Tak bisa dipungkiri, film bergenre psychological thriller memberikan efek penasaran dan tegang secara bersamaan. Seperti salah satu film yang sedang viral di awal tahun 2019 ini, Bird Box. Berkat cerita yang unik dan menegangkan, film yang diadaptasi dari novel karya Josh Malerman berhasil menembus 45 juta akun penonton usai sepekan rilis di Netflix.

Film Bird Box mengambil latar belakang tentang perjuangan sekelompok orang yang bertahan hidup dari ancaman makhluk supranatural yang mengganggu pikiran manusia. Ironisnya, jika manusia melihat makhluk tersebut, mereka tidak segan  untuk bunuh diri. Ketegangan film pun berfokus pada perjuangan Malorie, diperankan oleh Sandra Bullock, menuju ke tempat yang lebih aman. Bersama satu anak laki-laki dan satu anak perempuan, mereka terpaksa melewati sungai dengan perahu dan berlari di hutan dalam keadaan mata tertutup.

Bukan hanya ceritanya saja, tempat dan suasana yang mencekam juga menarik perhatian banyak orang. Penasaran? Berikut lokasi shooting film Birdbox di area Los Angeles dan California

 

Smith River di Del Norte County

Smith River, salah satu lokasi shooting film Bird Box
Smith River, salah satu lokasi shooting film Bird Box

Di film Bird Box, Smith River menjadi satu-satunya jalur yang harus ditempuh Malorie dan kedua anaknya untuk “kabur” dari tempat tinggal sementara mereka menuju ke tujuan yang lebih baik. Salah satu momen paling menegangkan adalah ketika mereka harus menerjang arus sungai yang deras dan anak laki-lakinya sempat tenggelam. Walau terkesan seram, kenyataannya Smith River tidak semenakutkan itu.

Sungai berwarna hijau zamrud ini tidak memiliki bendungan dan dikelilingi pohon besar sehingga menambah keindahan panorama sungainya, dikarenakan sungai ini juga mengalir melalui Jedediah Smith Redwoods State Park dan Taman Nasional Redwood. Menariknya lagi, terdapat arung jeram dan air terjun yang sangat ideal untuk pencinta rafting. Tak heran jika Smith River dipilih sebagai salah satu lokasi shooting film Bird Box karena dianggap memiliki keindahan yang unik.

 

Jedediah Smith Redwoods State Park

Jedediah Smith Redwoods National State Park, salah satu lokasi shooting film Bird Box
Jedediah Smith Redwoods National State Park, salah satu lokasi shooting film Bird Box

Setelah berhasil mengarungi sungai, Malorie dan kedua anaknya mendarat di hutan belantara. Ketegangan film berlangsung ketika kedua anaknya hilang di hutan dan ia harus mencari mereka sambil berlari dengan mata tertutup. Kebayang ‘kan betapa susahnya jadi Malorie? Nah, latar hutan lebat dengan pohon kayu merah (redwoods) raksasa memang sangat mendukung atmosfir film yang mencekam. Rupanya, hutan tersebut adalah tempat wisata alam di Crescent City bernama Jedediah Smith Redwoods State Park.

Jedediah Smith adalah bagian dari Redwood National and State Park, area yang dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Biosfer Internasional. Taman ini terdiri dari 9.500 hektar pohon kayu merah, termasuk beberapa rumpun pohon-pohon tua. Kawasan tersebut adalah tempat untuk melindungi hampir setengah dari pohon redwood tua berusia 500 hingga 700 tahun di California. Karena daerah hutan yang bersih, tempat ini direkomendasikan buat pengunjung yang ingin mendirikan perkemahan di bawah pohon-pohon. Taman terdiri dari 29 km jalur hiking dan lebih dari 100 tempat perkemahan.

 

Rumah di Los Angeles

rumah birdbox 2
Rumah di Los Angeles, salah satu lokasi shooting film Bird Box

Rumah yang dimaksud adalah tempat Malorie dan beberapa orang asing lainnya berlindung dari kekuatan jahat di dunia luar. Tepatnya berlokasi di Greystone Avenue, Monrovia, rumah besar nan antik tersebut ternyata sudah empat kali dijadikan lokasi shooting selama 20 tahun terakhir.

Sebagai lokasi shooting film Bird Box, pemilik rumahnya berujar mendapat bayaran sebesar USD 12.000 (sekitar Rp 171,3 juta). Dengan biaya tersebut, sang pemilik harus rela rumahnya dikunjungi banyak orang karena film Bird Box yang kian populer. Semenjak pemutaran perdana film pada tanggal 13 Desember, banyak orang yang berbondong-bondong ke sana untuk menyaksikan rumahnya secara langsung dan berfoto. Beberapa penggemar bahkan cukup berani mengetuk pintu untuk meminta izin berpose di depan rumah.

 

Scripps College di Claremont

Scripps College, salah satu lokasi shooting film Bird Box
Scripps College, salah satu lokasi shooting film Bird Box

Scene terakhir difilmkan di Scripps College atau disebut “Sanctuary” (tempat kudus) di dalam film. Tempat inilah yang mengumpulkan Malorie, kedua anaknya, dan suatu komunitas, untuk berlindung dari lingkungan luar yang telah dikuasai makhluk jahat. Di dalam film, “Sanctuary” adalah sekolah untuk orang buta, sehingga mereka memang kebal terhadap makhluk jahat karena tidak bisa melihat. Sementara di kehidupan nyata, tempat itu adalah perguruan tinggi wanita yang berfokus pada pendidikan seni liberal swasta. Kampus ini didirikan pada tahun 1926 di Claremont, California, Amerika Serikat dan merupakan salah satu kampus unggulan  di kota tersebut. Pemandangan kampus di film maupun aslinya tidak jauh beda, yakni sama-sama teduh dan asri dengan dihiasi banyak dedaunan. Bedanya, di film ada tambahan burung-burung yang hinggap sebagai maskot film Bird Box.

Itulah informasi menarik mengenai lokasi shooting film Bird Box yang sedang viral dan bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s