Berlibur ke Palangkaraya rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi beraneka ragam makanan khasnya yang lezat. Mulai dari makanan berat hingga camilan bisa kamu coba di sini. Makanan khas daerah ini tidak hanya bisa kamu temukan di rumah-rumah warga, tetapi juga di berbagai macam restoran yang ada di sekitar Palangkaraya. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai makanan khas Palangkaraya yang menarik untuk dicoba.

Wadi Patin

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Wadi Patin

Sesuai dengan namanya, wadi patin sendiri merupakan makanan tradisional khas Palangkaraya yang terbuat dari bahan dasar ikan patin. Tidak seperti kuliner khas Palangkaraya lainnya, ikan patin di sini melalui proses fermentasi terlebih dahulu sebelum diolah sehingga menimbulkan rasa asam dan asin secara bersamaan. Setelah melalui tahap fermentasi, ikan patin kemudian diolah kembali dengan cara dikukus atau digoreng. Wadi patin biasanya disajikan dengan sambal serai dan seporsi nasi hangat.

Keripik Kalakai

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Keripik Kalakai

Kalakai adalah sebuah tanaman yang kemudian diolah untuk dijadikan camilan oleh masyarakat Palangkaraya. Nenek moyang masyarakat Palangkaraya percaya kalau tanaman kalakai bisa diolah karena memiliki berbagai macam khasiat seperti menambah darah dan menjaga agar kulit awet muda. Untuk bahan dasar camilan, tanaman kalakai yang dipilih adalah yang masih muda kemudian dicampur dengan tepung berbumbu. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikan keripik kalakai banyak digemari oleh masyarakat.

Jelawat Goreng

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Jelawat Goreng

Jelawat  merupakan ikan endemik yang hidup di sungai-sungai di Kalimantan. Ada berbagai macam cara yang digunakan untuk mengolah ikan jelawat. Dengan bumbu khusus, jelawat bisa diolah dengan cara dibakar, digoreng atau hingga digulai. Ikan jelawat juga banyak digemari oleh masyarakat Palangkaraya karena rasanya yang gurih dan dagingnya yang cenderung lembut.

Juhu Umbut Rotan

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Juhut Umbu Rotan

Makanan khas Palangkaraya yang tidak kalah unik untuk kamu coba adalah juhu umbu rotan. Bahan dasar dari masakan tradisional ini merupakan sayur bambu muda. Agak berbeda dengan sayur rebung, juhu umbu rotan menggunakan rebung pada bagian ujungnya saja. Sebelum dimasak, rotan-rotan tersebut harus melalui proses penyiangan yang cukup panjang terlebih dahulu untuk menghilangkan duri-duri yang ada di batangnya.

Setelahnya, barulah rotan-rotan ini dipotong sesuai dengan selera. Soal rasa, rotan muda memang cenderung pahit, tetapi setelah dicampurkan dengan bumbu rasanya akan menjadi gurih. Setelah dimasak, tekstur rotan akan menjadi lunak dan agak kenyal. Juhu umbu rotan menggunakan kuah santan atau tanpa santan sesuai keinginan dari kita.

Kalumpe

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Kalumpe

Kalumpe juga termasuk ke dalam masakan tradisional khas Suku Dayak yang berasal dari Kalimantan Tengah. Di daerah asalnya, kalumpe juga dikenal dengan nama karuang. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kalumpe ada bermacam-macam, mulai dari daun singkong, kacang tanah hingga ikan teri. Biasanya masyarakat Palangkaraya menyantap Kalumpe dengan satu porsi nasi hangat dan sambal terasi.

Hintalu Karuang

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Hintalu Karuang

Arti nama dari hintalu karuang sendiri merupakan telur kelelawar dalam bahasa Dayak. Meski begitu, bahan utama dari hintalu karuang sendiri bukan merupakan telur kelelawar. Makanan khas Palangkaraya yang satu ini sekilas mirip dengan biji salak yang banyak terdapat di Jawa. Untuk bola-bolanya sendiri, hintalu karuang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras. Bola-bola ketan ini kemudian disiram dengan kuah kental yang terbuat dari campuran gula merah dan santan. Hintalu karuang memiliki rasa yang manis dan gurih dan teksturnya cenderung kenyal. Makanan khas Palangkaraya ini semakin terasa nikmat saat kamu menyantapnya dalam keadaan dingin.

Bangamat

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Bangamat

Jika sebelumnya nama kelelawar tersemat dalam kuliner hintalu karuang, kuliner khas Palangkaraya bernama bengamat menggunakan kelelawar sungguhan sebagai bahan utamanya. Kelelawar yang digunakan dalam bengamat merupakan kelelawar pemakan buah. Jenis kelelawar pemakan buah dipilih karena ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan lainnya. Sebelum dimasak, bengamat harus dibersihkan terlebih dahulu dari kuku serta bulu-bulu kasarnya. Setelahnya, barulah kelelawar dimasak menggunakan rempah-rempah. Tidak jarang bengamat dicampurkan dengan sayuran seperti batang pisang dan sulur keladi.

Lemang

Makanan khas Palangkaraya
Makanan khas Palangkaraya : Lemang

Makanan khas Palangkaraya ini identik dengan makanan melayu. Pada jaman dahulu, banyak masyarakat melayu yang juga tinggal di Kalimantan. Inilah mengapa lemang juga cukup dikenal dan bahkan menjadi salah satu makanan tradisional Palangkaraya. Bentuk dari kuliner yang satu ini mirip dengan lontong. Bedanya, jika lontong menggunakan beras maka lemang menggunakan beras ketan. Proses pemasakan lemang juga berbeda dengan lontong yakni menggunakan bambu. Inilah yang menjadikan lemang memiliki cita rasa harum dan terasa lebih nikmat. Biasanya kamu bisa menemukan lemang di berbagai acara besar seperti pesta adat atau pernikahan.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Palangkaraya yang menarik untuk dicoba. Kalau kamu sendiri apa pernah mencicipi makanan khas Palangkaraya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s