Pernahkah kamu menonton film dengan pemandangan yang menakjubkan? Kalau kamu sudah menonton film seperti Eat, Pray, Love dan Lord of The Rings, tentu kamu penasaran, dimana sih lokasi syutingnya? Lokasi syuting film-film tersebut bahkan kini telah berubah menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Hampir tiap tahunnya banyak wisatawan datang ke sana untuk menyaksikan sendiri keindahan dan bentuk asli dari tempat tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahasnya.

Ubud, Indonesia

Lokasi Syuting Jadi Tempat Wisata
Lokasi Syuting Jadi Tempat Wisata : Ubud

Indonesia pernah menjadi lokasi syuting dari beberapa film Hollywood salah satunya adalah film Eat, Pray, Love. Berlokasi di Ubud, Bali, film tersebut menampilkan keindahan Pulau Dewata dari sisi pedesaannya. Pemandangan serba hijau dan memiliki banyak sawah menjadi kecantikan tersendiri yang bisa kamu lihat saat berkunjung ke Ubud. Ubud juga memiliki banyak sekali tempat wisata menarik lainnya, seperti Monkey Forest Ubud, rafting di sungai Ayung Ubud, Pura Taman Saraswati Ubud, Museum Arma Ubud dan masih banyak lagi. Mayoritas tempat wisata yang ada di sini menampilkan keindahan alam serta kebudayaan tradisionalnya yang masih sangat kental.

The Shire, Selandia Baru

hobbiton_movie_set

Jika dulu kamu pernah menonton film Lord of The Rings atau Hobbit, ada satu tempat mirip dengan pedesaan yang menjadi tempat tinggal dari pada hobbit. Tempat ini memang ada loh di Selandia Baru. Dalam filmnya, tempat ini diberi nama The Shire. Di sini kamu bisa melihat keindahan alam berupa hamparan rumput hijau dengan kontur tanah berbukit, lengkap dengan danau, kebun buah dan sayur, hingga rumah-rumah mungil yang menjadi tempat tinggal dari para hobbit. Tentu saja, The Shire memang sebuah desa buatan, dan rumah-rumah yang dibangun di sini hanya digunakan sebagai kebutuhan syuting. Dengan detail yang diberikan seperti perabotan rumah, alat berkebun, taman bunga, kebun sayur dan lainnya menjadikan perkampungan para hobbit ini surga bagi kamu yang suka dengan film tersebut.

Teluk Tarimbang, Sumba

Lokasi Syuting jadi Tempat Wisata
Lokasi Syuting jadi Tempat Wisata : Teluk Tarimbang

Keindahan alam Indonesia juga bisa kamu lihat di film Pendekar Tongkat Emas. Film kolosal besutan Riri Riza dan Mira Lesmana ini mengambil latar Teluk Tarimbang, Sumba. Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi oleh para peselancar karena ombaknya yang lumayan besar. Kamu tidak perlu khawatir jika kamu baru belajar berselancar atau tidak membawa papan sendiri, di sini tersedia tempat penyewaan papan selancar dengan harga yang terjangkau.

Pulau Jeju, Korea Selatan

Lokasi Syuting jadi Tempat Wisata
Lokasi Syuting jadi Tempat Wisata : Pulau Jeju

Merebaknya serial drama korea juga turut mengembangkan pariwisata di sana. Dengan banyaknya film dan serial yang mengambil latar di Korea, banyak orang yang mulai penasaran dan ingin melihat sendiri keindahaannya. Salah satu tempat yang cukup favorit dan menjadi tujuan wisata andalan di Korea Selatan adalah Pulau Jeju. Pulau ini merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Korea Selatan. Tempatnya yang berada di selatan Semenanjung Korea menjadikan Jeju sebagai provinsi yang memiliki otonomi khusus. Tidak seperti kebanyakan daerah di Korea Selatan, cuaca di Jeju cenderung panas sepanjang tahun dan jarang turun salju meski saat musim dingin. Saat berkunjung ke sini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi selama di Pulau Jeju diantaranya, seperti Sengsan Ilchulbong Peak, Mok Seok Won, Halla Arboretum, Manjanggul, Yeomiji Botanical Garden hingga Hallasan.

Garden By The Bay, Singapura

Lokasi Syuting jadi Tempat Wisata
Lokasi Syuting jadi Tempat Wisata : Garden By The Bay

Salah satu film yang sempat sangat hits di tahun 2018 lalu adalah Crazy Rich Asian. Tempat syuting dari film Hollywood ini pun tidak jauh loh dari Indonesia yaitu Singapura. Dari beberapa tempat yang ada di Singapura, Garden By The Bay menjadi latar yang menarik di film ini. Garden by The Bay sebenarnya merupakan sebuah taman bunga modern yang dibalut dengan teknologi. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam koleksi tanaman yang jumlahnya bisa mencapai 250 ribu. Semua tanaman tersebut ditempatkan di dalam satu rumah kaca raksasa atau dome yang memiliki desain luar biasa. Untuk masuk ke sini kamu perlu membayar tiket masuk sebesar $ 8.

Kastil Alnwick, Inggris

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk kamu para pecinta film Harry Potter, kastil Sekolah Hogwarts menjadi tempat yang sangat ikonik di film tersebut. Lokasi syuting ini sebenarnya berada di Kastil Alnwick yang berada di Newcastle upon Tyne. Kastil Alnwick juga menjadi kastil terbesar kedua yang ada di Inggris loh. Dulu, Kastil ini merupakan tempat tinggal dari The Percys, Dukes of Worthuberland dan Earls pada tahun 1309. Kastil Alnwick terdiri dari beberapa bangunan. Beberapa di antaranya menjadi tempat tinggal bagi keluarga pemilik kastil, museum militer hingga tempat untuk dimana  para wisatawan bisa menggunakan pakaian abad pertengahan. Di dalamnya, kamu juga bisa melihat berbagai macam patung dari film Harry Potter dan berbagai permainan jaman dulu yang telah disediakan oleh pengelola. Harga tiket yang dibanderol untuk masuk ke Kastil Alnwick adalah sebesar £7 untuk pelajar dan £10 untuk umum.

Itulah beberapa informasi mengenai beberapa lokasi syuting yang menjadi tempat wisata. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke salah satu tempat yang ada di atas? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.