Tahun baru, buka lembaran baru. Sudah saatnya kamu berhenti sejenak dari rutinitas dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Travelling, salah satunya. Ada berbagai negara yang memiliki destinasi wisata terbaik di bulan Januari yang sayang kalau dilewatkan. Kamu bisa menikmati cuaca yang bagus, melakukan kegiatan seru, dan bertemu orang-orang baru. Berikut rekomendasi tempat wisatanya

Thailand

Thailand, salah satu wisata terbaik di bulan Januari
Thailand, salah satu  destinasi wisata terbaik di bulan Januari

Thailand terkenal dengan wisata pantainya yang sangat eksotis. Jika kamu tertarik ke sini, Januari adalah waktu terbaik karena suhu akan bertahan sekitar 20-30 °C di hampir seluruh negeri, di mana udara akan lembap dan tidak terlalu terik. Kunjungi pantai-pantai sebelah barat dengan cuaca lebih bersahabat, seperti Phuket dan Ko Phi Phi.

Selain pantai, terdapat Festival Tahun Baru Imlek yang dirayakan pada Januari dengan parade naga, petasan, dan tari-tarian. Jika tertarik, kamu bisa berkunjung ke Chinatown Bangkok sebagai tuan rumah acara. Hal wajib lainnya saat berada di sini adalah mencoba kuliner jalanan Bangkok, yaitu tom yam kung, pad thai, khao niew mamuang, dan som tam. Sempatkan juga mengunjungi wisata budaya kompleks Grand Palace yang merupakan istana kerajaaan.

Tanzania

Kluchit-Serengeti-National-Park-Featured-Image
Tanzania, salah satu destinasi wisata terbaik di bulan Januari

Jika kamu mencari liburan yang penuh petualangan, kamu akan mendapatkan pengalaman yang anti-boring ketika berlibur di Tanzania. Januari masuk ke dalam kategori musim kemarau singkat, sekaligus musim melahirkan bagi banyak satwa liar. Tepatnya, di Serengiti National Park, kamu bisa melihat rusa kutub yang lagi musimnya melahirkan di Januari. Ada juga bayi rusa kutub dan predator seperti singa, cheetah, dan hyena yang bersembunyi di semak-semak. Kabarnya, jika pergi di musim kemarau singkat, pengunjung dapat menghemat uang untuk tur dan penginapan.

Jangan lewatkan juga scuba diving di Zanzibar. Pulau di lepas pantai Tanzania ini menampilkan pantai pasir putih yang menakjubkan dan Kota Batu yang bersejarah. Kamu bisa menyaksikan kehidupan laut yang besar (hiu, kura-kura, lumba-lumba, pari), karang yang indah, bahkan pemandangan bangkai kapal.

Chicago, Illinois

Chicago, salah satu destinasi wisata terbaik di bulan Januari
Chicago, salah satu destinasi wisata terbaik di bulan Januari

Chicago menjadi rekomendasi utama kota untuk berlibur di Amerika Serikat. Memang pada Januari, cuaca di kota ini bisa mencapai -6 °C. Namun, hikmah di balik musim dingin adalah banyak tempat akomodasi yang menawarkan diskon penginapan untuk wisatawan. Selain itu, tempat wisata populer seperti museum dan galeri seni juga kemungkinan bakalan sepi pengunjung.

Hal menarik lainnya dari Kota Berangin (Windy City) ini adalah wisata kulinernya. Banyak pilihan tempat makan yang membuat kamu tidak kelaparan di musim dingin. Kota ini terkenal akan kelezatan kulinernya dan restoran berbintang Michelin. Kamu wajib mencoba kuliner khasnya, seperti pizza, hot dog, popcorn yang terkenal enak jika disantap di Chicago. Untuk penggemar olahraga, ada pertandingan hoki Chicago Blackhawks di mana kamu berkesempatan meet ‘n greet dengan beberapa pemain Cubs di Cubs Convention hanya pada bulan Januari.

Sri Lanka

Sri Lanka, salah satu wisata terbaik di bulan Januari
Sri Lanka, salah satu destinasi wisata terbaik di bulan Januari

Cuaca yang cerah, banyak tempat wisata menarik, dan perhitungan biaya liburan yang terjangkau menjadi alasan Sri Lanka masuk ke destinasi wisata terbaik di bulan Januari. Suhu rata-rata di bulan Januari adalah sekitar 30 ° C, di mana ini adalah waktu terbaik untuk kamu berkunjung ke pantai. Jika tertarik untuk berselancar, pantai Hikkadua adalah rekomendasinya. Namun, jika hanya ingin bersantai sambil menikmati angin laut, kamu wajib ke pantai Unawatuna. Di dekat pantai tersebut juga ada Galle, tempat yang magical untuk menyaksikan matahari terbenam dari tembok benteng yang terdaftar di UNESCO.

Jangan lupa mampir ke situs-situs kuno yang penuh nilai historis. Beberapa wisata bersejarah yang populer adalah Sigiriya (benteng batu yang menjulang 200 m di atas pohon di bawah), Gua Kuil Dambulla (dibangun pada abad ke-1 SM, dan diisi dengan lebih dari 100 patung Buddha) dan kota Kandy (kota Buddhis yang penting, rumah bagi gigi Buddha). Soal biaya travelling yang terjangkau, rata-rata biaya perjalanan per orang disasar sekitar $ 30- $ 50 (setara dengan Rp 400.000 – Rp 700.000 ) per hari.

Costa Rica

Costa Rica, salah satu wisata terbaik di bulan Januari
Costa Rica, salah satu destinasi wisata terbaik di bulan Januari

Costa Rica dikenal sebagai tempat yang bagus untuk berlatih yoga, berselancar, bahkan mengunjungi satwa liar. Untuk melakukan berbagai kegiatan menarik tersebut, bulan Januari menjadi waktu yang paling tepat, terutama untuk kamu yang melakukan perjalanan ke Pantai Pasifik dan lembah tengah Costa Rica.

Cobalah berselancar ke Pasifik utara antara Guanacaste – Nicoya. Di Tamarindo dan Playa Grande adalah tempat yang bagus untuk semua tingkat peselancar. Jika kamu mencari satwa liar, Januari adalah musim pengamatan paus di Costa Rica, sementara sloth, toucans, kura-kura, dan lumba-lumba dapat terlihat cukup banyak sepanjang tahun. Namun, Januari masuk ke dalam high season untuk berkunjung ke Costa Rica, sehingga biaya perjalanan (tiket transportasi, wisata, akomodasi, dan lainnya) akan tergolong mahal. Untuk itu, pesan lebih awal untuk mendapatkan harga yang lebih baik, dan coba pesan perjalanan kamu setelah minggu pertama Januari.

Itulah destinasi wisata terbaik di bulan Januari. Nah, untuk kamu yang akan berlibur ke luar negeri, terutama di Filipina, Singapura, Vietnam atau di dalam negeri seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s