Buat kamu yang mau liburan ke Kalimantan, Palangkaraya menjadi salah satu kota yang harus kamu kunjungi. Di Palangkaraya kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata menarik, mulai dari yang bertema alam hingga museum bersejarah. Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Palangkaraya, berikut RedDoorz akan merekomendasikan beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Museum Balanga

Tempat Wisata di Palangkaraya
Tempat Wisata di Palangkaraya : Museum Balanga

Bagi kamu yang ingin mengetahui perjalanan sejarah masyarakat Palangkaraya, berkunjunglah ke Museum Balanga. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam artefak yang berkaitan dengan kota Palangkaraya. Meski awalnya tempat ini hanya merupakan museum daerah, Museum Balanga juga menyimpan berbagai macam barang yang berkaitan dengan suku Dayak. Museum Balanga sebagai salah satu tempat edukasi bagi masyarakat umum tentang peninggalan bersejarah di Palangkaraya. Beberapa artefak di museum ini bisa dilihat langsung oleh para pengunjung, sedangkan, yang lainnya disimpan di dalam gudang untuk kepentingan perawatan.

Sungai Kahayan

Tempat Wisata di Palangkaraya
Tempat Wisata di Palangkaraya : Sungai Kahayan

Palangkaraya juga memiliki sungai yang indah yaitu Sungai Kahayan. Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Kalimantan. Selama perjalanan menyusuri Sungai Kahayan kamu akan disuguhi pemandangan indah berupa pepohonan rindang dengan berbagai jenis satwa yang ada di dalamnya. Kamu bisa menjangkau Sungai Kahayan dari bandara dengan waktu hanya sekitar 30 menit. Untuk berkeliling tempat ini, kamu bisa menyewa perahu dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis perahu dan fasilitas yang ada di perahu tersebut.

Danau Tahai

Tempat Wisata di Palangkaraya
Tempat Wisata di Palangkaraya : Danau Tahai

Selain Sungai Kahayan, wisata alam lainnya yang menarik untuk dikunjungi di Palangkaraya adalah Danau Tahai. Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 30 km dari kota Palangkaraya dengan melalui daerah Sampit. Nama Tahai sendiri diambil dari Bahasa Dayak yang berarti Danau. Untuk kamu yang suka bertualang, Danau Tahai memiliki hutan yang bisa menjadi tempat trekking. Meski masih tergolong rindang karena banyak ditumbuhi pepohonan, hutan di sepanjang Sungai Kahayan sudah memiliki jembatan kayu yang bisa dilalui oleh para wisatawan. Jika beruntung, kamu pun bisa melihat Uwak-Uwak, yang merupakan salah satu jenis kera yang ada di Sungai Kahayan.

Taman Kota Palangkaraya

Tempat Wisata di Palangkaraya
Tempat Wisata di Palangkaraya : Taman Kota Palangkaraya

Palangkaraya juga memiliki satu taman kota yang bisa kamu kunjungi yaitu Taman Kota Palangkaraya. Taman yang satu ini termasuk salah satu tempat yang bersejarah karena didesain dan dirancang langsung oleh Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Di sekeliling taman kota ini dibangun benteng dengan relief-relief yang menggambarkan perjuangan masyarakat Palangkaraya. Masyarakat di sana  biasanya berkunjung ke Taman Kota Palangkaraya pada pagi dan sore hari. Kamu bisa bersantai, bermain atau sekedar berolah raga di taman ini.

Arboretum Nyaru Menteng

Tempat Wisata di Palangkaraya
Tempat Wisata di Palangkaraya : Arboretum Nyaru Menteng

Arboretum Nyaru Menteng merupakan sebuah kawasan konservasi dan pelestarian alam di Kalimantan Tengah. Dengan luas lebih dari 65 hektar, Arboretum Nyaru Menteng dijadikan tempat penangkaran orang utan dan berbagai hewan yang dilindungi lainnya. Tidak hanya itu, di sini kamu pun bisa melihat 139 jenis tanaman, seperti pohon meranti rawa, nangka, rambutan, akasia, cemara, durian, palawan, cempedak dan masih banyak lainnya. Selama kunjungan, kamu akan mendapatkan informasi singkat mengenai pengenalan ekosistem rawa gambut, konservasi orang utan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengeksplorasi area Arboretum Nyaru Menteng dengan melewati jembatan kayu yang memiliki panjang hingga lima kilometer. Tempat ini  berjarak sekitar 28 kilometer dari Palangkaraya.

Taman Nasional Sebangau

taman-nasional-sebangau-kalimantan-tengah

Taman Nasional Sebangau memiliki luas 568.700 hektar. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali kekayaan alam, mulai dari berbagai macam jenis burung, tumbuhan, mamalia hingga reptil. Taman Nasional Sebangau berjarak sekitar 30 menit saja dari Pelabuhan Kereng Bengkirai. Selama di sini, kamu bisa menyusuri hutan dengan melakukan trekking dan bila beruntung kamu juga akan bertemu dengan orang utan. Setiap pengunjung yang datang ke sini akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 untuk wisatawan mancanegara.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Palangkaraya yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana kalau ke Palangkaraya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s