Membawa banyak tas ataupun satu koper besar saat traveling tentu merepotkan. Kamu harus siap menghadapi berbagai risiko, seperti tidak nyaman ketika menaiki transportasi umum, membayar biaya bagasi lebih, bahkan kelupaan menaruh barang. Solusinya adalah dengan menggunakan prinsip travel light alias traveling sederhana dengan satu ransel, tanpa membawa printilan tas kecil apapun.

Caranya pun tidak sulit, asal kamu terbiasa dan tahu strateginya. Berikut RedDoorz berikan tips traveling dengan satu ransel untuk para RedTraveler

 

Bawa Pakaian Secukupnya

Tips traveling dengan satu ransel
Tips traveling dengan satu ransel

Pakaian menjadi item yang sangat berpengaruh untuk membuat penampilan terlihat eye-catching saat traveling. Tapi, untuk penampilan yang menarik, kamu tidak harus membawa banyak baju dan membuang-buang ruang di ransel. Caranya adalah hindari membawa pakaian berbahan berat dengan warna dan pola yang mencolok. Sebaliknya, pilihlah baju berbahan ringan dengan warna netral agar bisa dikenakan dengan gaya yang berbeda. Misalnya, satu kaos berwarna hitam bisa dipadukan dengan jaket jika cuaca sedang dingin, celana pendek jika cuaca panas, atau overall untuk tampilan yang unik dan stylish buat jalan-jalan.  

 

Gunakan Teknik Packing yang Tepat

Tips traveling dengan satu ransel
Tips traveling dengan satu ransel

Pakaian yang dilipat sangat membuang-buang ruang dalam tas. Untuk itu, gulunglah pakaian dan urutkan item terpenting saat memasukkannya ke dalam ransel, seperti pakaian dalam, kaos, kaus kaki, dan lainnya. Jika ransel kepenuhan, kamu hanya tinggal mengambil barang tidak penting yang ada di permukaan.

Sementara untuk kamu yang ingin membawa lebih dari satu sepatu, kenakanlah sepatu yang lebih berat saat berangkat jalan-jalan. Sementara sepatu yang lebih ringan disimpan di dalam ransel dengan menggunakan kantong sepatu agar barang di sekitarnya tidak kotor. Usahakan tidak membawa sepatu lebih dari dua.

Cuci Baju Sendiri atau Gunakan Jasa Laundry

wash
Tips traveling dengan satu ransel

Tip satu ini perlu diperhatikan bagi kamu yang berencana traveling dalam jangka waktu panjang. Misalnya, jika berlibur selama seminggu, tidak mungkin ‘kan jika kamu membawa pakaian khusus satu minggu? Atau malah mengenakan baju bekas pakai terus-menerus? Makanya, cucilah baju sendiri selagi ada waktu. Jika benar-benar tidak sempat, gunakan jasa laundry dari tempat penginapan.

Memakai Pakaian Berat Saat Pergi dan Pulang

Tips traveling dengan satu ransel
Tips traveling dengan satu ransel

Sudah mantap ingin membawa pakaian berat seperti jaket dan jeans? Agar ransel muat, kenakan busana tersebut saat berangkat dan pulang traveling. Ini bertujuan supaya barang tersebut tidak perlu masuk ke dalam ransel, karena saat di penginapan pun kamu sudah tinggal menaruh seluruh barang bawaan di ruangan.

Bawa Toiletries yang Paling Penting

Tips traveling dengan satu ransel
Tips traveling dengan satu ransel

Yakin mau memasukkan seluruh toiletries di ransel? Coba pikirkan ulang niat tersebut. Jika kamu menginap di hotel atau guest house, biasanya mereka menyediakan toiletries lengkap, seperti sikat gigi, sabun mandi, shampoo, handuk, dan lainnya. Tapi, pastikan kembali kepada pihak hotel jika disediakan atau tidak. Bila ternyata tidak, kamu bisa membeli kebutuhan mandi berbentuk sachet di warung terdekat di sana. Untuk handuk, bawalah yang berbahan katun daripada linen. Selain ringan dan tidak menghabiskan banyak ruang, handuk ini juga cepat kering.

Pakai Packing Cubes agar Terorganisir

Tips traveling dengan satu ransel

Kantong berbentuk kotak (packing cubes) sangat membantu kamu dalam mengorganisir barang sesuai jenisnya, seperti barang elektronik, dokumen penting, peralatan make-up, bahkan barang kecil yang sulit dicari. Packing cubes terdiri dari berbagai ukuran dan tingkat. Kamu bisa menaruh barang sesuai kebutuhan di situ sebelum dimasukkan ke dalam ransel.

Membawa Buku Digital

kindle-header-image

Buku memang bisa mengusir rasa suntuk ketika sedang menunggu sesuatu saat traveling. Untuk kamu yang suka membaca buku,  pertimbangkan membaca buku digital dari smartphone atau Kindle. Jadi, kamu tidak perlu memberatkan ransel kamu dengan berbagai buku yang mungkin belum tentu dibaca semua.

 

Jangan Belanja Berlebihan

Tips traveling dengan satu ransel
Tips traveling dengan satu ransel

Ingatlah ketika berpikir untuk membeli oleh-oleh, kamu hanya membawa satu ransel. Jika ingin pulang dengan tetap membawa satu ransel tanpa “embel-embel” lain, coba membeli oleh-oleh satu jenis dengan isi banyak, seperti gantungan kunci, gelang, dan sebagainya. Tapi, jika memang kamu siap menggotong banyak belanjaan, pastikan ransel yang kamu punya cukup besar untuk menampungnya. Masih tidak muat? Kirim saja oleh-oleh via ekspedisi. Biaya pengiriman umumnya lebih murah daripada membayar biaya ekstra untuk bagasi di bandara. Nah, kalau mau menggunakan alternatif terakhir, coba belanja oleh-oleh sebelum hari liburan berakhir.

Itulah beberapa informasi mengenai tips traveling dengan satu ransel. Kalau kamu sendiri apa pernah mencicipi makanan khas Palangkaraya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.