Merayakan tahun baru dengan menyaksikan kembang api sudah jadi tradisi di berbagai dunia, termasuk Indonesia. Di pergantian tahun nanti, ada banyak kota di Indonesia yang menggelar pesta kembang api 2019 dengan meriah. Tak hanya itu, berbagai tempat wisata juga mengadakan hiburan seru lainnya yang bisa dinikmati wisatawan. Berikut lima tempat terbaik untuk melihat kembang api di Indonesia

Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta

Taman Impian Jaya Ancol, salah satu tempat terbaik untuk melihat kembang api
Taman Impian Jaya Ancol, salah satu tempat terbaik untuk melihat kembang api

Ancol menjadi tempat wisata favorit warga Jakarta untuk merayakan malam pergantian tahun baru karena ada beragam hiburan yang ditawarkan. Pada 31 Desember 2018, Ancol menggelar pesta kembang api 2019 yang diramaikan dengan iringan musik. Tampilan kembang api nantinya berkonsep seperti water fountain, di mana gerakan kembang api akan mengikuti musik yang dimainkan. Pertunjukan ini akan berlangsung selama 10 sampai 13 menit setelah pukul 00.00 WIB. Kamu bisa menyaksikan kemeriahan kembang api tersebut di Pantai Indah, Danau Ancol, Pantai Lagoon, dan Pantai Carnaval.

Selain itu, band populer Indonesia seperti Noah, Wali, dan Armada juga ikut menyemarakkan tahun baru dengan lantunan musik mereka. Jika tertarik ke sini, kamu cukup membayar tiket masuk ke kawasan Ancol sebesar Rp 25.000. Mengingat akhir tahun Ancol akan padat pengunjung, pastikan untuk tidak membawa banyak barang berharga. Jangan lupa bawa perlengkapan pribadi karena cuaca tidak menentu.

Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah, salah satu tempat terbaik untuk menonton kembang api
Taman Mini Indonesia Indah, salah satu tempat terbaik untuk menonton kembang api

Sama seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menampilkan kembang api 2019 yang diiringi beragam acara musik. Sebanyak 6.422 tembakan kembang api akan diluncurkan di anjungan Pulau Kalimantan pada saat pergantian tahun baru. Sementara pertunjukkan musik akan dimeriahkan artis dangdut jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI) dan Band Monata di panggung utama yang terletak di dekat Museum Iptek TMI.

Selain itu, terdapat pagelaran budaya yang sangat menarik untuk diikuti, di antaranya Reog Ponorogo, sisingaan, dan pertunjukan lagu daerah. Ada juga atraksi wayang kulit semalam suntuk di Candi Bentar dan anjungan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Acara spesial lainnya, ada film tentang maskot TMII yang ditayangkan melalui Mapping Show, yakni pertunjukkan yang menggunakan teknik pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada objek.

Taman Karnaval, Surabaya

karnaval
Taman Karnaval Surabaya, salah satu tempat terbaik untuk melihat kembang api

Bagi warga Surabaya atau kamu yang sedang berkunjung di sini, kamu wajib menyaksikan kembang api 2019 di Taman Karnaval, Surabaya. Wisata bermain yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 333 ini menawarkan keseruan perayaan tahun baru dengan konsep karnaval. Kamu bahkan bisa melihat indahnya kembang api langsung dari wahana bianglala. Tak hanya itu, banyak pertunjukkan menarik sepertu seperti marching band, flashmob, dan kabaret.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tersedia wahana Candy Land, dunia permen warna-warni yang mengedukasi pengunjung  tentang proses pembuatan permen. Tapi, ada juga wahana ekstrim seperti Bledek Coaster buat pengunjung yang suka memacu adrenalin. Untuk tiket masuk berkisar mulai dari Rp 25.000 – Rp 100.000 tergantung hari datang dan kategori usia pengunjung.

Festival Light of Kaliurang, Yogyakarta

taman-lampion-kaliurang
Festival of Lights Kaliurang, salah satu lokasi terbaik untuk melihat kembang api

Seperti namanya, di Festival Light of Kaliurang, kamu akan melihat cahaya lampu dan lampion warna-warni yang ditata dengan begitu kreatif dan indah. Kebayang ‘kan bagaimana rasanya menikmati pertunjukkan kembang api di tempat wisata ini? Kembang api 2019 akan diluncurkan tepat pukul 00.00 WIB pada 1 Januari 2019. Nah, walaupun dikelilingi lampu dan cahaya, kamu tidak akan kepanasan karena lokasi Festival Light of Kaliurang berada di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga udara begitu dingin dan sejuk.

Tepatnya berlokasi di Gardu Pandang Kaliurang, festival ini rutin diselenggarakan tiap libur Natal dan Tahun Baru, termasuk tahun ini yang sudah digelar sejak 15 Desember 2018 sampai 20 Januari 2019. Spesialnya, pengunjung bisa menaiki balon udara yang bisa terbang setinggi kurang-lebih 30 meter dengan udara panas. Ada juga wahana permainan tambahan yang tidak kalah menarik, yakni sky rink, di mana pengunjung bisa merasakan pengalaman bermain skating di atas permukaan es. Tertarik? Festival of Light Kaliurang buka dari pukul 17.00 sampai 22.00 WIB ketika hari kerja dan sampai 23.00 saat akhir pekan. Kamu cukup membayar tarif masuk sebesar Rp 25.000 ketika akhir pekan dan Rp 20.000 saat hari kerja.

Pantai Kuta, Bali

Suasana pesta kembang api saat malam perayaan pergantian tahun di Pantai Kuta, Badung, Bali, Jumat (1/1). Puluhan warga menyambut perayaan tahun baru 2016 dengan melakukan pesta kembang api di Pantai Kuta. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/16
Pantai Kuta, salah satu tempat terbaik untuk melihat kembang api

Ingin melihat megahnya kembang api sambil bersantai di pantai? Kamu wajib ke Pantai Kuta! Soalnya, di kawasan wisata Kuta, Badung, akan diadakan selebrasi pergantian akhir tahun yang spektakuler. Terdapat 5.000 tembakan kembang api 2019 yang diluncurkan di bibir pantai selama 15 menit. Buat kamu yang berada atau akan berkunjung ke wilayah Seminyak dan Legian, kamu juga berkesempatan melihat meriahnya warna-warni kembang api di langit. Ada juga berbagai hiburan dengan konsep beach party club yang menampilkan DJ ternama untuk memeriahkan malam pergantian tahun. Tak sampai situ, esok harinya kamu bisa menikmati sunrise pertama di 2019 di pantai. Nah, ingat baik-baik jika ingin ke sini, jalan di Pantai Kuta akan ditutup mulai pukul 2 atau 3 sore.

Itulah rekomendasi tempat terbaik untuk melihat kembang api di Indonesia. Kira-kira lokasi mana yang menarik perhatian kamu? Nah, untuk kamu yang akan berlibur ke luar negeri, terutama di Filipina, Singapura, Vietnam atau di dalam negeri seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s