Salah satu negara yang bisa menjadi alternatif tujuan liburanmu adalah Malaysia. Tidak hanya banyak tempat wisata saja, Malaysia juga memiliki banyak sekali makanan tradisional lezat yang bisa kamu coba. Dengan harga yang terjangkau, jajanan khas Malaysia juga bisa kamu temukan di banyak tempat. Untuk lebih jelasnya, RedDoorz akan bahas mengenai jajanan khas Malaysia.

Cekodok

Jajanan Khas Malaysia
Jajanan Khas Malaysia : Cekodok

Makanan ini mirip dengan kue cucur. Untuk bahannya, kue cekodok terbuat dari tepung terigu dan pisang yang digoreng. Cekodok berbentuk bulat dan tersedia dalam berbagai ukuran. Ada juga variasi lain dari cekodok yang berbahan dasar udang, bawang, jagung hingga ikan asin. Kamu bisa mendapatkan 6 hingga 8 butir cekodok hanya dengan RM 1. Jajanan khas Malaysia ini bisa kamu sajikan sambil minum teh di sore hari.

Apam Balik

Jajanan khas Malaysia
Jajanan khas Malaysia : Apam Balik

Dengan latar belakang kebudayaan Melayu, makanan tradisional Malaysia banyaj memiliki kesamaan dengan makanan Indonesia. Jika sebelumnya ada cekodok yang serupa dengan cucur, apam balik ini mirip dengan martabak manis. Adonan dari kue yang satu ini lembut, tebal dan akan bolong-bolong saat dipanggang . Uniknya, adonan apam balik dilengkapi juga dengan isian sup jagung kental yang juga dicampur dengan selai kacang. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan apam balik adalah terigu, susu cair, baking powder, telur, garam, dan gula. Cara membuatnya cukup mudah, yakni kamu hanya membutuhkan teflon anti lengket yang ditambahkan sedikit minyak. Setelah itu, kamu tinggal menuangkan adonan tersebut di atas teflon hingga matang untuk setelahnya kamu tambahkan isian sesuai dengan selera.

Popiah

Jajanan Khas Malaysia
Jajanan Khas Malaysia : Popiah

Buat kamu yang doyan makan lumpia, popiah menjadi salah satu makanan khas Malaysia yang bisa kamu coba. Popiah berisi berbagai macam sayuran mulai dari buncis, tauge, selada, wortel, tahu dan daging cincang atau daging kepiting. Makanan yang satu ini sebenarnya merupakan hasil akulturasi dari budaya Tionghoa. Popiah bisa langsung dimakan tanpa perlu digoreng terlebih dahulu sehingga dinamakan spring rolls.

Ais Kacang

Jajanan Khas Malaysia
Jajanan Khas Malaysia : Ais Kacang

Malaysia juga punya es campurnya sendiri yang bernama ais kacang. Hal yang membuat ais kacang berbeda dengan es campur lainnya adalah isiannya yang terdiri dari kacang merah, kolang-kaling, jagung  dan disajikan dengan es serut dan susu kental manis. Untuk membuat cita rasanya semakin segar biasanya es campur juga ditambahkan sirup merah. Di Malaysia, ais kacang biasa disebut juga sebagai ABC atau Ais Batu Campur. Makanan ini sangat cocok untuk kamu coba saat siang hari atau hidangan berbuka puasa.

Asam Laksa

Jajanan Khas Malaysia
Jajanan Khas Malaysia : Asam laksa

Untuk kamu yang suka dengan kuliner berbahan dasar mie, cobalah cicipi asam laksa. Meski di Indonesia dan Singapura juga memiliki laksa, namun cita rasa dari kedua kuliner tersebut berbeda dengan laksa khas Malaysia. Asam laksa Malaysia mirip dengan sajian udon Jepang. Mie yang digunakan pun besar-besar dan kenyal karena terbuat dari tepung beras. Selain itu, yang membuat sajian dari asam laksa terasa spesial adalah kuahnya yang terbuat dari kaldu ikan. Bahan-bahan campuran dari kuah asam laksa adalah ikan makarel, tulang ikan, dan telur yang direbus bersamaan dengan cabe, asam dan daun serai.

Koay Chiap

Jajanan Khas Malaysia
Jajanan Khas Malaysia : Koay Achiap

Jajanan khas Malaysia yang satu ini memang mirip dengan sajian sup. Isian dari koay chiap terdiri dari daging dan jeroan bebek. Biasanya daging bebek ini disuwir-suwir dengan berbagai tambahan seperti tenggorokan, darah yang digumpalkan, bihun, hingga telur rebus. Setelahnya, untuk membuat koay chiap semakin terasa segar, ditaburkan juga seledri di atasnya. Di negeri asalnya, banyak orang Malaysia menyebutnya sebagai soto.

Teh Tarik

Jajanan Khas Malaysia
Jajanan Khas Malaysia : Teh Tarik

Satu lagi sajian legendaris Malaysia yang bisa kamu coba yaitu Teh Tarik. Minuman yang satu ini memang bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia, tetapi biasanya teh tarik Malaysia lebih mirip dengan teh talua dari Sumatera Barat yang terdiri dari beberapa campuran seperti teh, susu dan telur. Teh yang digunakan pun juga khusus yaitu teh hitam. Hal yang membuatnya dinamakan teh tarik yaitu karena cara pembuatannya yang ditarik hingga menghasilkan teh yang berbusa.

Itulah beberapa informasi mengenai jajanan khas Malaysia yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa saat liburan ke Malaysia? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.