Menghabiskan waktu liburan bakal lebih berkualitas jika dilakukan bersama keluarga. Untuk itu, pastikan memilih kota yang menawarkan tempat wisata  seru dan sesuai untuk semua umur. Di Batu, Malang, contohnya. Selain terkenal dengan wisata alam yang indah, kota ini juga populer dengan beragam tempat wisata yang kreatif, edukatif, dan menyenangkan untuk keluarga. Penasaran? Berikut rekomendasi dari RedDoorz tentang wisata keluarga di Batu, Malang

Memburu Apel di Kusuma Agrowisata Batu

Kusuma Agrowisata Malang, salah satu wisata keluarga di Batu, Malang
Kusuma Agrowisata, salah satu wisata keluarga di Batu, Malang

Pengalaman liburan di perkebunan pasti akan terasa spesial. Mumpung lagi di Malang, coba ajak keluarga kamu ke wisata petik buah apel, buah khas kota Malang yang wajib dicicipi. Nah, salah satu tempat yang paling banyak direkomendasikan adalah Kusuma Agrowisata Batu. Terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Batu, Jawa Timur, kamu bisa memburu buah apel dan mencicipi sepuasnya langsung dari perkebunan yang sejuk ini. Ada juga buah jambu, jeruk, strawberry, buah naga, dan beragam sayuran organik yang ditanam dari bibit unggul dan bisa dibawa pulang dengan harga tertentu. Serunya lagi, ada fasilitas outbond dan waterpark di area wisata, sehingga kamu dan keluarga bisa melakukan banyak hal seru.

Kusuma Agrowisata Batu dibuka setiap hari pukul 08.00 s/d 17.00 WIB di hari biasa, dan pukul 08.00 s/d 18.00 WIB di akhir pekan. Harga tiket masuk di sini dibagi dalam beberapa paket wisata dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 34.000 – Rp 54.000. Soal penginapan, kamu tidak perlu khawatir karena banyak hotel terdekat, salah satunya yang terjangkau dan nyaman adalah RedDoorz.

Berendam Air Panas di The Onsen Resort

The Onsen Resort, salah satu wisata keluarga di Batu, Malang

Ingin merasakan suasana liburan yang tenang dan menyegarkan? Kamu bisa mempertimbangkan The Onsen Resort, lho. Berlokasi di Jl. Arumdalu, Songgokerto, Batu, resort ini menyuguhkan 25 cottage dengan interior a la Jepang yang dilengkapi kolam onsen pribadi. Ada juga kolam onsen yang dikhususkan buat publik (dipisah untuk pria dan wanita) dengan harga tiket masuk Rp 50.000 / orang. Sumber air berasal dari air dekat Candi Songgoriti yang mengandung belerang dengan suhu 42 derajat celcius. Selain menikmati terapi air panas di tubuh, pengunjung juga bisa dimanjakan dengan suasana sejuk dan pemandangan gunung hijau.

Kamu dan keluarga juga bisa bersantap di restoran resort yang menawarkan kuliner khas Negeri Sakura, seperti Ramen, Sushi, dan sebagainya. Jangan lupa abadikan momen kamu dan keluarga dengan berfoto menggunakan pakaian Yukata yang disewa Rp 150.000 / orang selama 2 jam (termasuk didandani oleh petugas). Tak usah khawatir soal jam buka karena The Onsen Resort beroperasi selama 24 jam.

Bermain di Jawa Timur (Jatim) Park

Jatim Park, salah satu wisata keluarga di Batu, Malang
Jatim Park, salah satu wisata keluarga di Batu, Malang

Jatim Park menawarkan wisata bermain yang seru dan edukatif untuk keluarga. Ada tiga jumlah Jatim Park di Malang dengan konsep yang sedikit berbeda. Wahana di Jatim Park 1 lebih mengusung tema mekanik, fisika, dan perkembangan sains. Terdapat 53 wahana yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa yang cocok buat keluarga adalah 3D Theater, Rumah Misteri 3D, Bumper Car, Fish Park, Science Centre, Galeri Etnik Nusantara, dan Waterboom. Jatim Park 1 berlokasi di Jl. Kartika No. 2, Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314. Jam buka pukul 08.30 – 16.30 WIB dengan tiket masuk untuk hari Jumat – Minggu sekitar Rp 100.000 dan Senin – Kamis sebesar Rp 70.000.

Beda konsep dengan yang pertama, Jatim Park 2 menawarkan wisata edukatif dan interaktif yang berupa kebun binatang atau biasa disebut Batu Secret Zoo. Kamu dan keluarga bisa berkeliling mengenal berbagai satwa dengan cara yang seru. Kamu wajib berkeliling ke Safari Farm dengan kereta untuk melihat sekaligus memberi makan hewan seperti gajah, rusa, dan sebagainya.  Tak hanya itu, kamu dan keluarga bisa bermain di Fantasi Land yang menyediakan berbagai wahana seru sampai ekstrim, seperti Tsunami dan Octopus.  Jatim Park 2 berlokasi di Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9 Kota Wisata Batu, Jawa Timur 65314. Jam Buka: 10.00-18.00 WIB ( Umum ), 09.00-17.00 WIB ( Bulan Ramadhan ) dengan harga tiket masuk Rp 120.000 untuk weekend dan Rp 84.000 untuk Weekday.

Nah, jika ingin merasakan petualangan seru a la film Jurassic Park, kamu wajib ke Jatim Park 3. Kamu berkesempatan melihat mahluk purbakala, seperti Dinosaurus, Mammoth, Smilodon, dan sebagainya. Walau hanya replika, tapi Jatim Park berhasil membuat spesies tersebut lebih hidup dengan efek suara, konsep ruangan, dan informasi riwayat spesies. Masih ada wahana lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi dan sangat lucu buat foto-foto, seperti Infinite World, The House of Zombie, dan The Legend Star.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata keluarga di Batu, Malang yang bisa kamu kunjungi.  Nah, jika kamu tertarik untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia seperti; Bali, Bandung, Surabaya, Jakarta, Solo, Semarang, Palembang, Batam, Makassar, Manado, Bogor dan Yogyakarta. Pastikan kamu memiliki penginapan yang nyaman dan murah dengan memilih RedDoorz sebagai akomodasi penginapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s