Indonesia memiliki beraneka ragam makanan tradisional yang berasal dari berbagai daerah, termasuk Jambi. Di kota ini, kamu bisa menemukan banyak sekali makanan tradisional yang sangat lezat. Mulai dari makanan yang berbahan dasar ikan hingga kue dengan cita rasa gurih dan manis bisa kamu temukan di Jambi. Sebagai referensi, berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas Jambi yang menarik untuk dicoba.

Tempoyak

Makanan Khas Jambi
Makanan Khas Jambi : Tempoyak

Tempoyak adalah salah satu makanan khas yang paling dikenal di Jambi. Makanan ini berbahan dasar ikan patin yang dipadukan dengan durian yang telah difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang terbilang unik karena bisa memadukan cita rasa antara ikan dengan durian dalam satu masakan. Untuk bahan dasar dan bumbu lainnya, tempoyak terdiri dari beberapa rempah-rempah, seperti kemiri, serai, daun salam, cabe rawit, bawang merah dan juga bawang putih. Biasanya warga Jambi menikmati tempoyak dalam keadaan hangat dengan nasi putih.

Kue Srikaya

Makanan khas Jambi
Makanan khas Jambi : Kue Srikaya

Meski bernama srikaya, dalam proses pembuatannya kue ini tidak menggunakan bahan srikaya sama sekali. Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kue srikaya ini adalah daun pandan, tape dan santan. Kunci dari rasa kue srikaya yang membuatnya semakin terasa legit adalah gulanya. Inilah mengapa kue srikaya ini memiliki aroma khas pandan dan manis.

Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi
Makanan khas Jambi : Gulai Tepek Ikan

Banyak dari makanan khas Jambi yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya, seperti gulai tepek ikan ini. Bahan utama dari gulai ikan yang satu ini adalah ikan gabus. Gulai tepek ikan termasuk hidangan yang cukup spesial sehingga sering disajikan saat acara-acara penting, seperti pernikahan, acara adat hingga kenduri.

Dodol Nanas

Makanan Khas Jambi
Makanan Khas Jambi : Dodol Nanas

Dodol nanas juga termasuk ke dalam makanan khas Jambi yang bisa kamu jadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Jambi. Nanas adalah komoditi yang cukup besar di Jambi, sehingga untuk menyiasati hal tersebut, nanas banyak diolah menjadi berbagai produk makanan dan salah satunya adalah menjadi campuran dodol.

Kue Padamaran

Makanan khas Jambi
Makanan khas Jambi : Kue Pandamaran

Kue padamaran menjadi salah satu kuliner yang memiliki tekstur dan cita rasa seperti bubur sumsum. Hal yang membedakan kue padamaran dengan bubur sumsum adalah kinca yang disiramkan di bagian atas dan bawah dari kue ini. Untuk pewarnanya, kue padamaran menggunakan daun suji. Kue padamaran memiliki cita rasa yang gurih kerena ada campuran santan dalam bahannya.

Nasi Gemuk

Makanan khas Jambi
Makanan khas Jambi : Nasi Gemuk

Makanan khas Jambi yang satu ini serupa dengan nasi uduk dan nasi lemak. Hal yang membuat nasi gemuk berbeda adalah cara memasak dari nasinya yang dicampurkan dengan berbagai macam bahan dan rempah, seperti  santan, daun jeruk hingga daun salam. Bahan-bahan inilah yang membuat nasi gemuk terasa gurih dan legit. Biasanya nasi gemuk juga disajikan dengan berbagai macam lauk lainnya seperti telur, ayam goreng dan macam-macam lalapan. Warga Jambi sering mengonsumsi nasi gemuk sebagai menu sarapan.

Kue Gandus

Makanan Khas Jambi
Makanan Khas Jambi : Kue Gandus

Camilan lainnya yang bisa kamu coba saat ke Jambi adalah kue gandus. Sekilas, kue gandus ini mirip dengan kue talam ebi. Makanan ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung sagu, tepung beras, santan hingga garam. Bahan-bahan tersebut kemudian dicetak dalam wadah berupa mangkuk hingga persegi. Di bagian atas kue biasanya dicampurkan dengan bawang goreng sehingga membuat kue ini terasa lebih gurih.

Kerutup Ikan

Makanan khas Jambi
Makanan khas Jambi : Kerutup Ikan

Kuliner khas Jambi berikutnya yang menggunakan bahan dasar ikan adalah kerutup ikan. Ikan yang digunakan dalam bahan dasar masakan ini adalah ikan nila, ikan mas dan ikan gurame. Dalam proses pembuatannya, kerutup ikan menggunakan bumbu dan bahan yang lengkap sehingga makanan ini memilki cita rasa dan aroma yang harum. Kamu bisa menemukan kerutup ikan di banyak rumah makan di Jambi. Biasanya, kerutup ikan disajikan dengan sambal terasi dan lalapan sayur.

Daging Masak Hitam

Makanan khas Jambi
Makanan khas Jambi : Daging Masak Hitam

Selain ikan, masakan khas Jambi juga menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Salah satu kuliner khas Jambi yang menggunakan daging sebagai bahan dasarnya adalah daging masak hitam. Mirip dengan semur, sajian kuliner ini memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Bumbu yang digunakan untuk memasak daging masak hitam ini adalah pala bubuk, lada putih bubuk, santan, kecap manis, kayu manis, ketumbar, jintan dan adas manis. Untuk membuat bumbu-bumbu tersebut meresap biasanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam dalam proses memasaknya. Setelah itu, barulah bahan-bahan tersebut serta daging dituangkan santan hingga daging empuk dan kuahnya mengental.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Jambi yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa kalau ke Jambi? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s