Nusa Tenggara Timur memang menjadi salah satu tujuan wisata menarik yang bisa kamu kunjugi. Di tempat ini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata alam yang eksotis. Tidak hanya itu, Nusa Tenggara Timur kamu juga bisa memiliki banyak festival menarik yang bisa kamu lihat secara langsung. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai festival budaya di Nusa Tenggara Timur yang menarik untuk dikunjungi.

Festival Tenun Ikat Sikka

Festival Budaya di NTT
Festival Budaya di NTT : Festival Tenun

Tidak hanya tempat wisata alam saja yang menjadi daya tarik dari Nusa Tenggara Barat. Hasil kerajinannya berupa kain tenun juga sangat cantik. Meski masih dibuat dengan cara yang tradisional, kain tenun di Nusa Tenggara Timut tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Inilah mengapa di sana diadakan sebuah festival khusus untuk kain tenun yang dinamakan Festival Tenun Ikat Sikka. Pada festival ini nantinya kamu akan menemukan banyak sekali penenun tradisional yang jumlahnya mencapai 1000 penenun. Mereka semua akan berkumpul dalam satu lapangan yang berada di pusat kota Maumere. Kegiatan ini memang dilakukan untuk terus melestarikan kain tenun tradisional dari Sikka.

Festival Kelimutu

Festival Budaya di NTT
Festival Budaya di NTT : Festival di Kelimutu

Festival yang satu ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 lalu. Pada pagelaran tersebut dilakukan sebuah upacara adat yaitu potong kerbau untuk 1000 orang. Tidak hanya pameran kuliner saja bisa kamu temukan di sini, kamu juga bisa menyaksikan upacara ada khusus di Danau Tiga Warna. Pada akhir upacara nantinya kamu akan melihat sebuah upacara adat Patikah yaitu ritual pemberian sesajen kepada para leluhur di Danau Kalimutu.  Ada pun tujuan diselenggarakannya upacara adat ini adalah untuk menghormati para leluhur seperti Pati Ka Du’a Bupu Ata mata dari suku adat Lio di Flores. Dengan upacara tersebut para warga disana berharap berkat kesehatan, kesejahteraan dan kehidupan yang baik di tahun mendatang.

Festival Komodo

Festival Budaya di NTT

Berikutnya ada Festival Komodo yang diselenggarakan hampir setiap tahun. Festival yang satu ini diselenggarakan di Labuan Bajo. Adapun acara utama yang menjadi daya tarik dari festival Komodo adalah parade komodo, voli pantai, perahu dayung, lomba fotografi, pertunjukan kecantikan komodo, pertunjukan seni musik dan masih banyak lagi yang lainnya. Para pengunjung nantinya juga diajak untuk mengunjungi desa adat papagarang yang memiliki banyak keunikan. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sebuah pulau berpasir berbentuk angka Sembilan di mana kamu bisa bermain dengan ubur-ubur di sana.

Festival Reba Ngada

Festival Budaya di NTT
Festival Budaya di NTT : Festival Reba

Festival yang satu ini merupakan sebuah perayaan khusus bagi masyarakat di Kabupaten Ngada. Tidak seperti festival lainnya yang ada di NTT, Festival Reba Ngada sudah ditetapkan pada setiap 15 Januari. Pada festival tersebut nantinya para warga Ngada akan memakan ubi atau yang dikenal juga dengan uwi. Festival ini termasuk unik karena kamu tidak akan kamu temukan di wilayah lain. Di Kabupaten Ngada sendiri uwi atau pun ubi merupakan makanan pokok sebelum dikenal nasi. Lebih dari itu, kampung tradisional Tololela dan Bena juga menjadi tujuan wisata pada upacara tersebut bagi para wisatawan yang datang. Kamu juga bisa melihat spesies Komodo Riung yang berada di kawasan 17 Pulau Riung.

Festival 1000 Kuda

Festival Budaya di NTT
Festival Budaya di NTT : Festival 1000 kuda

Festival 1000 Kuda sudah sangat populer bahkan di kalangan mancanegara. Pada acara tersebut nantinya kamu akan melihat para lelaki dari kampung adat di sana menggunakan pakaian tradisional khusus dan menunggangi sebanyak 1001 kuda. Nantinya mereka akan berkeliling desa dengan melalui jalan protokol di wilayah tersebut untuk kemudian berhenti di rumah Bupati Sumba Barat. Acara tersebut diselenggarakan untuk memperkenalkan budaya Sumba ke tingkat nasional dan internasional.

Festival Likurai

Festival Budaya di NTT
Festival Budaya di NTT : Festival Tari Likurai

Jika kamu ingin melihat tarian tradisional di kawasan Sumba datanglah ke festival Likurai. Di sini kamu akan menyaksikan sebuah tarian tradisional bernama Tari Likurai. Diceritakan bahwa gerakan dalam tarian likurai terinspirasi dari para leluhur yang berperang dan membela diri dari para penjajah. Tarian tersebut juga ditarikan oleh penari wanita dan penari pria. Nantinya, para pria membawa pedang dan wanitanya membawa drum kecil yang disebut sebagai Thiar. Jaman dulu, tarian ini sering diselenggarakan untuk menyambut para pahlawan setelah pulang dari peperangan.

Itulah beberapa informasi mengenai festival budaya di Nusa Tenggara Timur yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka untuk berkunjung ke mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s