamu lebih mementingkan wisata kuliner yang menawarkan cita rasa tinggi, rekomendasi tempatnya adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Bali Buda, Warung Mak Ben, dan Warung Mami.

Semarang

Semarang, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia
Semarang, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia

Semarang menawarkan sajian kuliner yang sangat beragam. Mulai dari camilan sampai makanan berat seperti daging olahan bisa kamu nikmati di sini. Beberapa masakan khas pun juga ikut disajikan di kota lain, contohnya bandeng presto dan nasi goreng babat. Meski begitu, kamu tetap wajib ke Semarang karena ada beberapa menu lezat yang kabarnya sulit ditemukan di tempat lain. Contohnya, mie kopyok, soto bangkong, dan babat gongso. Selain itu, banyak pilihan jajanan khas yang paling nikmat disantap langsung di Semarang, seperti lumpia, tahu petis, tahu gimbal, tahu pong, kue leker, dan wedang tahu.

Untuk mencoba beragam kuliner legendaris tersebut, beberapa tempat makan yang direkomendasikan adalah Lumpia Gang Lombok, Tahu Gimbal Pak Edy, Tahu Petis Prasojo, Mie Sang Kie, Babat Gongso Pak Karmin Mberok, dan Warung Asem-Asem Koh Liem. Pastikan perut kamu kosong jika ingin berwisata kuliner di Semarang agar bisa mencicipi seluruh santapan khasnya!

Solo

Solo, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia
Solo, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia

Solo adalah surga kuliner bagi kamu pecinta makanan manis dan gurih. Nasi liwet, gudeg ceker, tahu kupat dan serabi adalah beberapa makanan khas yang tak terlupakan dari Kota Batik ini. Tempat makan populer di Solo kebanyakan berkonsep warung biasa, sehingga tak heran jika harga makanan relatif murah untuk para wisatawan. Beberapa rekomendasi tempat kulinernya adalah Bu Wongso Lemu, Timlo Sastro, Tengkleng Klewer Bu Edi, dan Serabi Notosuman. Selain itu, di Solo juga tersedia berbagai café asyik buat nongkrong yang menawarkan beragam menu angkringan sampai western, di antaranya adalah Xocolati, Café Tiga Tjeret, dan EATernity.

Yogyakarta

Yogyakarta, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesai
Yogyakarta, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesai

Ada banyak alasan untuk jatuh cinta dengan kota Yogyakarta. Selain memiliki banyak wisata alam menarik, Kota Budaya ini juga menawarkan beragam kuliner khas dengan harga terjangkau dan tempat makan yang mudah diakses. Bahkan, kamu bisa temukan makanan khas gudeg, bakmi Jawa, sate klathak, sego kucing, krecek, di pinggir jalan. Ada juga camilan bakpia pathuk, yangko, geplak, cenil Jogja, dan coklat monggo, untuk menemani kamu jalan-jalan di sana.

Selain itu, beberapa wisata kuliner populer juga menawarkan pemandangan alam yang indah untuk menemani wisatawan bersantap. Seperti The Manglung Café yang memperlihatkan pemandangan kota Yogyakarta dan Warung Sawah Gondang Legi yang menawarkan suasana asri a la pedesaan. Jika kamu hanya ingin menikmati makanan khas dengan atmosfir budaya Jawa yang kental, Yogyakarta juga punya House of Reminten dan Restoran Sekar Kedathon.

Bandung

Bandung, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia
Bandung, destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia

Bukan hal baru lagi jika Bandung menjadi pusat wisata kuliner di Indonesia. Pertama, terdapat beragam makanan khas yang disukai banyak kalangan dan ikut disajikan di kota-kota lain, di antaranya adalah batagor, seblak, dan cilok. Selain itu, pemerintah Bandung sangat memperhatikan pengembangan wisata kulinernya dengan melakukan berbagai gebrakan baru, sehingga berhasil menarik hati para wisatawan dari berbagai kota. Bisa dilihat dari kemunculan tempat makan dengan dekorasi instagramable yang menyajikan berbagai menu makanan. Mulai dari cita rasa lokal, western, bahkan sampai Timur Tengah. Beberapa tempat wisata kuliner yang populer adalah Kampung Daun, The Valley Bistro Café, Atmosphere Resort Café, dan lainnya.

Itulah destinasi wisata kuliner unggulan di Indonesia. Nah, untuk kamu yang akan berlibur ke luar negeri, terutama di Filipina, Singapura, Vietnam atau di dalam negeri seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s