Baru-baru ini, muncul peraturan mengenai bagasi berbayar dari beberapa maskapai low-cost. Sebagai penumpang, kini kita hanya bisa menggunakan bagasi kabin saja untuk menghemat biaya. Agar terhindar dari biaya mahal hanya untuk bagasi,  ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Berikut tips hemat dari RedDoorz untuk menghemat bawaanmu.

Timbang Barang Bawaan Jauh-Jauh Hari

Tips Hemat Bagasi Berbayar
Tips Hemat Bagasi Berbayar : Timbang Bagasi

Sebelum pergi, ada baiknya kamu mempersiapkan dan menimbang dahulu barang-barang apa saja yang ingin kamu bawa. Dengan begitu kamu bisa mengetahui seberapa banyak barang yang akan dibawa. Selain itu, kamu juga bisa memilih dengan lebih cermat benda-benda yang tidak diperlukan. Kamu bisa membawa timbangan portabel untuk menimbang bawaan kamu. Nah, jangan lupa sisakan tempat untuk oleh-oleh jika kamu memang ingin belanja saat bepergian nanti.

Kirim Barang Lewat Ekspedisi

Tips Hemat Bagasi Berbayar
Tips Hemat Bagasi Berbayar : Pakai Ekspedisi

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya barang bawaan adalah dengan menggunakan ekspedisi. Kamu bisa membandingkan biaya yang akan kamu keluarkan untuk tambahan bagasi dan biaya tambahan saat kamu menggunakan ekspedisi pengiriman luar kota atau luar negeri. Cara ini terbukti cukup efektif untuk kamu yang ingin berbelanja oleh-oleh dalam jumlah banyak atau saat kamu pulang kampung menggunakan transportasi umum khususnya pesawat.

Pilih Barang-Barang yang Ingin Di Bawa

Tips Hemat Bagasi Berbayar
Tips Hemat Bagasi Berbayar : Timbang Bawaan

Saat kamu mempersiapkan keperluanmu, pasti kamu sudah mengetahui barang apa saja yang akan kamu bawa dan tidak. Kamu bisa memilih barang – barang sesuai dengan kegunaan dan kepentingannya. Dengan begitu kamu pun hanya akan membawa barang-barang yang akan kamu gunakan selama perjalanan.

Ketahui Ketentuan Dari Maskapai

Tips Hemat Bagasi Berbayar
Tips Hemat Bagasi Berbayar : Ketentuan dari Maskapai

Saat kamu hendak bepergian, kamu harus mengetahui peraturan apa saja yang diterapkan oleh maskapai yang akan kamu gunakan. Peraturan yang perlu kamu perhatikan dalam hal ini antara lain adalah mengenai ukuran dan bobot bagasi untuk kabin gratis hingga biaya yang akan kamu keluarkan untuk bagasi tambahan. Kamu bisa mengetahui secara detail mengenai peraturan bagasi tersebut melalui situs resmi maskapai yang akan kamu gunakan.

Cara Packing

Tips Hemat Bagasi Berbayar
Tips Hemat Bagasi Berbayar : Perhatikan Cara Packing

Cara packing juga bisa membantu kamu untuk mengurangi muatan yang akan kamu bawa. Cara yang bisa kamu lakukan untuk hal ini adalah dengan menggulung pakaian yang akan kamu bawa. Jika mungkin selama ini kamu hanya menumpuk pakaian, packing dengan cara digulung akan memberikan space lebih banyak. Kamu pun bisa membawa lebih banyak baju dan pakaian yang akan kamu gunakan.

Bawa Travel Kit

Tips hemat biaya bagasi
Tips hemat biaya bagasi : Skin Care Travel Kit

Menggunakan travel kit juga sangat membantu untuk mengurangi bobot bawaan. Barang-barang yang bisa kamu bawa dalam bentuk travel kit-nya antara lain adalah sabun, skin care atau pun make up. Kamu bisa memindahkan isian dari barang-barang tersebut ke dalam botol-botol yang lebih kecil. Tentunya kamu bisa mempersiapkan berapa banyak sabun, skin care atau make up yang akan kamu gunakan nanti.

Membeli Bagasi Lewat Online

Tips hemat bagasi berbayar
Tips hemat bagasi berbayar : bagasi tambahan

Jika memang kamu harus membawa barang yang cukup banyak, cobalah untuk memesan bagasi tambahan secara online. Kamu bisa membeli bagasi tambahan dari situs resmi maskapai atau pun travel agent yang sudah bekerja sama dengan maskapai bersangkutan. Jangan mengandalkan untuk membeli tambahan bagasi saat di bandara karena harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan saat kamu beli online.

Itulah beberapa informasi mengenai tips hemat meski bagasi berbayar. Kalau kamu sendiri apa punya trik atau tips sendiri untuk bagasi berbayar ini? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s