Kalau kamu sedang berjalan-jalan ke Danau Toba, jangan lupa untuk mampir ke Pulau Samosir. Di pulau ini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata menarik yang masih kental dengan kebudayaan khas Sumatera Utara, mulai dari tempat wisata alam, hingga tempat tempat pemandian air panas. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata Pulau Samosir yang menarik untuk dikunjungi.

Desa Lumban Suhi-Suhi

WIsata Pulau Samosir
WIsata Pulau Samosir : Pengrajin Ulos

Jika kamu berkunjung ke kawasan Sumatera Utara kurang lengkap rasanya jika tidak membawa pulang buah tangan berupa ulos. Di Pulau Samosir kamu tidak hanya bisa membeli ulos untuk kamu bawa pulang tetapi juga melihat langsung proses pembuataannya dari para pengrajin. Salah satu desa yang menjadi pusat pembuatan kain ulos di Samosir adalah Desa Lumban Suhi-Suhi. Di desa ini, pembuatan ulos merupakan usaha mikro kecil dan menengah yang masih dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di sana. Pengerjaannya pun masih sangat sederhana dan mengunakan peralatan tradisional seperti alat pemintal kayu. Meski begitu, ulos yang dihasilkan oleh para pengrajin ini sangat berkualitas dan dibandrol dengan harga tidak murah, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bukit Holbung

Wisata Pulau Samosir
Wisata Pulau Samosir : Bukit Holbung

Di Pulau Samosir juga ada satu bukit indah yang bisa kamu kunjungi yaitu Bukit Hobung. Dari salah satu tempat wisata di Pulau Samosir ini kamu bisa melihat keindahan Danau Toba secara keseluruhan. Bukit Holbung sendiri terletak di Desa Janji Marhatan. Dari atas bukit tersebut nantinya kamu bisa melihat pemandangan danau yang indah sambil menyaksikan para nelayan mencari ikan dengan perahu mereka. Datanglah ke sini saat musim hujan yaitu saat rumput-rumput di sini hijau dan membuat bukit ini mirip dengan Bukit Teletubbies.

Desa Tomok

Wisata Pulau Samosir
Wisata Pulau Samosir : Desa Tomok

Tempat wisata Pulau Samosir berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi adalah Desa Tomok. Lokasi ini memang didesain untuk menjadi sebuah desa wisata untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Samosir. Saat berkunjung, kamu bisa menuju ke kawasan kampung Batak yang memiliki rumah adat, lengkap dengan boneka sigale-gale. Uniknya, saat datang nanti kamu akan disambut dengan tarian tor-tor yang merupakan tarian tradisional di sini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi pemakaman dari para raja kuno Batak dan juga Museum Batak.

Aek Rangat

Wisata Pulau Samosir
Wisata Pulau Samosir : Aek Rangat

Untuk kamu yang ingin mandi air hangat selama liburan di sini, kamu bisa berkunjung ke Aek Rangat. Di Pulau Samosir terdapat sebuah gunung bernama Pussuk Buhit yang menjadi salah satu gunung tertinggi yang ada di kawasan Danau Toba. Di sekitar area pegunungan tersebutlah kamu akan menemukan banyak pemandian air panas yang disebut oleh penduduk setempat sebagai Aek Rangat, yang berarti “emandian air panas”. Air yang ada di pemandian ini merupakan air panas alami yang berasal dari Gunung Pussuk Buhit. Pemandian di sini juga sangat alami, para wisatawan yang datang bisa berendam sambil menikmati pemandangan indah di sekelilingnya.

Pantai Pasir Putih Parbaba

Wisata Pulau Samosir
Wisata Pulau Samosir : Pantai Pasir Putih

Pulau Samosir memiliki pantai yang indah yaitu Pantai Pasir Putih Parbaba. Meski sebenarnya ini bukanlah pantai yang berbatasan dengan laut melainkan danau, keindahan alam di sini tidak kalah menarik. Sesuai dengan namanya, pasir di pantai ini berwarna putih. Kamu juga bisa melihat deretan perbukitan dan pemandangan Gunung Pusuk Buhit dari pantai ini.

Panatapan Sibodiala

Panatapan Sibodiala
Wisata Pulau Samosir : Penatapan Sibodiala

Mencari ketenangan di Pulau Samosir tidak sulit, kamu bisa berkunjung ke Penatapan Sibodiala. Berlokasi di kota Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Panatapan Sibodiala menjadi tempat terbaik untuk kamu yang ingin melihat keindahan pemandangan Balige dan danau dari titik tertinggi. Pemandangan di sini juga semakin indah jika kamu berkunjung pada malam hari. Karena minimnya penerangan dan jauh dari polusi, dari tempat tersebut kamu bisa melihat bintang-bintang. Kamu juga jangan sampai lupa untuk menggunakan jaket atau pakaian hangat karena udaranya cukup dingin. Jika kamu datang ke sini pada siang hari, kamu bisa melihat rumah-rumah adat dan gedung yang memiliki arsitektur khas batak dari atas sini.

Bukit Simarjarunjung

Wisata Pulau Samosir
Wisata Pulau Samosir : Bukit Simarjarunjung

Keindahan Danau Toba juga bisa kamu lihat dari puncak Bukit Simarjarunjung. Tempat wisata Pulau Samosir ini memang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Di Bukit Sumarjarunjung kamu bisa menemukan banyak sekali spot-spot instagramable untuk berfoto. Bukit Simarjarunjung sendiri merupakan bagian dari gugusan Pegunungan Bukit Barisan. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba tanpa terhalang oleh apapun. Kamu pun bisa melihat berbagai pemandangan menarik dari satu spot saja.

Itulah beberapa informasi mengenai wsiata Pulau Samosir yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana kalau ke Pulau Samosir? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s