Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak surga wisata alam yang indah nan eksotis. Salah satunya di Pulau Sumba. Berkat pesonanya itu, pulau seluas lebih dari 10.000 km² ini semakin lama semakin menarik minat hati wisatawan dari berbagai daerah sampai mancanegara. Bahkan, pulau ini dinobatkan sebagai pulau terindah di dunia versi majalah Focus terbitan Jerman. Penasaran mengapa? Berikut beragam daya tarik Sumba yang bikin jatuh hati dan buat kamu ingin segera berlibur ke sini

 

Pulau Masih Terjaga Keasliannya

Rumah berpuncak menjadi salah satu daya tarik Sumba
Rumah berpuncak menjadi salah satu daya tarik Sumba

Tidak tergilas kemajuan teknologi, Pulau Sumba masih sangat terjaga orisinal alam dan budayanya. Jika mampi ke sini, kamu bisa melihat rumah huni penduduk yang dengan arsitektur yang sama, yaitu atap berbentuk runcing dengan bahan jerami dan dinding rumah berbahan bambu. Selain itu, warga Sumba juga mempertahankan tradisi turun-temurun yang memikat hati para turis. Salah satu yang sering diperlihatkan adalah upacara kuda Pasola, permainan saling melempar lembing kayu dari atas punggung kuda yang sedang dipacu antara dua kelompok yang berlawanan.

 

Penduduknya Dikenal Ramah

Penduduk yang sangat ramah menjadi daya tarik Sumba
Penduduk yang sangat ramah menjadi daya tarik Sumba

Masyarakat Sumba dikenal dengan sikapnya yang hangat dan ramah kepada para wisatawan. Apalagi kepada pengunjung yang menghormati adat setempat, mereka sangat terbuka untuk mengobrol bersama. Tak hanya warga biasa, tapi sampai penjual juga terkenal baik hati. Seorang travel blogger, Kadek Arini, pernah menceritakan pengalaman paling berkesan tentang penduduk Sumba di blog pribadinya.

“Salah satu yang paling saya ingat ketika saya dan tim datang ke tempat pembuatan kain tenun dan saat itu tidak membawa uang cash. Jadi, kami bertanya apakah bisa menggunakan kartu debit. Kagetnya bapak penjual bilang ‘bawa dulu saja, nanti ditransfer kalau sudah menemukan ATM di Jakarta’. Sederhana tapi seneng rasanya di zaman sekarang masih ada orang yang percaya ke orang baru,” tulis Kadek.

 

Kain Sumba yang Sangat Indah

Kain tenun Sumba menjadi daya tarik Sumba yang sangat berharga
Kain tenun Sumba menjadi daya tarik Sumba yang sangat berharga

Siapa yang tidak terhipnotis dengan cantiknya motif kain Sumba? Proses pembuatan, pewarnaan, dan motif menjadi tiga hal unik kain Sumba. Proses pembuatan kain menggunakan teknik ikat dengan memanfaatkan daun gewang, diwarnai, dan dijemur sampai sebulan. Motif yang ditenun tak jauh-jauh dari gambar manusia, hewan, dan tanah yang mencerminkan budaya masyarakat Sumba. Kabarnya, kain tenun Sumba dijual dengan harga mulai Rp 100 ribu hingga Rp 30 juta tergantung tingkat kesulitan, waktu pembuatan, dan sejarahnya. Nah, di pulau ini wisatawan bisa menyaksikan langsung bagaimana keindahan kain itu diciptakan dengan sepenuh hati oleh para pengrajin andal dari Sumba.  Untuk mendukung mata pencaharian warga di sana, kamu boleh memborong kain-kain tersebut, lho.

 

Tempatnya Surga Eksotis yang Tersembunyi

Air Terjun Lapopu sebagai surga tersembunyi dan daya tarik Sumba
Air Terjun Lapopu sebagai surga tersembunyi dan daya tarik Sumba

Tak hanya budayanya, wisata alam di Sumba juga memiliki sederet destinasi yang masih alami dengan pemandangan menakjubkan. Selain bukit raksasa dan hamparan rumput luas yang populer, contoh surga tersembunyi lain di sana adalah destinasi Danau Weekuri dan Air Terjun Lapopu.

Danau Weekuri menyuguhkan air laut berwarna biru Kristal yang sangat jernih. Airnya bersumber dari air lautan lepas di kisaran danau yang masuk dari celah-celah bebatuan gugusan karang di sekitaran danau. Berlokasi di Kabupaten Sumba Barat Daya, danau ini jauh dari keramaian kota dan cukup tersembunyi karena ditutupi oleh hutan rindang, semak belukar, dan tebing karang. Sementara Air Terjun Lapopu menawarkan kesejukkan pemandangan air terjun setinggi 90 meter yang mengalir sangat deras. Kedua objek wisata ini sangat terjaga kebersihannya dan sangat tenang karena tidak banyak orang di sana.

 

Paket Destinasi Lengkap

Surfing di Nihiwatu menjadi salah satu daya tarik Sumba
Surfing di Nihiwatu menjadi salah satu daya tarik Sumba

Banyaknya jenis destinasi di Sumba membuat para wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas.  Kamu bisa berenang di Danau Weekuri, menikmati Sunset di Pantai Walakiri, menikmati sunrise di Bukit Tanarara, surfing di Pantai Nikiwatu, belajar menaiki kuda, melihat peninggalan kuno, ikut festival budaya, dan masih banyak lainnya. Bahkan, hanya bersantai menikmati landscape yang menawan di Sumba juga tak kalah menyenangkan.

 

Membangkitkan Jiwa Petualang

Bisa berpetualang dan menjelajahi berbagai objek wisata adalah salah satu daya tarik Sumba
Bisa berpetualang dan menjelajahi berbagai objek wisata adalah salah satu daya tarik Sumba

Ketika berlibur ke Sumba, jangan berpikir soal keindahan alam yang bakal kamu lihat saja. Perlu disadari beberapa wisata alam di Sumba memiliki akses yang cukup sulit dilalui. Para wisatawan harus trekking untuk mencapai tujuan wisata seperti bukit, air terjun, dan danau. Selain itu, kendala lain yang dihadapi adalah jaringan selular yang tidak kencang, sehingga membuat wisatawan tidak bisa terus terkoneksi dengan internet. Namun, sebenarnya hal inilah yang membuat wisatawan merasakan petualangan yang sesungguhnya. Kamu bisa berbaur dengan warga sekitar sepenuhnya.

Itulah beberapa informasi mengenai daya tarik sumba yang bikin jatuh hati. Kalau kamu sendiri apa pernah mencicipi makanan khas Palangkaraya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s