Berlibur di luar negeri memberikan kebanggaan tersendiri bagi para pelancong. Kita berkesempatan untuk menjelajahi berbagai destinasi khas suatu negara dan membawa pulang kenangan yang berkesan.

Namun, tidak bisa dipungkiri jika biaya liburan ke luar negeri cukup menguras kantong. Untuk itu, kita harus pintar dan selektif dalam memilih tempat wisata yang menawarkan harga murah dengan pengalaman yang istimewa. Dilansir dari LonelyPlanet, berikut destinasi murah 2019 untuk liburan di luar negeri

Sungai Nil

Sungai Nil, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri
Sungai Nil, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri

Sungai Nil merupakan wisata alam terpopuler di Mesir karena nilai historinya yang kuat dalam kehidupan dan peradaban masyarakat di sana. Sungai terpanjang di dunia ini memiliki sederet situs kuno dari kota Luxor ke Aswan yang dapat diakses dengan beberapa dolar. Namun, untuk wisata kuil dan makam biasanya dikenakan tiket masuk yang lebih mahal. Makanya, kamu perlu mengatur seluruh itinerary liburan dengan biaya anggaran yang murah karena beberapa paket wisata yang ditawarkan menawarkan plus minus sendiri. Coba pertimbangkan menggunakan paket wisata dengan kapal pesiar. Walaupun lebih mahal, kamu sudah difasilitasi makanan dan akses transportasi darat menuju objek wisata populer, seperti Abu Simbel, Valley of the Kings hingga Piramida Giza.

Lodz, Polandia

lodz poland
Lodz, Poland, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri

Lodz menjadi kota wisata di Polandia yang sukses bertransformasi dengan indah. Pada abad ke-19, Lodz hanyalah pusat manufaktur tekstil berisi banyak pabrik hingga kini disulap menjadi ruang industri dengan proyek arsitektur yang berani. Sekitar 40 kreasi seniman jalanan lokal dan global telah mengubah bangunan-bangunan berwarna pucat menjadi “kanvas” dan tempat parkir mobil menjadi galeri. Untuk melihat keunikkan Lodz, kamu tidak perlu merogoh banyak kocek. Kamu cukup berjalan menyusuri kota yang diisi dengan bangunan cantik dan seni jalanan yang eye-catching. Jelajahi kompleks EC1 takeód yang memiliki planetarium baru, pusat sains dan teknologi baru yang sangat besar, dan berbagai ruang pameran. Atau, berkunjung ke area perbelanjaan dan hiburan Manufaktura yang menawarkan wisata MS2 Museum of Art, jalur zip, pantai buatan, dan stasiun kereta Fabryczna, sebuah karya seni dengan kereta api.

Taman Nasional Great Smoky Mountains, Amerika Serikat

Taman Nasional Great Smoky Mountains, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri
Taman Nasional Great Smoky Mountains, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri

Taman Nasional Great Smoky Mountains adalah taman nasional Amerika yang berada di kawasan hutan dan melintasi perbatasan Carolina Utara dan Tennessee. Salah satu situs warisan dunia UNESCO ini menawarkan pemandangan flora taman, campuran hutan gugur dan konifer, pegunungan, serta lebih dari 1.400 spesies tanaman berbunga termasuk magnolia gunung, azalea liar, gunung capai, anggrek dan Rhododendron. Nah, untuk menikmati suasana alamnya, kamu tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Kamu langsung bisa melihat keindahan taman dari Clingmans Dome, bahkan melakukan hiking di Mississippi. Dengan pengalaman ini, tak heran jika tiap tahunnya taman ini menarik 10 juta pengunjung.

Maladewa

Maladewa, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri
Maladewa, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri

Jangan kira berlibur di Maladewa (Maldives) bakal mengeluarkan biaya yang mahal. Asal tahu triknya, kamu bisa menikmati keindahan pantai eksotis dan mewah di sana dengan minim budget. Biaya liburan ditaksir sekitar 90 dollar AS atau sekitar Rp 1.300.000 / malam, termasuk makan, menyelam, dan kegiatan lainnya. Jika ingin lebih murah, kamu bisa menginap di rumah warga daripada resort di dekat tempat wisata. Jika di resort harga yang ditawarkan sekitar Rp 700.000 / malam, di rumah warga kamu cukup membayar sekitar Rp 300.000 / malam. Jangan lewatkan berkunjung ke pulau populer, seperti Maafushi, Rasdhoo, Thoddoo, dan Dhigurah.

Houston, Amerika Serikat

Houston, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri
Houston, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri

Tertarik dengan seni dan sejarah? Di Houston, Amerika Serikat, ada banyak museum seni dan bersejarah kelas dunia. Tempat yang bagus untuk memulai perjalanan kamu adalah di area Museum District yang memiliki 19 museum dan memperlihatkan beragam jenis seni, di antaranya fine arts, contemporary arts, contemporary architecture. Kabar baiknya, 10 museum di antaranya menawarkan tiket masuk gratis. Sementara, sisanya hanya memberi tiket gratis di hari khusus. Hal lain yang membantumu berhemat adalah kamu bisa mengunjungi seluruh museum tersebut dengan berjalan kaki. Tak hanya museum, di bagian Distrik EaDo (East Downtown), kamu dapat berkunjung ke galeri mural terbuka. Ada pemandu tur yang dapat menemani kamu berkeliling juga, lho. Nah, jika perut sudah lapar, kamu bisa mampir ke sisi barat Houston dan menikmati kuliner di Chinatown.

Argentina

Argentina, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri
Argentina, salah satu destinasi murah 2019 di luar negeri

Walau dalam beberapa tahun terakhir biaya travelling ke Argentina cenderung naik, kamu tetap bisa berhemat dengan menggunakan kartu kredit internasional. Ada tawaran cashback hingga 21 persen dari Pajak Pertambahan Nilai, plus penghematan biaya visa untuk negara tertentu. Manfaatkan kesempatan ini untuk menyaksikan fenomena langka gerhana matahari total yang melintasi bagian utara Argetina pada 2 Juli nanti. Tak hanya itu, kamu wajib ke tempat wisata alam terbaik di Argentina untuk melihat pemandangan gunung dan danau menakjubkan yang jarang ada di Indonesia. Jelajahi Bariloche untuk melihat gunung bersalju atau Taman Nasional Glester Perito Moreno untuk melihat gunung dan formasi es sepanjang 30 kilometer.

Jika ingin bersantai sambil menikmati kota, kamu bisa eksplor Buenos Aires, Ibu Kota Argentina dengan kehidupan masyarakat yang aktif dan menyenangkan. Kamu bisa bergabung menari Tango, melihat seni lukisan di jalan, mengunjungi wisata bersejarah, dan sebagainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.