Agar momen traveling berjalan menyenangkan, biasanya perencanaan sudah dilakukan dari jauh-jauh hari. Mulai dari itinerary sampai hal apa saja yang harus dipersiapkan. Tapi, tak bisa dipungkiri juga jika ada situasi di luar rencana yang mungkin terjadi. Untuk itu, RedDoorz rangkumkan delapan masalah umum saat traveling agar kamu bisa meminimalisirnya.

 

Kehilangan Paspor

Kehilangan paspor adalah masalah umum yang terjadi saat traveling
Kehilangan paspor adalah masalah umum yang terjadi saat traveling

Paspor adalah identitas diri untuk pergi ke luar negeri. Jika paspor hilang, tentu konsekuensinya sangat fatal, yaitu kamu bisa tidak pulang ke negara asal. Kehilangan paspor adalah masalah umum yang kerap terjadi saat traveling ke luar negeri. Tapi, ada cara yang aman untuk menyelamatkan kamu jika paspor tidak sengaja hilang. Simpan salinan yang berwarna di tempat aman seperti kamar hotel, koper, tas, dan lainnya. Jangan lupa simpan juga softcopy di Drop Box,  Google Drive, atau kirim lewat e-mail pribadi. Selain paspor, lakukan hal serupa untuk tiket pesawat, SIM, dan kartu kredit juga sebagai back up. Jika kejadian kehilangan paspor terjadi saat menuju pulang, segera hubungi maskapai untuk merubah rencana perjalanan agar kamu punya waktu mengurusnya lebih dulu.

 

Barang Hilang atau Bagasi Nyasar di Maskapai

Kehilangan bagasi menjadi kesalahan umum saat traveling
Kehilangan bagasi menjadi kesalahan umum saat traveling

Barang hilang saat penerbangan? Penting untuk kamu mengetahui dulu prosedur maskapai tentang penumpang yang kehilangan bagasi. Umumnya, langkah cepat yang harus kamu lakukan adalah hubungi customer service maskapai yang bersangkutan, buat laporan kehilangan di layanan Lost and Found, dan tunggu informasi dari pihak maskapai. Pastikan ingat barang apa yang hilang dan selalu pantau terus informasinya. Sebagai saran, sediakan ransel kecil untuk membawa keperluan paling penting ketika berpergian, di antaranya seperti handphone, charger, dompet, obat-obatan, dan identitas diri.

Nah, jika kasusnya adalah bagasi nyasar, segera hubungi pihak maskapai melaui customer service. Beberapa maskapai mengganti bagasi yang terlambat lebih dari enam jam. Jika kamu harus kembali untuk mengambil bagasi, konfirmasi kepada maskapai kalau mereka mengganti biaya transportasi atau tidak.

 

Dirampok

Pencopetan menjadi masalah umum saat traveling
Pencopetan menjadi masalah umum saat traveling

Perampokan rentan terjadi kepada wisatawan yang kurang waspada dengan lingkungan sekitar. Perhatikanlah barang bawaan yang dibawa ketika traveling. Sebaiknya kamu cukup membawa barang penting, seperti dompet, handphone, dan obat-obatan yang ditaruh di tas kecil dan diposisikan di bagian depan. Bawa sejumlah uang di kantong celana atau baju untuk jaga-jaga. Selain itu, jangan sembarangan meminta orang untuk foto atau menitip barang pribadi agar menghindari barang dibawa kabur. Kalau pencopetan sempat terjadi, jangan sungkan untuk segera lapor polisi setempat.

 

Ditipu

Penipuan kerap menjadi masalah umum saat traveling
Penipuan kerap menjadi masalah umum saat traveling

Berbagai jenis penipuan bisa terjadi saat traveling. Misalnya, orang yang menawarkan bantuan secara dadakan, ternyata meminta imbalan yang tidak masuk akal. Untuk menghindarinya, jangan mudah percaya dengan orang asing dan kalau memungkinkan bersikaplah layaknya warga lokal. Penipuan lain yang sering terjadi adalah soal penetapan harga, seperti penipuan argo taksi, harga merchandise yang terlampau mahal, dan harga makanan yang tidak sesuai dengan daftar menu. Untuk itu, perbanyak riset mengenai tempat yang ingin kamu tuju dan jangan sungkan untuk bertanya kepada penjual mengenai harga tetap yang ditawarkan.

 

Lupa Mengurus Provider Telepon

Lupa mengganti provider di luar negeri menjadi masalah umum saat traveling
Lupa mengganti provider di luar negeri menjadi masalah umum saat traveling

Saking semangatnya liburan ke luar negeri, terkadang printilan kecil seperti mengurus provider telepon malah terlupakan. Padahal, untuk selalu terkoneksi itu penting jika kita berada di tempat asing. Nah, perlu diketahui jika di luar negeri, hanya ponsel dengan jaringan GSM dan CDMA yang berlaku. Untuk kamu yang tidak ingin mengganti kartu provider, gunakan paket roaming yang disediakan. Beberapa provider di Indonesia juga memberikan paket data dan telepon untuk berbagai destinasi. Jika ingin membeli kartu lokal di luar negeri, jangan lupa untuk mencari tahu  provider yang menawarkan sinyal dan paket terbaik sesuai kebutuhan.

 

Lupa Bawa Obat-obatan Penting

Kelupaan bawa obat-obatan menjadi masalah umum saat traveling
Kelupaan bawa obat-obatan menjadi masalah umum saat traveling

Berada di luar tempat tinggal membuat kita harus mandiri dan siap siaga jika terjadi sesuatu, termasuk jika sakit dadakan. Makanya, jangan lupa sediakan obat-obatan, seperti obat untuk masuk angin, pusing, flu, demam, mual, keram kaki, alergi, dan lainnya. Nah, jika kamu punya riwayat penyakit tertentu, bawalah obat sesuai resep dokter sebagai pertolongan pertama.

 

Ketinggalan Pesawat atau Kereta

Ketinggalan pesawat atau kereta menjadi masalah umum saat traveling
Ketinggalan pesawat atau kereta menjadi masalah umum saat traveling

Ketinggalan transportasi sudah sering terjadi kepada para traveler. Jika sudah kejadian, cobalah untuk tidak panik agar tidak salah mengambil keputusan. Segera telepon pihak bersangkutan untuk menanyakan kebijakan refund atau mungkin keringanan biaya untuk membeli tiket baru. Supaya tidak mengalami keribetan ini, sebaiknya kamu bisa disiplin dan on time. Beberapa caranya adalah pasang alarm dua jam sebelum waktu keberangkatan agar bisa bersiap-siap atau pesan akomodasi yang dekat dengan transportasi keberangkatan.

 

Kartu Kredit Ditolak

Kartu kredit ditolak kerap terjadi saat traveling
Kartu kredit ditolak kerap terjadi saat traveling

Alasan kartu kredit ditolak biasanya karena tidak kartu tidak punya microchip untuk keamanan internasional atau adanya deteksi penipuan terhadap penggunaan kartu kredit. Bila transaksi dengan kartu kredit ditolak, hubungi nomor telpon bebas pulsa internasional pada kartu kredit kita. Sebagai aksi pencegahan, siapkan kartu debit lainnya atau tunai.

 

Itulah informasi seputar masalah umum saat traveling yang sering terjadi dan harus diingat ketika liburan. Nah, untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s