Wisata alam yang indah tidak selalu tentang pemandangan gunung dan pantai. Ada juga pemandangan cahaya warna-warni yang menyala di langit atau biasa disebut aurora. Sayangnya, fenomena alam ini sulit terjadi di negara yang terletak di khatulistiwa, seperti Indonesia. Ini dikarenakan aurora hanya muncul di belahan Bumi di sekitar kutub utara dan selatan. Tapi, jika kamu rela traveling ke destinasi yang jauh sekalipun, berikut RedDoorz rekomendasikan tempat terbaik untuk melihat aurora.

Islandia

kirkjufell
Islandia adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat aurora di mana kamu akan melihat gabungan dari pemandangan aurora dan semenanjung.

Aurora borealis milik Islandia yang paling cantik dapat dilihat di gunung Kirkjufell  dan bisa disaksikan dari Semenanjung Snaefellsnes. Di situ, kamu akan melihat cahaya yang didominasi warna hijau ditambah keindahan pemandangan air sejernih kristal di kaki gunung. Tempat keren lainnya adalah di Mercusuar Grotta, kota Reykjavík. Kamu tidak perlu takut kalau cahaya lampu kota di sana akan menutupi indahnya aurora, karena pemerintah setempat membuat peraturan pemadaman listrik setiap malam sampai pagi. Nah, waktu terbaik untuk melihat aurora di sini adalah pada akhir Agustus hingga awal April.

Yellowknife, Canada

Yellowknife, Kanada adalah tempat terbaik untuk melihat aurora.
Disediakan perkembahan di dekat hutan, Yellowknife, Kanada adalah tempat terbaik untuk melihat aurora.

Yellowknife adalah sebuah desa kecil di pantai utara Great Slave Lake yang dikenal sebagai surga penampakan aurora di Kanada. Selain berkat lintang utara dan polusi cahaya rendah, di kota ini disediakan tenda-tenda untuk menginap dan menyaksikan pancaran cahaya yang spektakuler. Tak hanya di desa, kamu bisa mampir ke kota di Northern Lighthouses untuk melihat aurora aktif pada malam hari. Jika kamu tertarik ke Kanada, datanglah pada pertengahan Agustus hingga akhir April.

Fairbanks, Alaska

Fairbanks, Kanada adalah tempat terbaik untuk melihat aurora
Fairbanks, Kanada adalah tempat terbaik untuk melihat aurora karena berbagai kemudahan yang bisa didapat wisatawan.

Berniat ke Amerika Serikat untuk tujuan liburan di akhir Agustus hingga pertengahan April? Kamu harus mengunjungi Waterfowl Refuge Creamer’s Field Migratory yang berjarak 3 km dari Downtown Fairbanks, tempat terbaik di AS untuk menikmati cahaya utara pada periode tersebut. Beberapa kelebihan menyaksikan aurora di sana adalah lokasi yang mudah diakses di jalan beraspal yang terawat baik, terdapat sistem ramalan aurora sendiri, dan adanya paket tur untuk membawa pengunjung yang jauh dari kota. Jika ingin menetap di kota, Creamer’s Field adalah area terbuka di sisi utara kota dengan visibilitas yang hebat.

Tromso, Norwegia

Tromso, Norwegia adalah tempat terbaik untuk melihat aurora
Tromso, Norwegia adalah tempat terbaik untuk melihat aurora yang megah di kotanya sendiri.

Tempat terbaik untuk melihat aurora di Norwegia adalah Tromso. Kota ini berada di tengah-tengah zona aurora borealis dan terletak di sisi timur Pulau Tromsøya, berjarak 300 km dari Lingkar Artik (Lingkar Kutub Utara). Kamu bisa melihat aurora borealis sekitar pukul 18.00 sore sampai pukul 1.00 malam. Jika malam tidak berawan, kamu bisa mendaki gunung yang dapat dicapai dengan kereta gantung Fjellheisen untuk berburu aurora dengan pemandangan paling menakjubkan. Sementara waktu terbaiknya jatuh pada musim dingin di pertengahan September sampai akhir Maret. Pada saat itu, cuaca dikabarkan sangat dingin dan bersalju, jadi pastikan kamu mengenakan busana tebal terbaik di musim dingin.

Pulau Georgia Selatan

Pulau Georgia Selatan adalah tempat terbaik untuk melihat aurora dengan kapal pesiar.
Pulau Georgia Selatan adalah tempat terbaik untuk melihat aurora dengan kapal pesiar.

Pulau Georgia Selatan adalah salah satu pulau paling selatan di dunia dan terbungkus oleh es laut hampir sepanjang tahun. Jenis aurora yang ada di Pulau Selatan Georgia merupakan aurora australis karena berada di bumi bagian selatan. Tempat terbaik untuk melihat keindahan aurora adalah di Kepulauan Sandwich Selatan dengan menggunakan kapal pesiar. Kabarnya, antara bulan Maret dan September adalah waktu yang tepat untuk berburu aurora. Apalagi, ketika siklus matahari berada pada posisi optimalnya, aurora australis dapat dilihat dari mana saja di belahan bumi selatan yang ekstrem, termasuk dari geladak kapal pesiar.

 

Itulah beberapa informasi mengenai tempat terbaik untuk melihat aurora. Kamu sendiri tertarik ke negara yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s